Cara Praktis dan Mudah Mengatasi Bau Kaki Menyengat

Cara mengatasi bau kaki yang sering timbul karena pemakaian sepatu yang kurang bersih atau karena sebab yang lain. Selain bau mulut yang harus dihilangkan karena cukup mengganggu, bau kaki memang suatu hal yang menakutkan sekaligus memalukan bagi siapa saja. Terutama bagi sobat yang sering berhadapan dengan banyak orang. Tentunya masalah bau kaki akan sangat mengganggu penampilan dan pandangan orang lain bukan?

Selain mengganggu penampilan, bau kaki yang tidak sedap juga dapat mengganggu orang lain. Coba bayangkan perasaan seseorang yang berada di dekat sobat. Ia pasti akan merasa sangat tidak nyaman dan enggan berada di dekat sobat. Bayangkan bila itu pacar atau gebetan? Waduh, bisa gagal total nih segala proses pendekatan yang telah susah payah dibangun.

cara mengatasi bau kaki

Cara Menghilangkan Bau Kaki

Bau kaki sendiri bisa dikarenakan banyak sebab. Namun bila dilihat secara umum, bau kaki disebabkan karena tubuh mengeluarkan keringat berlebih. Bisa juga karena kaki sobat terserang bakteri dan jamur yang membuatnya menyebarkan bau-bau yang kurang sedap, terutama jika sobat kurang menjaga kebersihan kaki.

Baca juga: Cara Cepat Menghilangkan Bau Mulut Secara Mudah

Lalu, bagaimana cara mengatasi bau kaki yang tidak enak? Simak tips-nya berikut ini!

Menggunakan sabun anti bakteri
Bila sobat tergolong orang yang mengalami bau kaki, maka langkah awal cobalah membersihkan kaki dengan menggunakan sabun anti bakteri. Zaman sekarang banyak sekali jenisnya sabun bakteri di toko-toko. Sabun anti bakteri tersebut nantinya dapat membersihkan bau keringat dan bakteri yang melekat pada kulit sobat.

Menggunakan Deodoran
Deodoran ternyata bukan hanya dapat digunakan untuk mengontrol keringat berlebih pada ketiak saja loh! Deodoran juga bisa membantu menghilangkan bau pada kaki sobat.

Menggunakan air perasan lemon
Bila sobat memiliki jeruk lemon, pakai air perasan lemon untuk merendam kaki yang bau dalam kurun waktu 15 hingga 25 menit. Lakukan secara rutin, 2 atau 3 kali sehari.

Menggunakan baking soda
Baking soda juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau yang tidak sedap pada kaki. Caranya, rendam kaki sobat ke dalam air yang sudah dicampurkan dengan baking soda. Baking soda dapat mengendalikan keringat yang keluar dan menghilangkan bakteri penyebab bau kaki.

Baking soda juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gigi yang kuning agar kembali putih berseri. Penasaran? Baca selengkapnya di Cara Termudah Memutihkan Gigi Kuning Permanen.

Menggunakan obat kumur
Sobat tentu selama ini hanya menggunakan obat kumur untuk menyegarkan mulut saja kan? Tapi siapa sangka kalau obat kumur juga memiliki manfaat lainnya, misalnya saja untuk mengatasi bau kaki. Sama seperti sebelumnya, sobat tinggal merendam kaki dalam air yang telah dicampurkan dengan obat kumur 1 kali sehari. Selain merendam kaki, sobat bisa menggosok kaki dengan kapas yang telah dibasahi dengan obat kumur. Obat kumur bisa mengurangi bau pada kaki.

ads by google :

Menggunakan kopi hitam bubuk
Di rumah tentu sobat memiliki stok kopi bubuk kan? Nah, kopi hitam bubuk ternyata bisa menghilangkan bau kaki loh! Caranya, cukup balurkan kopi hitam ke kaki sobat dengan rata selama 15-20 menit, kemudian bersihkan. Gampang kan?

Menggunakan air teh
Air teh bisa mengatasi bau kaki secara sementara. Tetapi ada pula yang bisa menghilangkan bau kaki secara permanen pada jenis kulit tertentu. Bila sobat ingin mencoba, sobat dapat langsung merendam kaki dalam air teh.

Menggunakan kaos kaki katun
Bila sobat sering beraktivitas menggunakan sepatu, maka usahakan untuk memakai kaos kaki dari bahan katun yang lembut. Seperti yang kita tahu, katun adalah bahan yang paling baik untuk menyerap keringat, sehingga keringat berlebih yang ada pada kaki pun berkurang dan dapat terhindar dari bau yang tidak sedap.

Jaga kebersihan kuku
Periksalah kuku sobat. Masih panjang-panjang dan ada kotorannya? Hii, segera bersihkan ya! Kotoran yang terselip di kuku kaki juga bisa jadi sumber bau loh. Oleh karena itu, rutinlah memotong kuku dan membersihkan hingga ke sela-selanya agar tidak ada kotoran yang tertinggal.

Selipkan tisu dalam sepatu
Nah, tisu atau kertas pengering ini bisa membantu sobat mengatasi bau kaki tiap kali memakai sepatu. Sobat tinggal menyelipkan tisu ke dalam sepatu agar kaki sobat tidak terlalu berkeringat ketika beraktivitas.

Jaga kebersihan sepatu

Tidak dapat dipungkiri, sepatu yang tidak dijaga kebersihannya juga akan menyumbang timbulnya bau kaki. Setidaknya sobat harus mencuci atau membersihkan sepatu satu kali dalam seminggu.

Bagaimana, mudah bukan cara mengatasi bau kaki yang sudah kita berikaan untuk sobat coba lakukan dirumah.

Baca juga:

Cara Mudah Mengatasi Ketombe Secara Cepat

Cara Terbaik Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

Selamat mencoba.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *