Bahaya Merokok Picu Kanker, Sayangi Hidupmu dan Orang Disekitarmu

Bagi Anda yang kini adalah perokok aktif dan sudah sangat kecanduan, tentu sangat sulit ya meninggalkan kebiasaan merokok. Meskipun sudah tahu merokok itu sangat berbahaya bagi kesehatan, tetap saja perokok seringkali acuh dan rata-rata menghabiskan minimal satu batang per hari dan maksimal bagi perokok berat bisa mencapai 3-5 batang per hari. Bahaya merokok ini tidak hanya menghantui anda yang merokok, namun juga orang yang berada disekitar anda.

Apa saja bahaya merokok? Pertama, yuk Anda kita lihat apa saja kandungan dalam rokok yang asapnya dihisap dan memenuhi paru-paru setiap hari.

bahaya merokok

Sebuah penelitian menyatakan terdapat 4000 zat-zat berbahaya di dalam satu batang rokok. Zat-zat tersebut sangat berbahaya bila masuk ke dalam tubuh manusia, terlebih bila dalam bentuk asap yang mesuk ke paru-paru dan menyebar ke seluruh pori-pori lewat aliran pembuluh darah. Seperti Karbon Monoxida yang meresap ke dalam hemoglobin darah dan mengakibatkan oksigen untuk seluruh tubuh berkurang, Nikotin zat penyebab penghilang rasa lapar, penyempit saluran darah dan penyebab serangan jantung. Ada juga Hydorgen Cyanida zat penyebab mudah terbakar, racun dan bisa mengakibatkan kematian. Kandungan Phenol zat penghambat sistem kerja enzim, Kadmium zat pada accu mobil, Pyridine zat pembunuh hama.Kandungan  Aseton yaitu zat digunakan untuk penghapus cat, DDT zat racun serangga, methyl chloride zat beracun dan memiliki fungsi seperti bius, methanol zat yang mudah terbakar (penyebab kebutaan dan kematian serta bahan bakar roket) dan TAR zat penyebab kanker paru-paru.

Bahaya Merokok yang Dapat Mengancam Kesehatan

Bagaimana pula bahaya merokok bagi kesehatan secara nyata? Yuk berikut bisa menjadi bahan renungan bagi Anda-Anda yang susah berhenti merokok.

1. Pertama, penyakit Kanker. Kanker akibat merokok meliputi kanker paru-paru, kanker serviks, kanker mulut, pancreas, perut dan pita suara.

2. Kedua, penyakit jantung. Bila perokok aktif semakin parah, makan tidak hanya berpotensi serangan jantung, tetapi juga bisa merembet ke stroke. Karena memicu pengerasan pembuluh darah (aterosklorosis) sehingga terjadi penumpukan lemak pada pembuluh darah, arteri dan aliran darah kian menyempit. Ketidaklancaran aliran darah tersebut menggangu fungsi normal kerja jantung dan menganggu syaraf sehingga stroke.

3. Ketiga, penyakit paru-paru. Penumpukan berbagai zat beracun rokok di paru-paru mengakibatkan penyakit berbahaya di paru-paru seperti bronchitis kronis, pneumonia dan emfisema.

4. Keempat, penyebab impotensi. Kondisi saluran pembuluh darah tidak lancar akibat zat-zat dalam rokok menyebabkan alat reproduksi pria tidak bekerja secara normal. Hal itu disebabkan pembuluh darah di alat reproduksi pria berukuran sangat kecil sehingga darah yang dipompa ke alat reproduksi tidak mencukupi sehingga terjadilah disfungsi atau impoten.

5. Kelima, gangguan kehamilan dan janin. Bagi wanita perokok, zat-zat beracun apda rokok berpotensi besar menyerang alat reproduksi dan janin yang tengah dalam kandungan sehingga memicu keguguran janin, kematian, kelahiran bayi dengan berat tdak normal serta kemandulan.

6. Keenam, komplikasi. Penyakit komplikasi akibat merokok terjadi ketika perokok sudah sangat parah dalam merokok sehingga zat-zat berbahaya dalam rokok mendarah daging dan tersebar ke serluruh tubuh dan penyebab komplikasi penyakit jantung, stroke, ginjal, kanker dan penyakit berbahaya lainnya.

Begitu ngerinya bahaya merokok ya Anda. Jadi bagaimana agar tidak menjadi korban keganasan rokok? Berikut ada tips-tips manjur agar kecanduan rokok sembuh dan penyakit akinat rokok minggat.

Tips Cara Ampuh Berhenti Merokok

bahaya merokok1. Deklarasikan bahwa Anda sudah berhenti merokok

Beritahu semua keluarga, teman dan orang-orang disekeliling agar mendukung dan tidak ada lagi yang menawari rokok atau mengajak merokok. Bahkan, mereka akan menjadi orang pertama yang mengingatkan sekalipun mengejek dan mencibir ketika Anda kembali merokok. Jadi mereka menjadi alarma agar tidak lagi merokok.

2. Mencari cemilan atau perman untuk dikunyah sebagai pengganti rokok

Bisa dengan mengunyah permen karet, manisan, atau permen biasa. Itu akan menghilangkan perasaan ingin kembali merokok.

ads by google :

3. Mulai secara perlahan

Bisa dimulai dengan target. Misalnya biasa menghabiskan 3 batang dalam 1 hari, maka kurangi menjadi 2 batang dalam 1 hari selama seminggu. Minggu berikutnya menjadi 1 batang dalam 1 hari sampai terbiasa tidak merokok.

4. Niat sungguh-sungguh

Niat dan tekad akan menjadi senjata ampuh menahan godaan nafsu merokok. Percuma segala upaya, target dan peringatan bila tidak mampu melawan bisikan nafsu untuk kembali merokok. Lawan dengan tekad kuat bahwa Anda bertobat dari merokok

5. Sibukkan dengan kegiatan positif

Dengan banyaknya kesibukan dan pikiran penuh dengan fokus aktivitas, maka sedikit banyak membantu otak berhenti memikirkan kebutuhan merokok.

6. Bergabung dengan komunitas non-perokok

Sering-seringlah berbincang, jalan-jalan, diskusi atau bertemu orang non-perokok. Bukan berarti meninggalkan sanak family dan teman yang perokok. Hanya sebentar dan mengalokasikan waktu kepada non perokok agar dalam interaksi tidak lagi melibatkan rokok.

7. Minum air putih banyak
Ini akan membantu membersihkan paru-paru dari racun rokok yang sudah mengendap lama.

8. Jangan pernah menuruti godaan nafsu walau kelihatan sepele

Misalnya karena tidak tahan menahan merokok dalam waktu 2 hari, “biarlah merokok Cuma 1 batang saja’ itu adalah godaan berbahaya. Bila itu dilakukan, maka membuang kebiasaan merokok tidak akan pernah terwujud.

9. Sibukkan diri dengan aktivitas setelah makan

Bagi perokok, merokok setelah makan adalah kenikmatan tiada tara. Maka untuk menghindarinya, segera lupakan rokok setelah makan, bergabung dengan anak bermain-main bersama, bercanda dengan keluarga atau jalan-jalan ringan di sekeliling rumah dan tetangga.

Itu tadi beberapa daftar bahaya merokok yang terus mengintai. Sudah pernah dengarkan julukan rokok ini. Yap silent killer. Berhentilah merokok, matikan rokokmu sebelum rokok mematikanmu.

Baca juga:

Tips Ampuh dan Mudah Cara Berhenti Merokok Secara Total

Semoga bermanfaat.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *