Cara Memandikan Bayi dengan Benar Beserta Video

Cara memandikan bayi baru lahir yang baik dan benar dengan masih ada tali pusat ataupun tanpa tali pusat. Kebersihan bayi adalah hal mutlak yang harus dijaga. Oleh karena itu bayi bunda juga perlu dimandikan setidaknya 2 kali sehari.

Bagi bunda yang baru pertama kali memiliki bayi tentu khawatir dan takut untuk memandikan buah hati. Memandikan bayi memang aktivitas yang membutuhkan perhatian ekstra agar ia tak terluka saat kita membersihkannya.

cara memandikan bayi

Cara Memandikan Bayi yang Benar

Berikut ini kami sajikan cara, tips, dan hal-hal yang harus diperhatikan bagi bunda yang ingin memandikan bayi.

1. Siapkan segala perlengkapan mandi bayi seperti sabun, shampo, kapas, wash lap, handuk, baju ganti, popok, perlak, dan sebagainya. Jangan sampai ada yang tertinggal atau berada jauh dari jangkauan dan membuat bunda kesulitan mencarinya.

2. Isilah air hangat dengan suhu sekitar 36-37 derajat celsius ke bak mandi bayi. Usahakan air jangan terlalu panas atau terlalu dingin. bunda bisa memeriksanya dengan mencelupkan siku tangan atau jari kelingking. Memandikan bayi dengan air hangat memang sangat disarankan supaya sang buah hati tetap merasa nyaman dan agar suhu badannya tetap stabil.

3. Lepas bajunya, lalu selimuti bayi dengan handuk di pangkuan bunda. Lalu usaplah matanya menggunakan kapas yang telah dibasahi dengan air matang biasa, usaplah juga daerah wajah dan mulutnya.

4. Bersihkan matanya dari arah luar ke dalam dengan kapas yang telah dibasahi tadi.

5. Basuhlah kepala, wajah, leher, dada, lengan, punggung, serta tungkainya. Jangan lupa bersihkan area-area lipatan.

6. Sabuni kepala dan badan bayi menggunakan washlap yang lembut. Usahakan memilih sabun bayi yang kandungannya tidak membuat mata pedih dan pilihlah yang tidak terlalu berbusa. Sebab sabun bayi yang terlalu banyak busanya berarti mengandung banyak deterjen yang bisa membuat kulit bayi bunda mengalami iritasi.

7. Masukkan bayi ke dalam bak, topanglah kepalanya dengan tangan bunda. Kemudian keramasi rambut si kecil. Setelah itu bilas sisa-sisa sabun di badan dan rambutnya. Jika masih terdapat tali pusat, bersihkan tali pusat bayi dengan air sampai bersih

8. Bila sudah bersih, tetap topang leher dan pundak lalu tangan bunda yang lain gunakan untuk memegang pantat bayi kemudian angkat ke atas perlak dan bungkuslah dengan handuk. Tepuk-tepuk tubuh bayi dengan handuk, kemudian usap pelan-pelan sampai kering. Biarkan buah hati bunda tetap terbungkus handuk sambil memakaikan baju dan popoknya.

Lihat selengkapnya dan lebih mendetail tentang cara memandikan bayi disini:

ads by google :

Hal yang harus diperhatikan saat memandikan bayi:

– Jangan memakai air dingin saat memandikan bayi, sebab air dingin hanya membuat kulit sang buah hati jadi kering dan kurang baik untuk kondisi tubuhnya.

– Jangan memakai sabun yang terlalu banyak busanya. Lebih baik mandikan dengan sabun khusus bayi yang mengandung vitamin E dan tidak pedih di mata.

– Jangan pakai sabun anti bakteri. Sabun antiseptik semacam itu justru membuat kulitnya iritasi.

– Mandikan bayi sebelum makan atau jangan langsung memandikan bayi setelah makan. Sebab bila bunda langsung memandikannya setelah makan, ia biasanya akan sedikit memuntahkan makanan dan membuat tubuhnya kotor lagi. bunda nantinya malah harus kerepotan bekerja dua kali untuk membersihkan tubuh sang buah hati sehabis muntah.

– Bungkus bayi dengan handuk. Jangan biarkan tubuh bayi bunda telanjang tanpa kain penutup terlalu lama.

– Usahakan bunda tidak memelihara kuku. Walau sudah berhati-hati sekalipun, bunda tidak akan pernah tahu kapan kuku bunda secara tak sengaja melukai kulit buah hati.

– Jangan lupa membersihkan area kemaluan dan selangkangan bayi. Bila bayi bunda laki-laki, bersihkan area kulup pelan-pelan, dorong lembut kulit penis ke arah luar. Bersihkan dengan kapas atau kasa basah. Bila bayi bunda perempuan, bersihkan kemaluannya dari depan ke belakang (dari kemaluan ke anus).

– Telinga dan lubang hidung bayi bisa dibersihkan dengan cotton bud basah. Untuk telinga, bersihkan dengan cotton buds yang telah dibasahi sedikit baby oil untuk membersihkan bagian luarnya saja.

Baca juga:

Cara Mudah Merawat Bayi Prematur di Rumah

Cara Efektif Mengatasi Bayi Rewel

Cara Mudah Mengatasi Bayi Susah Makan

Semoga bermanfaat, jangan lupa di share ya.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *