Cara Alami dan Mudah Mengatasi Anyang Anyangan

Cara mengatasi anyang anyangan secara alami dan cukup mudah. Anyang – anyangan merupakan suatu keadaan dimana kandung kemih tidak dapat menampung urine atau air kencing secara penuh karena suatu keadaan. Hal ini bisa juga diakibatkan karena infeksi ataupun usia kehamilan yang sudah cukup tua.

Sobat, pernahkah merasakan penyakit anyang-anyangan? Pasti pernah ya. Penyakit satu ini sangat menyiksa dan membuat kita sibuk bolak-balik ke toilet. Sudah rasanya sakit, sulit ditahan-tahan ditambah lagi ketika ingin mepelaskan hajat yang keluar cuma sedikit. Rasa sakit, geram, kesal bercampur jadi satu. Itulah anyang-anyang. Tentu satu harian bisa uring-uringan dan tersiksa gara-gara penyakit yang satu ini.

cara mengatasi anyang anyangan

Penyebab Anyang Anyangan

Sobat sekalian, tahukah apa penyebab anyang-anyang? Ya, kita harus tahu apa penyebabnya agar bisa mencegahnya.

Dehidrasi atau kekurangan cairan
Secara sederhana penyakit anyang-anyang disebabkan minum air sedikit sehabis pulang dari tempat dengan cuaca panas. Hal tersebut memicu dehidrasi, kekurangan cairan dalam tubuh sehingga timbullah si penyakit anyang-anyang tersebut.

Infeksi
Tapi, anyang-anyang juga muncul disebabkan oleh penyakit lain seperti infeksi saluran kemih, gangguan prostat atau gejala dini penyakit kelamin.

Beda penyakit ayang-ayangan disebabkan dehidrasi dengan penyakit lain seperti penyakit infeksi saluran kemih adalah, jika anyang-anyang akibat dehidrasi, maka durasi penyakitnya hanya satu jam atau sehari besoknya sudah bisa sembuh dengan sendirinya. Tapi jika gejala infeksi saluran kemih, maka bisa berhari-hari tidak sembuh. Jika sudah menunjukkan gejala seperti itu, segeralah periksakan ke dokter. Sebelum penyakit infeksi saluran kemih sobat semakin parah.

Cara mengatasi anyang ayangan paling praktis adalah dengan mengkonsumsi banyak air putih. Selain menyuplai kebutuhan cairan tubuh juga menjaga dehidrasi berkepanjangan. Cara praktis lainnya jangan menahan-nahan buang air kecil. Karena bila ditahan semakin sakit di saluran kemih.

Cara Menyembuhkan Anyang Anyangan

Beberapa hal yang bisa sobat coba untuk mengatasi anyang anyang yang cukup menyiksa ini antara lain:

Menekan jempol kaki
Cara ini memang kurang masuk akal, tetapi terkadang bekerja dengan baik dan efektif menyembuhkan penyakit anyang-ayangan dengan tidak masuk akal pula. Salah satunya dengan memijat dan menekan beberapa titik di kaki, jempol, dan bagian bawah telapak kaki. Cara ini mungkin bagian dari refleksiologi. Bisa jadi titik-titik di kaki, jempol kaki dan bagian bawah telapak kaki terdapat syaraf-syaraf yang terhubung ke saluran kemih yang dapat merangsang syaraf-syaraf di kandung kemih.

Bagi sobat yang ragu, jangan dicoba. Apalagi di beberapa kasus malah ada yang melakukannya dengan ekstrem lewat menjepit jempol kaki dengan mengikatkan karet. Tentu ini berbahaya karena menyumbat aliran darah dan berpotensi diamputasi jika ketika jempol kaki diikat karet sampai pagi, tahu-tahu jempol kaki membiru dan mengalami kematian jaringan karena tidak mendapatkan suplai darah.

Jadi cukup dipijat dan ditekan perlahan beberapa titik kaki, jempol kaki atau telapak kaki. Bisa juga tanyakan ke ahli terapis dan refleksi yang tahu cara pengobatan lewat pemijatan dan sentuhan di beberapa titik tubuh tanpa harus menggunakan obat.

ads by google :

Baca juga: Cara Cepat Menghilangkan Bau Mulut Secara Mudah

Dengarkan gemericik air
Jika anyang anyangan terjadi karena suatu keadaan yang bukan merupakan penyakit, cobalah untuk pergi kekamar mandi saat kandung kemih sobat yang berada di daerah sekitar bawah pusar teraba penuh. Nyalakan keran jangan terlalu keras, suara gemericik air tersebut akan merangsang otak kita untuk berkemih.

Cara Mengobati Anyang-Anyangan Secara Tradisional

Banyak cara tradisional mengobati penyakit ayang-ayangan ini. Berikut bisa menjadi pedoman bagi sobat-sobat sekalian bila berada di kondisi mengalami penyakit anyang-anyangan.

Minum Air jeruk nipis dan gula pasir
Di samping minum air putih banyak-banyak, juga minum air jeruk nipis dan air gula pasir.

Caranya, peras jeruk nipis dan masukkan air perasan jeruk nipis ke dalam air hangat-hangat kuku. Lalu tambahkan gula pasir ke dalam air perasan jeruk nipis secukupnya, lalu diaduk hingga merata. Setalah itu diminum.

Minum air seduhan daun kumis kucing.
Daun kumis kucing dikeringkan lalu diseduh dengan air panas dan dicampur dengan gula jawa. Lalu minum air seduhan daun kumis kucing untuk mengurangi rasa sakit anyang-ayangan.

Minum air hangat yang dicampur dengan air garam

Semoga informasi penyebab penyakit anyang-ayangan dan cara mengatasi anyang anyangan ini bermanfaat bagi sobat-sobat sekalian. Kalau dirasa bermanfaat bantu share ya.

Info menarik yang wajib sobat baca juga:

Cara Mudah Mengatasi Ketombe Secara Cepat

Tips Memutihkan Selangkangan Cepat dan Mudah

Selamat mencoba

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *