Kenali Cara Mencegah Kanker Sejak Dini

Vonis kanker oleh dokter membuat pikiran langsung melayang kemana mana. Penyakit yang sangat mengerikan ini masih menjadi momok pada kebanyakan orang. Pasalnya kanker ini sangat sulit diobati kendati kanker sudah diangkat atau dioperasi.

Sebenarnya kanker ini dapat dicegah dengan pola hidup yang sehat. Konsumsi makanan yang mengandung tinggi antioksidan dapat menjadi salah satu alternatif cara mencegah kanker secara alami.

cara mencegah kanker11

Cara Mencegah Kanker Sejak  Dini

1. Periksa keturunan

Periksa dan cermati apakah dalam keluarga sahabat entah kakek, nenek atau buyut pernah ada yang menderita kanker. Jika dalam keluarga sahabat terdapat anggota yang menderita kanker, maka sahabat mempunyai resiko terkena kanker.

Untuk mencegah tumbuhnya kanker pada sahabat, sahabat harus berhati hati dan menjaga pola hidup sahabat.

2. Kurangi asupan gula

Hindari asupan gula yang berlebih. Sel sel kanker membutuhkan gula untuk proses pertumbuhannya. Selain itu, asupan gula yang berlebih dapat menimbulkan dampak negatif lain seperti obesitas atau kencing manis.

3. Hindari kebiasaan merokok

Merokok dapat memicu berbagai jenis kanker, terlebih kanker saluran pernafasan. Rokok ini dapat memicu berbagai jenis kanker seperti kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker paru paru dan masih banyak lagi. Sekarang ini dalam bungkus rokok sudah dicantumkan juga gambar kanker yang mengerikan. Jadi matikan rokok sebelum rokok mematikanmu.

Baca juga:

4. Hindari mengkonsumsi alkohol

Alkohol dapat meningkatkan proses metastase sel sel tubuh. Terlebih pada wanita, konsumsi alkohol dapat meningkatkan resiko kanker payudara.

5. Kurangi konsumsi daging merah

Daging merah mempunyai kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi.

6. Kurangi makanan yang diasap atau dibakar

Makanan yang diasap atau dibakar sangat tidak baik bagi kesehatan. Pad proses pembakaran dengan menggunakan arang, memicu timbulnya zat karsinogenik * Hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) dan Amina heterosiklik (HCA).

7. Hindari makanan dengan zat pewarna

Makanan yang mengandung zat pewarna terlebih jika warnanya mencolok akan sangat berbahaya. Pewarna yang mencolok seringkali dibuat dari bahan pewarna bukan makanan. Jika terlalu sering dikonsumsi, akan menimbulkan kanker.

8. Kurangi konsumsi ikan tuna

Ikan tuna memang mempunyai kandungan gizi yang sangat tinggi. Namun dibalik kandungan gizinya, yuna merupakan salah satu jenis ikan yang sangat baik menyerap mercuri. Jika terlalu banyak mengkonsumsi daging tuna, mercury akan menumpuk dan dapat menyebabkan kanker.

ads by google :

9. Konsumsi makanan yang mengandung tinggi vitamin A, C dan vitamin E

Sayuran dengan kandungan vitamin A, C dan E merupakan sumber antioksidan. Yang termasuk dalam sayuran ini seperti wortel, brokoli, jeuk dan masih banyak lagi.

10. Konsumsi teh hijau

Teh hijau mempunyai kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan mencegah terjadinya kanker.

11. Waspadai perubahan bentuk tubuh

Terlebih pada wanita, waspadai perubahan bentuk payudara. Secara rutin lakukan pemeriksaan sarari dan sadari. Jika ditemukan keanehan, segera hubungi petugas kesehatan.

cara mencegah kanker1

12. Konsumsi sayuran hijau

Sayuran hijau juga mempunyai kandungan anti oksidan yang sangat baik untuk melawan radikal bebas. Pastikan mencuci sayuran secara bersih untuk membuang bakteri dan sisa peptisida.

13. Konsumsi paprika

Paprika merah dan juga kuning mempunyai kandungan lykopene yang bermanfaat untuk mengurangi resiko kanker.

14. Konsumsi air secara cukup

Konsumsi air yang cukup aka membantu membuang gzat sisa metabolisme yang tidak diperlukan tubuh.

15. Pilih plastik yang berkualitas untuk makanan

Untuk tempat makanan, pilih jenis plastik yang baik. Hindari plastik kresek warna hitam untuk membungkus makanan secara langsung. Perhtikan juga label dari plastik itu sendiri.

16. Olahraga secara teratur

Cara mencegah kanker yang terakhir adalah dengan rajin berolahraga. Dengan olahraga secara teratur akan membuat bada menjadi sehat, metabolisme lancar. Selain itu, sisa sisa racun juga akan dikeluarkan bersama dengan keringat.

Itu tadi beberapa tips yang bisa sahabat lakukan guna mencegah timbulnya kanker. Dengan pola hidup sehat, tidak hanya untuk mencegah kanker tetapi juga untuk mencegah berbagai jenis penyakit yang lain.

Baca juga:

Makanan Untuk Penderita Kolesterol Tinggi dan Pantangannya

Cara Membuat BPJS dan Syarat Wajib Pembuatannya

Semoga ulasan diatas bermanfaat.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *