Alasan Sayur Bayam Tidak Boleh Dipanasi

Pernah makan bayam? Pasti pernah kan? Pernah memanasi sayur bayam? Hati hati, tindakan ini justru bisa sangat berbahaya bagi tubuh kita. Bahaya memanaskan bayam ini ternyata sangat banyak, bahkan beresiko kematian.

Bayam sudah tentu sayuran yang paling mudah untuk kita jumpai. Manfaat sayur bayam ini juga cukup tinggi. Tidak aneh jika bayam menjadi pilihan utama untuk pelengkap makanan. Kandungan zat besinya yang sangat tinggi membuat sayuran ini begitu terkenal untuk mengatasi anemia.

bahaya memanasi sayur bayam

Namun tahukah bunda, saat bunda memasak terlalu banyak bayam dan sore harinya memanaskan lagi sayur ini tindakan ini justru dapat membayakan tubuh. Bayam sepatutnya tidak boleh dipanaskan, karena selain nutrisinya akan rusat beberapa zat dalam sayur bayam justru akan bereaksi jika dipanaskan.

Baca: 16 Daftar Manfaat Penting Sayur Bayam

Bahaya Memanaskan Sayur Bayam

1. Memicu timbulnya kanker

Bayam yang sudah dimasak lebih dari 12 jam, tidak boleh dimakan lagi dan harus segera dibuang. Pasalnya dalam sayur bayam mengandung zat nitrat. Zat nitrat ini lama kelamaan akan berubah menjadi asam nitrat yang mana asam ini merupaka asam yang sangat beracun. Asam nitrat ini juga dapat berubah menjadi nitrosamine. Nitrosamine itu sendiri hampir mirip dengan zat karsinogenik yang memicu tumbuhnya sel kanker.

2. Aliran darah terhenti

Sayur bayam yang dipanaskan kembali akan meningkatkan munculnya zat nitosamine. Jika dikonsumsi oleh orang dewasa ataupun anak anak, zat ini akan berpengaruh pada sistem peredaran darah. Darah tidak akan mampu mengikat oksigen dan tidak dapat mengedarkan keseluruh tubuh.

ads by google :

3. Terjadinya blue baby syndrome

Saat darah berhenti mengangkut oksigen kejaringan tubuh, jaringan akan kekurangan oksigen sehingga terjadi sianosis atau kebiru biruan karena pasokan oksigen sangat kurang. Pada bayi keadaan ini dikenal dengan sebutan blue baby syndrome.

4. Lemah dan lesu

Saat hemoglobin tidak mampu mengikat oksigen, jaringan akan mengalami hipoksia. Keadaan ini akan mengakibatkan tubuh menjadi lebah karena suplai oksigen dalam tubuh berkurang.

Tips dan Syarat Memasak Bayam

bahaya memanasi sayur bayam23Jika bunda suka sekali dengan sayur bayam ini, ada beberapa tips yang harus bunda perhatikan. Agar bunda mendapatkan manfaat sayur bayam secara maksimal bukan malah mendapatkan bahaya dari bayam tersebut, syarat syarat berikut harus bunda perhatikan:

  1. Cuci bersih sebelum memotong dan memasak bayam untuk menghindari penyebaran bakteri.
  2. Hindari memasak bayam terlalu lama untuk memperkecil proses oksidasi pada bayam
  3. Masak sayur bayam agar habis dalam sekali penyajian
  4. Segera habiskan segera sayur bayam yang sudah masak. Hindari setidaknya 4 atau 5 jam membiarkan bayam tidak dikonsumsi.
  5. Hindari memasak bayam dengan bahan yang terbuat dari besi karena hal ini akan meningkatkan proses oksidasi bayam
  6. Gunakan bahan dari stainlis steel  untuk meminimalkan resiko terjadinya oksidasi.

Sudah tahukan bun, bagaimana bahaya memanaskan sayur bayam ini. Masih ingin terus memanasi sisa sayur bayam bunda. Jangan biarkan karena alasan hemat, kesehatan keluarga tersayag kita jadi terancam.

Baca juga:

10 Daftar Sayuran Untuk Ibu Hamil yang Wajib Dikonsumsi

Tips Memilih Makanan Bayi Usia 6 Bulan

Semoga bermanfaat, jangan lupa di share ya.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *