10 Rahasia Manfaat Daun Katuk

Daun katuk sudah sering kita kenal akan manfaatnya dalam melancarkan air susu ibu. Ternyata hal ini tidak cuma mitos. Keyakinan tentang manfaat sayur katuk untuk melancarkan ASI sudah tidak diragukan lagi.

Dulu awalnya saya mengira kalau daun katuk itu sejenis dengan daun jambu biji klutuk. Ternyata anggapan saya selama ini salah. Daun katuk dan daun jambu biji klutuk adalah dua tanaman yang berbeda.

Daun katuk ini sejenis dengan tanaman perdu. Mempunyai batang yang agak lunak dan daun yang bundar atau lonjong dengan jumlah yang relatif banyak. Pohon katuk mempunyai buah yang berwarna putih dan bentuknya kecil kecil. Buah tersebut menempel pada cabang dan ranting dari pohon katuk.

manfaat sayur katuk23

Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Berikut ini adalah beberapa manfaat sayur katuk untuk kesehatan dan ibu hamil serta juga menyusui

1. Melancarkan ASI (air susu ibu)

Daun katuk mengandung senyawa esensial seperti saponin, tanin, flafonoid, triterpenoid, asam amino. Senyawa senyawa tersebut sangat bermanfaat untuk membantu melancarkan produksi ASI pada ibu menyusui.

2. Menjaga kesehatan tulang

Sayur katuk mempunyai kandungan kalsium sebesar 2,8%. Kandungan kalsium pada katuk ini membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Kalsium berfungsi untuk mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan pada tulang. Terlebih pada wanita, resiko osteoporosis sangat tinggi karena setiap bulan wanita pasti mengalami proses menstruasi.

3. Membantu mengatasi flu

Kandungan efedrin yang terdapat pada daun katuk membantu mengatasi masalah flu. Selain kandungan efedrin, vitamin C yang terdapat pada sayur katuk juga bermanfaat untuk mengganti sel sel tubuh yang rusak saat sakit.

4. Menjaga kesehatan mata

Daun katuk juga mengandung vitamin A, yang mana berfungsi untk menjaga kesehatan mata.

ads by google :

5. Mengatasi frambusa atau penyakit kulit

Sediakan daun katuk, cuci sampai bersih lalu haluskan. Tambahkan seperempat gelas air matang dan garam. Aduk sampai rata daun katuk tadi kemudian saring. Gunakan air perasan tadi untuk dioleskan pada bagian kulit yang sakit.

6. Mencegah anemia

Dalam 100 gr daun katuk mengandung 2,7 mg zat besi. Kandungan ini membuat daun katuk sangat bermanfaat untuk mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah.

7. Mengandung cukup banyak klorofil

Klorofil yang terkandung pada daun katuk ini cukup tinggi. Klorofil itu sendiri berfungsi untuk Membantu membersihkan sisa sisa metabolisme dan racun racun pada tubuh.

8. Membantu mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi

manfaat sayur katuk45Kadar kalsium yang terlalu rendah dalam tubuh akan mengakibatkan terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Dengan mengkonsumsi sayur katuk secara rutin dapat membantu mengatasi hipertensi ini karena kandungan kalsium yang cukup tinggi pada daun katuk.

Baca juga: 20 Daftar Makanan Pantangan Ibu Hamil

9. Membantu menjaga kualitas dan kuantitas sperma

Terdapat zat aktif pada daun katuk yang mampu mempengaruhi sintesis hormon steroid seperti testosteron dan progesteron. Hal ini sangat bermanfaat dalam menjaga jumlah serta kualitas sperma pada pria.

10. Menurunkan resiko kanker payudara

Daun katuk mempunyai kandungann kaempferol. Kaempferol itu sendiri merupakan flavonol alami yang strukturnya hampir sama dengan estrogen. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Drh. ?Fitriya Nur Annisa Dewi, PhD? ditemukan bahwa kaempferol dapat menyatu dengan reseptor estrogen dan meningkatkan efek agonis ataupun antagonis dari estrogen.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *