10 Cara Mencegah Gigi Berlubang Alami dan Ampuh

Pernah merasakan sakit gigi? Terlebih karena gigi berlubang, rasanya super sakit sekali. Rasa berdenyut yang sangat hebat, bahkan saya sendiri sampai menangis. Ada baiknya sebelum terjadi lubang atau caries, ada beberapa cara mencegah gigi berlubang yang bisa Sahabat praktekkan.

Sahabat sekalian, gigi berlubang kadangkala sulit diatasi, apalagi ketika kumat dan berdenyut. Gigi berlubang sering menjangkiti gigi anak-anak karena kurang menjaga konsumsi makanan yang sehat. Gigi berlubang juga menyerang usia dewasa. Terbukti banyak penderita sakit gigi usia dewasa akibat gigi berlubang. Sakit gigi tidak hanya rasa sakit dan denyut nyeri di gigi, tetapi juga dapat merembet ke jantung dan stroke bila penderitanya mengalami riwayat penyakit stroke dan penyakit jantung.

Umumnya gigi berlubang diakibatkan oleh gula atau glukosa yang terdapat di berbagai makanan dan cemilan manis dan banyak gula seperti coklat, permen, gula-gula yang mudah menempel, terselip dan menyangkut di sela-sela gigi. Parahnya bila makanan sisa yang tertinggal dikorek dengan lat pengorek sisa makanan berupa lidi dan sejenisnya. Memang praktis membuang sisa makanan, namun perlahan dan pasti menyebabkan lubang gigi makin menganga lebar dan berpotensi besar menyebabkan sakit gigi lebih parah dan berdenyut.

cara mencegah gigi berlubang34

Cara Mencegah Gigi Berlubang dan Bau Mulut

Gigi berlubang erat kaitannya dengan bau mulut. Pasti tidak pede kalau pas ngomong tapi mulut kita bau. Untuk mengatasi bau mulut itu sendiri, ada beberapa trik yang bisa sahabat lakukan. Baca tipsnya Cara Cepat Menghilangkan Bau Mulut Secara Mudah

Ada beberapa cara mencegah agar gigi tidak berlubang secara alami. Di antaranya sebagai berikut:

1. Kurangi makanan manis

Mengurangi asupan makanan manins merupakan cara mencegah gigi berlubang yang paling ampuh. Makanan manis sangat mudah menempel. Kandungan glukosa pada makanan membantu merusak email gigi dan memperparah gigi berlubang.

2. Teratur menggosok gigi

Gosok gigi teratur membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi. Secara umum, gosok gigi dilakukan pada saat pagi sehabis sarapan dan di malam hari ketika sebelum tidur. Cara ini selain sederhana juga efektif menghilangkan sisa-sisa makanan yang berpotensi merusak email gigi.

3. Hindari makanan lengket

cara mencegah gigi berlubang

Makanan lengket seperti permen, coklat, roti, biscuit, daging dan sejenisnya yang kerap tersangkut di sela-sela gigi dan tidak tercerna air liur, juga harus dihindari karena berpotensi merusak email gigi dan sela-sela gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Usahakn untuk selalu berkumur kumur setiap selesai makan makanan yang manis dan juga lengket. Dan jangan lupa selalu gosok gigi sebelum tidur, karena bakteri biasanya melakukan misinya pada saat kita tertidur di malam hari.

Cara ampuh mengatasi gigi berlubang

Selain cara alami dan sederhana di atas, Sahabat juga bisa menerapkan cara lumayan ampuh berikut untuk mengatasi masalah gigi berlubang.

1. Rajin cek ke dokter

Bila gigi kerap tersangkut makanan dan banyak sisa-sisa makanan, susah menghilangkan dan perlahan menyebabkan gigi berlubang, maka segera konsultasikan ke dokter agar tidak semakin parah.

2. Gunakan sikat gigi yang sesuai dengan bentuk dan ukuran gigi

ads by google :

Sikat gigi yang cocok, aka mampu menyapu sisa-sisa makanan di sela-sela gigi. Namun bila ukuran sikat kekecilan atau terlalu besar dibandingkan gigi dan mulut, maka banyak sisa makanan yang tidak dibersihkan.

3. Bawang putih

Bawang putih ini mempunyai sifat antibiotik yang sangat bermanfaat untuk melawan kuman.

Caranya:

  • Ambil satu siung bawang putih kemudian tumbuk sampai halus
  • Tambahkan sedikit garam lalu aduk hingga merata
  • Oleskan pada bagian gigi yang sakit
  • Ulangi secara teratur sampai sakit gigi menghilang

4. Manfaatkan jeruk nipis

Cara alami lain yang cukup ampuh mengobati gigi berlubang adalah dengan meneteskan air perasan jeruk nipis ke lubang gigi. Vitamin C yang terkandung dalam perasan air jeruk dapat meredakan sakit gigi di gigi berlubang.

5. Gunakan buah belimbing wuluh

Buah belimbing wuluh juga dapat mencegah sakit gigi berlubang sekaligus membersihkan gigi. Caranya cukup buah belimbing wuluh dikunyah tepat di gigi yang sakit dan berlubang.

6. Minyak cengkeh

Caranya semprotkan minyak cengkeh ke kapas kemudian ditempelkan tepat di gigi yang sakit. Minyak cengkeh bermanfaat mengurangi rasa sakit gigi berlubang karena mengandung anti inflamasi, antioksidan, anti bakteri dan bersifat anestesi yang berguna menetralkan sifat nyeri sakit gigi.

7. Menambal dan mencabut gigi.

Menambal gigi adalah pilihan yang harus sahabat lakukan agar lubang pada gigi tidak semakin membesar. Jika lubang sudah terlalu besar dan tidak memungkinkan untuk dilakukan penambalan, maka cara terakhir adalah dengan mencabut gigi.

Cabut gigi hanya boleh sahabat lakukan pas gigi sedang berada pada kondisi tidak sakit. Dan hanya lakukan cabut gigi pada tenaga kesehatan saja.

Sudah tahu kan bagaimana cara mencegah gigi berlubang yang benar. Jangan sampai gigi kita rusak hanya gara gara kita malas merawat kesehatan gigi.

Baca juga:

Cara Termudah Memutihkan Gigi Kuning Permanen

Cara Jitu Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Semoga ulasan diatas bermanfaat. Oh iya, jangan lupa ya pergi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Sehat selalu senang rasanya.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *