Cara Jitu Mencegah Sakit Gigi Secara Alami

Sakit gigi merupakan salah satu jenis penyakit yang masih menjadi momokoleh banyak orang. Bagi Sobat yang belum pernah sakit gigi, maka jangan sepelekan penyakit gigi. Sobat harus mencegahnya sejak dini. Karena bila sudah terkena sakit gigi, maka sangat susah menyembuhkannya. Bukan hanya gigi, geraham, gusi yang sakit, tetapi merembet ke kepala hingga berdenyut, daging pipi dan denyut jantung. Singkat cerita, sakit gigi sangat menyiksa. Oleh karena itu, sebelum terkena sakit gigi, sebaiknya dicegah sejak dini.

Gejala dan Penyebab Sakit Gigi

Gejalanya biasanya ditandai dengan adanya rasa berdenyut, sakit, nyeri di bagian gusi, gigi dan pipi. Bahkan rasa nyeri dan denyut tidak hanya di area pipi, gusi dan gigi tetapi juga ke saraf kepala dan tidak heran bagi penderita sakit gigi pasti tidak bisa berkonsentrasi dalam bekerja dan beraktivitas.

Biasanya sakit gigi disebabkan oleh bakteri yang terfermentasi dari karbohidrat yang berasal sisa-sisa makanan. Sisa-sisa makanan tersebut kemudian membusuk dan menyebabkan bakteri berkembang biak dengan cepat. Pembusukan tersebut juga merusak email gigi sehingga menyebabkan gigi kuning, berlubang dan sangat sensitif. Sehingga tidak heran bagi penderita sakit gigi, makan es, manisan atau coklat sedikit saja mampu memicu sakit gigi kambuh.

Cara Ampuh Mencegah Sakit Gigi

Banyak cara untuk mencegah sakit gigi. Dari cara modern hingga paling alami dan tradisional. Berikut ada beberapa cara ampuh mencegah sakit gigi semoga bermanfaat bagi Sobat terutama yang belum pernah sakit gigi agar jangan pernah terkena sakit gigi:

1. Menggunakan bawang putih

cara mencegah sakit gigiBila sakit gigi mulai kambuh, Sobat dapat mengambil satu suing bawang putih, kemudian kupas. Lalu dipotong kecil-kecil dan letakkan pada bagian gigi yang sakit sekitar 5 menit. Kemudian kumur dengan air. Cara tradisional ini sudah dipraktekkan sejak dahulu kala.

2. Hindari Penggunaan tusuk gigi (dongkrak).

Bagi sebagian orang, tusuk gigi adalah penyelamat dan kerap digunakan sehabis makan. Memang manfaatnya sisa-sisa makanan membandel terutama daging dengan mudah dapat dibersihkan di sel-sela gigi. Namun perlu Sobat ketahui bahwa penggunaan tusuk gigi lambat laun dapat memperparah gigi berlubang, memperbesar potensi makanan tersangkut dan terselip di sela-sela gigi dan bukan mustahil dapat menyebabkan infeksi. Hindari sejauh mungkin penggunaan tusuk gigi. Piliha makanan yang tidak mudah terselip atau kunyah makanan di bagian gigi yang tidak mudah tersangkut sisa makanan.

3. Gosok gigi teratur

Teratur menggosok gigi juga membantu mencegah sakit gigi. Sisa-sisa makanan, kuman, bakteri, bau mulut dan sejenisnya dengan mudah dapat hilang dengan gosok gigi secara teratur. Minimal 2 kali dalam sehari pada waktu setelah sarapan pagi dan ketika akan tidur.

4. Hindari makanan yang mudah tersangkut atau terselip di sela-sela gigi

Makanan seperti coklat, permen, manisan, gula, kerupuk, roti dan sejenisnya yang mudah terselip dan tersangkut di sela-sela gigi sebisa mungkin dihindari. Khusus untuk roti, sebaiknya ketika makan langsung minum air atau berkumur agar sisa makanan tidak tersangkut di sela-sela gigi.

ads by google :

5. Menambal gigi

Cara ini juga cukup jitu agar sisa-sisa makanan tidak lagi nyangkut di lubang gigi atau sela-sela gigi. Jika tidak segera ditambal, lubang gigi akan semakin besar yang nantinya malah harus dicabut.

6. Gosok gigi dengan cara benar

Biasanya menggosok gigi bagi kebanyakan orang adalah dari samping kanan ke kiri. Cara yang benar adalah dari atas ke bawah atau dari bawah gigi ke bagian atas.

7. Sering konsumsi buah-buahan segar

Sering mengkonsumsi buah dapat membantu membersihkan mulut, menghilangkan bau mulut dan membersihkan sela-sela gigi. Tidak harus mengeluarkan banyak uang untuk mengkonsumsi buah. Ada buah murah meriah dan banyak tapi sehat seperti papaya, salak, semangka dan sebagainya.

8. Cuci mulut pakai air garam

Satu sendok garam dilarutkan dalam segelas air putih hangat kemudian digunakan untuk berkumur mmebantu membersihkan sela-sela gigi dari bakteri. Cara ini juga biasanya digunakan untuk meredakan sakit gigi. Cara ainnya adalah dengan memanfaatkan air perasan jeruk nipis.

Baca juga:

10 Cara Mengobati Gigi Berlubang Ampuh Tanpa Obat

Cara Termudah Memutihkan Gigi Kuning Permanen

Selamat mencoba.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *