Trik Ampuh Cara Mencegah Penyakit GInjal

Penyakit ginjal sekarang ini memang sedang marak terjadi. Konsumsi makanan yang salah, kurang minum air putih dapat memicu timbulnya penyakit ginjal. Bagaimana cara mencegah penyakit ginjal agar ginjal tetap sehat?

Penyakit ginjal merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok menakutkan. Sobat pasti mengenal penyakit yang satu ini dan sudah sering mendengar berbagai cerita dan bahaya penyakit ginjal. Yang paling menakutkan adalah penyakit ginjal stadium akhir atau gagal ginjal. Gagal ginjal ini di mana kondisi ginjal sudah tidak dapat berfungsi semestinya dan tidak dapat melakukan metabolisme darah secara normal. Bila hal itu terjadi, maka penderita gagal ginjal menggantikan fungsi normal ginjal dengan mesin pencuci darah atau ‘dialisis’.

Gejala penyakit ginjal biasanya disertai rasa nyeri dan sakit di bagian pinggang, rasa sakit ketika buang air kecil, kencing manis, serta sulit keluar urin ketika buang air kecil. Bila infeksi akibat sakit ginjal kian parah, biasanya diikuti kondisi tubuh lemas, demam, adanya warna urin kemerah-merahan, alat kelamin sakit dan pinggung tempat ginjal berada juga ikut sakit.

cara mencegah penyakit ginjal

Penyebab Penyakit Ginjal

Sebenarnya penyakit ginjal dapat diatasi dengan mudah bila diantisipasi sejak dini dan menjaga ginjal dengan baik. Banyak faktor penyebab penyakit ginjal diantaranya karena keturunan, diabetes, tekanan darah tinggi dan sebagainya. Di tiap harinya, minimal ginjal menetralisir dua liter racun dari berbagai makanan dan minuman yang dikonsumsi, limbah, air serta darah. Begitu pentingnya fungsi ginjal sehingga bila diabaikan dan tidak dijaga mengakibatkan racun tidak dapat disaring, tidak dapat menyaring darah, memicu banyak penyakit dan tentunya gagal ginjal.

Selain itu, penyakit ginjal juga disebabkan oleh sumbatan yang terdapat pada saluran kandung kemih seperti batu (batu karang, tumor, akibat kanker, akibat kista, rusaknya sistem penyaring ginjal, serta onsumsi obat-obatan yang over dosis dan tidak dapat dicerna oleh ginjal.

Cara Mencegah Penyakit Ginjal Secara Alami

1. Disiplin mengontrol tekanan darah

Bagi Sobat yang memiliki riwayat hipertensi atau tekanan darah tinggi, sebaiknya sering memeriksakan diri atau mengontrol tekanan darah. Hal ini bertujuan agar dapat mencegah naiknya tekanan darah secara dini dan tidak menyebabkan gagal ginjal secara tiba-tiba.

2. Hindari merokok

Bagi Sobat-sobat yang suka merokok atau kecanduan rokok, sebaiknya segera berhenti merokok. Karena merokok dapat menyebabkan terjadinya penyakit ginjal. Merokok ternyata tidak hanya memicu penykit gagal ginjal, tetapi juga menaikkan tekanan darah tinggi.

3. Stop konsumsi alkohol

Alkohol dapat memicu ketegangan pada sistem kerja ginjal dan menyebabkan ginjal harus bekerja keras. Mengurangi bahkan menghentikan minum alkohol berarti membantu ginjal tetap sehat dan terhindar dari potensi gagal ginjal.

4. Perbanyak minum air putih

Minum air putih delapan gelas dalam sehari membantu membersihkan ginjal sekaligu menjga kesehatan ginjal.

5. Rutin memeriksakan darah dan urin

ads by google :

Bagi Sobat yang terdapat gejala gagal ginjal sebaiknya rutin memeriksakan darah dan urin agar melihat jelas apakah ginjalnya masih sehat atau mulai terindikasi gagal ginjal. Bila diketahui sejak dini maka akan mudah mengantisipasi dan mencegah kerusakan ginjal lebih lanjut.

6. Olahraga teratur

Olahraga teratur selain menyehatkan, membakar lemak juga menyehatkan ginjal. Karena olahraga membantu menyehatkan fungsi organ tubuh dan memperkuat imunitas dan antibody.

7. Hindari makanan dan minuman berpengawet

Jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan dan minuman berpengawet. Terlebih minuman penambah stamina. Sekali dua kali bolehlah minum, tapi jangan keterusan. Minuman penambah stamina dan minuman berkarbonasi akan memperberat kerja ginjal. Kalau kerja ginjal terlalu berat, nanti ginjal kita mudah rusak kan?

8. Hindari terlalu sering mengkonsumsi obat diet

cara mencegah penyakit ginjal56Sobat tahu tidak, mengkonsumsi obat diet dapat merusak ginjal secara total. Obat diet dapat memicu timbulnya penyakit ginjal yang paling ditakuti, yaitu gagal ginjal. Tidak percaya? Oke saya jelaskan mekanismenya.

Saat mengkonsumsi obat diet sobat pasti sering pipis kan. Kenapa? iya karena cairan dalam tubuh sobat diperas habis habisan agar keluar. Setelah itu, pasti nanti berat badan sobat cepat turun. Kenapa lagi coba? Hal ini karena carian tubuh tadi dibuang keluar. 70% dari tubuh kita terdiri dari cairan. Jika cairan dibuang secara berlebih, otomatis berat badan akan cepat turun. Nah jika cairan dibuang secara berlebih juga, ginjal akan kewalahan, glomerulus akan banyak yang rusak. Akhirnya ginjal kolaps dan terjadilah gagal ginjal.

9. Minuman rebusan daun sirsak

Daun sirsak atau nangka londo juga bermanfaat mengobati penyakit ginjal. Caranya cukup merebus daunnya dan mengonsumsinya secara teratur hingga gejala dan rasa tanda dini penykit ginjal menghilang. Rebusan air sirsak juga bagus diminum oleh orang non penderita untuk mencegah penyakit ginjal. Selain itu rebusan air air sirsak juga bermanfaat mencegah kanker.

Baca: Manfaat Buah Sirsak dan Daun Sirsat Bagi Kesehatan

Bagaimana, tidak sulit bukan cara mencegah penyakit ginjal ini? Jaga pola makan, olah raga teratur dan lakukan gaya hidup sehat merupakan kunci utama cara mencegah penyakit ginjal.

Baca juga:

Makanan Untuk Penderita Kolesterol Tinggi dan Pantangannya

10 Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dipanasi

Semoga bermanfaat.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *