Cara Efektif Mengatasi Bayi Rewel

Cara mengatasi bayi rewel karena sakit seperti pilek. Sobat-sobat yang sudah jadi bunda pasti bingung, sedih sekaligus agak panik ya kalau si kecil menangis terus-menerus dan rewel. Tentu Sobat penasaran kenapa si kecil rewel. Berhubung bayi tidak bisa berkomunikasi dan belum bisa mengatakan apakah dia sedang sakit atau ada hal yang menganggunya, maka jalan satu-satunya sebagai reaksi adalah dengan menangis.

Perlu sobat ketahui ya, bulan-bulan pertama bayi lahir memang kerap rewel sebagai reaksi adaptasi pasca lahir dari rahim. Secara normal, bayi dapat tidur dalam 1 hari selama 16 jam dan kadang lebih. Dari 16 jam tersebut, jenis tidur bayi diklasifikasikan ke dalam kondisi mengantuk, gerakan mata cepat, tidur ringan, tidur nyenyak dan tidur sangat pulas.

Namun, bila ketika tidur nyenyak dan pulas tiba-tiba bayi terbangun, kemudian mengangis dan rewelnya terus-menerus patut waspada dan harus diantisipasi apa faktor penyebab sehingga si kecil rewel. Ini penting dan tidak sekadar rewelnya saja. Mengingat kadang si kecil mungkin tengah sakit atau ada gangguan serius lain yang harus cepat ditangani.

cara mengatasi bayi rewel

Cara Mengatasi Bayi Cegukan dan Rewel

Kenapa bayi rewel dan menangis terus?

Kenapa bayi rewel dan menangis terus? Berikut beberapa faktor penyebab kenapa bayi rewel dan terus mengangis. Yuk kenali faktor-faktor apa saja penyebab bayi rewel.

Kurang nyaman
Kadang bayi merasa kepanasan hingga berkeringat, gerah, dan lain waktu kadang merasa kedinginan membutuhkan pakaian tebal. Faktor cuaca dan kondisi lingkungan misalnya pemakaian AC, tinggal di daerah pegunungan otomatis bayi butuh selimut dan pakaian yang tebal agar nyaman. Atau bila gerah dan tinggal di daerah pantai atau daratan rendah maka bayi butuh ruang dan pakaian tipis, tidak perlu tebal.

Ruam popok, bisul atau gatal-gatal
Bisa jadi rewel akibat ruam popok. Maka ganti popok yang basah dan keringkan ruamnya agar bayi merasa nyaman. Bila ada bisul dan gatal-gatal, beri obat khusus bisul dan gatal-gatal agar bayi tidak terganggu.

Bayi merasa lapar
Mungkin bayi haus dan lapar. Maka harus diberi ASI atau makanan lain yang cocok untuk bayi.

Banyaknya gas dan asam di perut bayi.
Terlalu banyak gas yang ada dalam perut bayi, akan membuat bayi kembung. Hal ini bisa juga menjadi hal yang membuat bayi menjadi rewel. Selain membuatv perut bayi menjadi kembung, terlalu banyak gas pada perut bayi ini juga akan membuat bayi menjadi cegukan. Tips mudah yaang bisa bunda lakukan jika bayi bunda mengalami cegukan bisa bunda baca di Cara Mudah dan Aman Mengatasi Cegukan Pada Bayi.

Selain mengakibatkan cegukan tadi, kita sudah ketahui pula bahwa terlalu banyak gas akan membuat bayi menjadi kembung. Untuk mengatasi kembvung ini, bunda juga dapat menggunakan cara yang aman, baca di Cara Aman dan Mudah Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Bayi sedang sakit
Mungkin bayi sedang demam, pilek, diare atau terkena penyakit semisal ruam, gatal-gatal dan cacar. Segera obati atau bawa ke dokter. Bunda juga dapat melakukan beberapa tips untuk mengatasi ruam popok pada bayi sebelum membawa bayi bunda ke dokter. Baca di Cara Alami dan Aman Mengatasi Ruam Popok pada Bayi

Cara Mengatasi Bayi Rewel di Malam Hari

Bagaimana cara mengatasi bayi yang rewel? Berikut cara mudahnya:

ads by google :

Segera ganti popok
Jika popok bayi basah, kotor atau lembab hingga membuatnya tidak nyaman, maka segera ganti dengan yang kering dan nyaman. Kemudian beri pakaian yang longgar dan kering agar bayi merasa lapang dan nyaman.

Beri sentuhan dan pelukan hangat
Bayi akan merasa aman dan nyaman dengan sentuhan dan pelukan sayang orangtua. Tambahkan nyanyian atau tembang agar bayi kian merasa nyaman dalam pelukan bundanya sambil menepuk punggung bayi dengan lembut dan mengelus kepalanya.

Periksa posisi tidur bayi.
Mungkin ada bagian tubuh yang tertimpa seperti tangan, jari-jari atau bisa juga kadang testis (torsio, orkitis) yang terjepit akibat pakaian bayi sengat ketat.

Segera berikan ASI atau MAPASI
Beri ASI atau makanan lainnya yang sesui dengan kondisi bayi, mungkin bayi terbangun disebabkan ras alapar dan haus.

Gendong bayi
Bawa dan gendong sambil jalan-jalan keluar rumah, mungkin si kecil akan tenang dan berhenti rewel setelah berada di tempat yang lebih tenang dan lapang.

Periksa Ruam pada kulit bayi
Periksa ruam, gatal-gatal dan penyakit kulit lainnya yang menganggu kenyamanan bayi. Beri obat dan oleskan obat yang sesuai. Kemudian tenangkan bayi hingga rasa sakit dan gatal-gatal kulit mereda dan bayi bisa tidur dengan nyaman.

Sediakan obat untuk pertolongan pertama
Sediakan obat-obatan cukup yang terlebih dahulu sudah dikonsultasikan dengan dokter ahli seperti obat ruam bayi, gatal-gatal, pilek, demam maupun diari. Jangan menunggu bayi sakit dan rewel, barulah di situ mencari obat untuk si kecil. Bisa dibayangkan bila kondisinya di tengah malam dan jauh dari pusat kesehatan.

Perhatikan keadaan bayi
Perhatikan hal-hal kecil yang ada di sekitar bayi seperti baju, posisi tidur, posisi digendong, kerah baju, bahan baju, topi bayi, sarung tangan bayi atau kasu kaki bayi. Mungkin salah satu di antaranya ukurannya kekecilan atau terbuat dari bahan yang tidak nyaman dipakai bayi.

Konsultasikan dengan tenaga kesehatan
Bila bayi mengalami gangguan perut seperti sembelit, kembung dan muntah, segera periksa ke dokter terdekat. Bila tidak, manfaatkan obat-obatan yang sudah tersedia seperti mengoleskan dan memijat bagian perut bayi dengan minyak telon agar hangat dan mengurangi kembung.

Mudah bukan cara mengatasi bayi rewel dan susah tidur.

Baca juga:

Tips Perawatan Tubuh Setelah Melahirkan yang Benar

Cara Alami dan Aman Mengatasi Diare pada Bayi

Selamat mencoba.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *