15 Hal Buruk Akibat Sering Minum Kopi Bagi Pria dan Wanita

Suka minum kopi? Hati hati jangan sampai terlalu sering dan terlalu banyak ya. Terlalu banyak minum kopi dapat berdampak buruk untuk kesehatan tubuh kita. Apa saja akibat sering minum kopi  ini?

Kopi sudah seperti menjadi bagian dalam kehidupan sehari hari. Sarapan ataupun sekedar nongkrong seringkali ditemani kopi dan camilan. Minum kopi ini sebenarnya juga sangat bermanfaat untuk tubuh. Apa saja manfaat minum kopi? Baca saja  Manfaat Minum Kopi Untuk Sehat dan Cantik Alami

akibat sering minum kopi

Kendati bermanfaat, ternyata terlalu banyak mengkonsumsi kopi ternyata juga berefek negatif untuk tubuh.

Akibat Sering Minum Kopi Hitam dan Kopi Instan

Kamu suka minum kopi? Kopi hitam maupun kopi instan ternyata mempunyai efek negatif juga bagi tubuh. Berikut ini akan kita bahas apa saja akibat sering minum kopi.

1. Konstipasi atau sembelit

Konstipasi atau sembelit merupakan suatu keadaan dimana proses BAB sulit karena keaadaan fecal (feses) yang keras.

2. Meningkatkan asam lambung

Sering merasa begah setelah minum kopi? Hal ini terjadi karena kopi yang cenderung bersifat asam dapat meningkatkan asam lambung. Terlebih jika kamu mengkonsumsi kopi saat keadaan perut kosong.

3. Meningkatkan resiko gangguan pada mata

Hal ini berlaku untuk mereka yang menderita Glaucoma atau mereka yang mempunyai riwayat keluarga glaucoma. Penderita glaukoma dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi kopi karena peningkatan aliran darah akibat pengaruh kafein sangat berpengaruh terhadap peningkatan tekanan bola mata atau tekananan intra okular (TIO).

4. Peningkatan detak jantung

Setelah minum kopi beberapa orang sering merasakan jantung atau dadanya berdebar. Hal ini sangat berkaitan dengan kinerja kafein yang meningkatkan laju kecepatan peredaran darah.

5. Insomnia atau susah tidur

Minum segelas kopi dimalam hari sangat beresiko membuat kita sulit tidur. Kafein pada kopi nebibgkatkan kinerja jantung dan otak sehingga kesiagaan kita meningkat, hal inilah yang membuat mata lebih tahan lama untuk terjaga.

6. Meningkatkan resiko osteoporosis

Setiap kali mengkonsumsi 180 ml kopi, kadaan ini akan berefek langsung pada kalsium dalam tubuh. Konsumsi 180 ml kopi akan mengakibatkan seseorang kehilangan sekitar 5 mg kalsium. Kafein akan memicu pengeluaran kalsium melalui urine atau air kencing.

7. Menyebabkan dehidrasi

ads by google :

Kafein dalam kopi dapat menjadi semacam zat diuretik yang mana keadaan ini memicu seseorang sering buang air kecil. Konsumsi kopi yang berlebih dapat berpengaruh dengan seringnya buang air kecil sehingga dapat memicu dehidrasi.

8. Memicu kerutan pada wajah

Meski digadang gadangkan mengandung antioksidan, ternyata konsumsi kopi yang berlebih justru dapat memicu munculnya kerutan pada wajah. Konsumsi kopi yang berlebih akan meningkatkan buang air kecil yang mana akan memicu munculnya dehidrasi jika tidak diimbangi dengan asupan air yang cukup. Keadaan inilah yang mengakibatkan munculnya kerutan pada daerah wajah.

9. Meningkatkan resiko keguguran

Meskipun belum sepenuhnya terbukti, namun pada wanita hamil yang mengkonsumsi kopi lebih dari 3 g3las per hari resiko kegugurannya menjadi lebih tinggi. Sangat dianjurkan untuk wanita hamil lebih menghindari minum kopi atau mengurangi asupan kopi misalnya dua hari sekali cukup satu cangkir kopi.

10. Beresiko sulit mempunyai keturunan

Minum kopi yang terlalu banyak pada wanita akan sangat berpengaruh terhadap produksi hormone estrogen. Jika produksi hormon ini terganggu sangat berpengaruh juga terhadap kesuburan wanita sehingga berakibat pada kesulitan hamil.

11. Kecanduan kafein

akibat sering minum kopi

Buat kamu yang suka minum kopi dengan tujuan agar tetap terjaga, awalnya secangkir kopi dapat membantu. Namun hal ini lama kelamaan tidak akan berefek sehingga membuat kamu harus menambah lagi doengan dosis yang lebih tinggi, begitu seterusnya.

12. Meningkatkan resiko stroke

13. Meningkatkan resiko kerusakan pembuluh darah

14. Meningkatkan resiko penyakit jantung

15. Meningkatkan kolesterol pada tubuh

Nah itu tadi akibat sering minum kopi yang mesti kita waspadai. Suka minum kopi boleh boleh saja, namun tidak harus mengesampingkan kesehatan juga kan? Untuk tetap sehat mium kopi, ada baiknya kita atur agar konsumsi kopi tidak berlebih. Setidaknya satu cangkir kopi per hari dirasa sudah cukup.

Baca juga:

10 Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

10 Manfaat Daun Kemangi untuk Kulit dan Kesehatan Tubuh

Jadilah penikmat kopi yang cerdas, keep healthy ya ^^.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *