Cara Alami dan Mudah Mengobati Gusi Berdarah

Cara mengobati gusi berdarah secara alami dan mudah. Rasa sakit gusi berdarah tentu sangat menyakitkan bukan? Selain nyut-nyutan, membengkak, memerah juga membuat uring-uringan seharian. Begini sobat, gusi berdarah memang awalnya tidak terasa sakit. Mulanya terlihat sepele dan mengabaikannya ketika berdarah di saat menggosok gigi. Namun jangan salah bila dibiarkan berlarut-larut akan menjadi masalah serius lho.

Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Berdarah

Umumnya gusi berdarah disebabkan oleh gingitivis atau pembengkakan yang dipicu oleh infeksi jamur dan virus. Infeksi jamur yang masif dan berlebihan memunculkan Oral Trush di mulut dan merembet ke gusi hingga membengkak dan berdarah serta sering menimbulkan rasa nyeri dan sakit. Di samping itu gusi berdarah juga bisa diakibatkan oleh penyakit herpes akut yang biasa dikenal gingivostomatitis yang menyebabkan gusi membengkak, berdenyut, mengeluarkan darah dan terasa sakit.

Gejala awalnya gusi diserang bakteri adalah warna kontur gigi berubah, permukaan mengkilat, terjadinya pendarahan spontan dan terkadang gigi goyang dan terlepas.
Tentu, sobat-sobat sekalian ada yang pernah mengalami gusi berdarah. Skalanya bervariasi. Ada yang skala parah diikuti pembengkakan, rasa sakit dan khusus bila terjadi di gusi bagian gigi geraham belakang tidak hanya berdarah dan membengkak, tetapi juga merembet ke pembengkakan dagu, rasanya sakitnya mirip amandel. Tapi bagi yang masih skala ringan, sekadar gosok gigi lalu berdarah, patut waspada dan tingkatkan hidup bersih dan sehat.

Cara mengobati secara praktis bila gusi berdarah dan diikuti rasa nyeri adalah dengan berkumur air garam, minum obat antibiotik dan anti radang seperti Antalgin.

cara mengatasi gusi berdarah

Cara Mengobati Gusi Berdarah Secara Alami

ads by google :

Bagi sobat yang mengalami gusi berdarah dan disertai rasa sakit dan pembengkakan, maka berikut ada beberapa tips cara mengobati gusi berdarah secara alami.

  1. Sikatlah gigi secara perlahan serta menggunakan flossing untuk membersihkan gigi dari sisa-sia makanan dan virus.
  2. Sediakan minimal setengah gelas larutan air asin (air putih hangat + garam), lalu dikumur-kumur untuk menghindari serangan bakteri. Cara ini efektif sudah umum dikenal masyarakat Indonesia dan membantu penyakit gigi kambuh, gusi bengkak serta gusi berdarah.
  3. Perbanyak minum air putih untuk membantu memproduksi air liur sebagai pembasmi bakteri dan virus di gusi.
  4. Minum jus buah campuran yang sudah diblender yang terdiri dari tomat, kiwi, jeruk lemon dan madu. Minum 2 kali sehari.
  5. Konsumsi makanan dan minuman sehat. Jauhi makanan yang berpotensi banyak meninggalkan zat-zat sisa di gusi, sela-sela gigi dan dinding mulut karena berpotensi menyuburkan jumlah bakteri.
  6. Minum air rebusan dari daun sambiloto kering, krokot hijau, dan dicampur madu. Minum 2 x sehari.

Cara Mencegah Gusi Berdarah

Jangan tunggu sampai gusi berdarah, terasa sakit dan bengkak baru sibuk mencari obatnya. Berikut langkah-langkah penting mencegah gusi berdarah dan bengkak.
Pertama, disiplin menjaga kebersihan gigi. Sehabis makan dan berangkat tidur usahakan menggosok gigi. Minimal 2 kali dalam sehari pagi dan sore, maksimal tiap sehabis makan, bangun tidur dan ketika hendak tidur.

Gosoklah bila ada makanan sisa yang menempel dan sulit dibersihkan dengan lebih lama atau diambil dengan menggunakan dongkrak. Tapi jangan keseringan menggunakan dongkrak (semacam lidi pembersih makanan sisa di sela gigi) menyebabkan gigi renggang dan menambah potensi makin banyaknya makanan yang tersangkut. Cukup bila terasa ada yang mengganjal atau ketika terlihat di cermin.

Kedua, Konsumsi vitamin C yang mengandung zat antioksidan, mengandung asam folat bermanfaat dan mencegah infeksi kuman di gigi dan gusi serta menjaga kesehatan gusi dan gigi seperti buah Jeruk, tomat, srsak, mangga, sayuran-mayur hijau dan lain-lain.
Ketiga, disiplin menjalani hidup sehat. Perhatikan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. PIlih yang menyehatkan, alami dan tidak menyebabkan gigi bermasalah.

Info menarik yang juga wajib sobat baca:

  1. Tips Memutihkan Selangkangan Tepat dan Mudah
  2. Perawatan Rambut Smoothing Agar Lurus Tahan Lama

Selamat membaca.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *