Cara Alami dan Aman Mengatasi Ruam Popok pada Bayi

Cara mengobati ruam popok pada bayi secara efektif dan aman. Sobat tentu cemas dan khawatir jika si kecil rewel lebih dari biasanya. Hati-hati, terutama jika si kecil rewel di saat ketika sobat menggantikan popok si kecil. Berarti ada hal tidak beres di sana. Coba perhatikan di area yang tertutup popok di sekitar pantat, sekitar alat kelamin serta pangkal paha dalam. Bila terdapat lecet-lecet ringan, bintik-bintik kecil dan gatal, dipastikan si kecil sedang terkena ruam popok. Maka tidak heran si kecil begitu rewel ketika popok diganti.

Cara Mengatasi Ruam Popok

Saat terdapat ruam popok pada bayi bunda, sobat sebagai bunda bisa mengatasinya dengan cepat dan tuntas sejak tahap awal. Agar ruam popok sembuh dan bayi kembali ceria dan tidak rewel.

cara mengatasi ruam popok pada bayi

5 Cara Mengatasi dan Mengobati Ruam Popok Bayi

Berikut ada 5 cara mengatasi dan mengobati ruam popok pada bayi.

Pastikan kebersihan area popok.
Pastikan bersih dari air seni bayi, tinja (feses, kotoran) dan bakteri. Usahakan bagian-bagian yang terkena ruam popok kering, bersih karena jika lembab apalagi basah, maka bakteri sangat cepat menyebar dan ruam popok bertambah parah. Bila bayi mengeluarkan air seni atau kotoran dan sobat harus segera menggantikan dengan popok baru, usahakan bersihkan air seni dan kotoran dengan air mengalir, jangan menggosok kulit bayi ketika membersihkan kotoran bayi karena bisa mengakibatkan bagian terkena ruam kian parah. Cukup ditepuk-tepuk pelan dan lembut, dikeringkan dengan menepuk pelan kulit yang terkena ruam dengan kain secara lembut dan pastikan kering. Pakaikan popok baru dengan terlebih dahulu diangin-anginkan sekitar 2 menit.

Hindari penggunakan popok jenis popok sekali pakai.
Gunakan hanya jika urgen dan sangat diperlukan seperti bepergian jarak jauh, dan usahakan di rumah tanpa popok agar kulit terkena ruam memiliki ruang, kering, dan aliran darah membantu mempercepat ruam sembuh.

Ganti merek popok
Ganti jenis popok yang tidak baik buat kulit bayi. Usahakan gunakan popok berbahan lembut tanpa pewarna dan tanpa zat lain. Kemungkinan kulit bayi sensitif, mudah iritasi dan alergi terhadap jenis popok tertentu.

Gunakan salep obat ruam popok bayi.
Banyak salep dank rim untuk khusus ruam popok bayi seperti Baby-dee, Myco-Z, Pigeon Baby Cream, Bepanthen, Switzal, Sebamed di apotik terdekat. Juga bisa menggunakan minyak tawon, salep guci pusaka, minyak kelapa, virgin oil dan minyak zaitun.

ads by google :

Gunakan Plain Yoghurt.
Plain Yoghurt mengandung zat acidophilus yang bersifat melawan infeksi ragi dan oleskan secara kembut ke daerah sekitar ruam.

Cara Cepat Menghilangkan Ruam Popok Pada Bayi

Jika ruma tidak sembuh setelah diberi obat seperti di atas, maka sobat bisa memberikan alternatif pengobatan berikut:

  1. Gunakan Oatmeal saat memandikan bayi. Caranya campurkan bubuk Oatmeal ke dalam air mandi, kemudian bayi mandi di dalamnya. Obat tersebut akan efektif bekerja mengatasi ruam bayi.
  2. Gunakan minyak Lavender, minyak cendana dan minyak Peppermint untuk dioelaskan di bagian lecet-lecet bayi.
  3. Gunakan lidah buaya, gunakan gel lidah buaya dan oleskan secara langsung ke bagian ruam bayi.

Jika ruam popok kian parah, ruam kian menyebar ke lengan, leher dan bagian lain tubuh bayi serta menujukkan gejala melepuh, bintik-bintik dan bernanah, maka orangtuanya harus membawa ke dokter. Biasanya dokter akan memberi resep salep antijamur yang memiliki kandungan zat Clotrimazole dan Fungiderm yang berfungsi memberantas jamur.

Itu tadi beberapa tips cara mengatasi ruam popok pada bayi. Jangan lupa di share ya.

Baca juga:

Cara Aman dan Mudah Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Tips Mudah Memilih Susu Formula Terbaik

Selamat mencoba.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *