Waspadai Bahaya Memakai Sepatu High Heels

Bahaya memakai high heels yang sering kali tidak diperhatikan oleh para wanita dan juga cara mencegah untuk meminimalkan bahaya penggunaan sepatu high heels. Sepatu merupakan perubahan bentuk dari alas kaki sandal yang ditemukan sekitar 9000 tahun yang lalu yang digunakan untuk melindungi kaki dari duri, serpihan salju, dan benda – benda yang membahayakan lainnya.

Bangsa Yunani melihat sepatu sebagai suatu hal yang dapat meningkatkan status. Sepatu high heels pertama kali diciptakan oleh Bangsa Yunani, yang disebut korthonos untuk pertunjukkan teater, korthonos biasa dipakai oleh para pria saat pentas. Kemudian para wanita Yunani mengadopsi tren tersebut, dan menciptakan heels dengan ketinggian tertentu.

bahaya sepatu high heels

Kini sepatu high heels dan wanita seperti bagian yang tak terpisahkan. Dengan alasan untuk memberikan kesan profesionalitas dan kesantunan, dalam acara tertentu, dalam acara formal, maupun dalam acara rutinitas bekerja. Seorang wanita diharuskan menggunakan sepatu berhak.

Sepatu high heels yang sering dijumpai saat ini ada dua macam, yaitu sepatu wedges dengan bentuk hak platform tebal, dan sepatu stiletto dengan bentuk hak yang meruncing ke bawah.

Bahaya Memakai Sepatu High heels

Tampilan menarik bagi wanita pemakai sepatu high heels bukanlah tanpa resiko, namun ada bahaya mengintai mereka. Inilah beberapa bahaya akibat pemakaian sepatu high heels yang patut diwaspadai :

Nyeri Tumit dan Mata Kaki

Dampak yang umumnya terjadi akibat penggunaan sepatu high heels mengakibatkan tekanan yang tinggi pada permukaan telapak kaki sehingga akan memicu metatarsalgia yaitu kondisi sakit yang parah atau kram yang ditimbulkan oleh bagian anterior tulang telapak, nyeri akan terasa pada bagian tumit dan mata kaki.

Pengecilan Otot

ads by google :

Penggunaan sepatu high heels dalam waktu yang sering dapat menimbulkan masalah pada kaki. Tubuh yang tidak seimbang akibat penggunaan high heels dalam periode yang lama, akan menyebabkan atrofi otot atau pengecilan otot. Ini dapat disebabkan karena sepatu high heels terus menerus memaksakan pemakainya untuk berjalan jinjit sehingga dalam jangka waktu yang cukup lama, otot pada bagian tersebut akan mengalami pemendekkan dan pengecilan.

Keselo dan Patah Tulang Saat Berjalan

Adanya ketidakseimbangan tubuh saat memakai sepatu high heels meningkatkan kerentanan terjadinya cedera, keseleo, bahkan patah tulang pada saat jatuh ketika berjalan menggunakan sepatu high heels. Hal ini biasanya terjadi pada orang yang belum terbiasa menggunakan sepatu high heels. Maka, berjalanlah dengan hati – hati saat menggunakan sepatu high heels. Khususnya, apabila kaki sudah mulai terasa lemah setelah berjalan, maka sebaiknya segera beristirahat dan lakukan pemijatan lembut pada kaki.

Perubahan Postur Tubuh

Dampak lainnya dari penggunaan sepatu high heels yang terlalu sering akan mengakibatkan postur tubuh berubah sehingga terjadi perubahan pinggul dan tulang belakang menjadi tidak sejajar , inilah yang nantinya menyebabkan tubuh terlihat melengkung.

Bagi Wanita Hamil

Penggunaan sepatu hak tinggi pada wanita hamil, harus diperhatikan dan dibatasi. Dikhawatirkan akan meningkatkan resiko terjadinya cedera yang akan nantinya membahayakan ibu dan janin yang dikandungnya.

Demikianlah, beberapa ulasan mengenai bahaya sepatu high heels. Ada beberapa saran yang dapat dilakukan jika memang harus menggunakan sepatu high heels, yaitu :

  1. Pilihlah heels yang ketinggiannya <10 cm. Hal ini akan mencegah beban berat tubuh yang akan bertumpu pada kaku. Selain itu, menggunakan heels yang tidak terlalu tinggi akan mengurangi resiko terjatuh.
  2. Kemudian hindari penggunaan sepatu high heels terlalu lama, dan apabila memungkinkan bawalah sepatu flat sebagai sepatu pengganti untuk merelaksasikan otot kaki. Lakukan pula message dengan rutin pada kaki, sambil lakukan perendaman menggunakan air hangat pada malam hari setelah penggunaan sepatu high heels tujuan dilakukan hal ini adalah membantu memperlancar peredaran darah.

Menggunakan high heels yang terlalu lama juga dapat memicu timbulnya sakit punggung. Untuk sobat uyang sudah mulai merasakan sakit pada punggung atau pinggang yuk simak ulasan selengkapnya di Cara Mengatasi Sakit Pinggang Secara Aman dan Mudah

Jika sobat merasa info tentang bahaya sepatu high heels ini bermanfaat, yuk share biar makin banyak yang tahu.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *