Cara Mudah Mengatasi Bayi Susah Makan

Cara mengatasi bayi susah makan dan minum susu, cara meningkatkan nafsu makan bayi dan sebagai penambah daya tahan tubuh bayi. Kalau bayi tiba-tiba susah makan, pasti repot ya sobat. Selain repot, juga cemas dan khawatir kalau-kalau nanti si kecil sakit. Jangan panik ya sobat, untuk bayi yang sudah mulai mengkonsumsi makanan lain selain ASI, ada beberapa tips supaya bayi kembali semangat untuk makan.

Cara Mengatasi Bayi Susah Makan

Beberapa tips yang bisa bunda lakukan untuk mengatasi jika bayi bunda susah sekali untuk makan, baca sampai selesai ya.

cara mengatasi bayi susah makan

Berikan makanan tambahan
Kalau bayi sudah berumur 6 bulan dan mulai mengkonsumsi makanan lembut seperti bubur Promina, maka bisa dicoba dengan bubur nasi buatan sendiri. Caranya, masaklah bubur sebanyak segenggam beras sampai benar-benar lembut. Lalu masukkanlah sepotong daging ayam, sayur mayur (seperti kol, buncis, seledri, tomat). Rebus menjadi satu bersama beras sampai benar-benar empuk lalu diulek atau diblender sampai benar-benar lembut. Lalu siap disajikan untuk si kecil. Karena makanan untuk bayi, jangan campurkan bahan-bahan lain seperti perasa makanan, vetsin, gula dan pewarna. Cukup bahan-bahan yang alami saja.

Buat vairasi makanan
Buat variasi makanan untuk si kecil. Misalnya hari ini bubur nasi campur kentang, besok bubur nasi campur tomat, besok lagi bubur campur sayur mayur. Supaya lebih harum dan menarik, bisa ditambahkan bawang goreng sedikit ya sobat.

Berikan demo contoh saat makan
Bunda bisa juga mencontohkan makan bubur tersebut. Misalnya mencicipi dan menunjukkan mimik wajah bahwa makanan tersebut lezat atau gumam ‘Mmmm’ yang menandakan makanan enak agar si kecil tertarik untuk meniru ikut makan.

Berikan makan dalam porsi sedikit
Beri porsi secara sedikit demi sedikit. Cara ini agar anak mudah mengunyah dan menelan. Bila langsung dihadapkan porsi besar, bisa-bisa si kecil malas makan. Terlebih bagi bayi yang sedang sakit, demam, pilek, batuk. Karena bila si kecil sakit biasanya muut terasa pahit dan enggan makan. Maka suapi dalam porsi sedikit demi sedikit.

Aneka Kesalahan Saat Memberi Makan Bayi

Sebagai ayah dan bunda yang masih baru, tentu sobat begitu semangat memberi makan si kecil ya. Ingat ya, untuk bayi di bawah umur 6 bulan, jangan diberi sumber nutrisi lain kecuali hanya ASI. Ada beberapa kesalahan orangtua dalam memberi makan untuk si kecil. Berikut kesalahan yang patut dihindari.

Memberi makanan padat terlalu dini.
Ini sering terjadi di mana di umur di bawah 6 bulan sudah diberi bubur nasi atau kerokan pisang dan papaya. Ini tidak baik bagi bayi karena bisa menyebabkan gangguan usus tersumbat atau melintir.

Memberi susu tidak tepat
Susu untuk bayi harus tepat karena bayi dalam masa pertumbuhan dan organ tubuh butuh nutrisi. Bagi bayi yang diberi susu formula, harus diperhatikan bila bayi masih di bawah umur 6 bulan, maka diberi susu pemula atau dikenal starting formula karena masih baru lahir. Selanjutnya diteruskan dengan susu formula lanjutan atau dikenal follow up formula. Pemberian susu baik pemula untuk bayi di bawah umur 6 bulan maupun lanjutan, difokuskan kepada anak-anak yang tidak bisa mendapatkan ASI dari bundanya karena disebabkan tidak keluar ASI atau terkena penyakit lain. Jika tidak, usahakan tetap memberi ASI dan jangan cepat menyapihnya karena ASI merupakan sumber nutrisi terbaik bayi.

Memberi banyak vitamin

cara mengatasi bayi susah makanKarena tidak sabar anaknya ingin tumbuh cepat, makan banyak dan sehat, maka banyak bunda yang memberikan beraneka ragam vitamin. Jangan ya bunda, karena yang terbaik adalah makanan ASI, makanan padat seperti bubur nasi bagi bayi umur 6 bulan ke atas. Vitamin hanya sebagai pelengkap dan tidak perlu banyak-banyak. Bahkan jika vitamin yang diberikan terlalu banyak dan tanpa pengawasan dari tenaga kesehatan, dikhawatirkan akan membahayakan kondisi kesehatan si kecil.

ads by google :

Memberi bayi telur mentah
Meskipun diberikan kepada bayi umur di atas 6 bulan, telur mentah tetap berbahaya karena rentan mengandung bakteri dan tidak bisa dijamin bersih atau tidak. Kalau sobat sayang anak, maka jangan beri telur mentah, tetapi rebus dulu telur sampai matang baru diberikan kepada si kecil.

Menu makanan tidak seimbang
Berikanlah makanan kepada bayi secara seimbang, terlebih bagi bayi di atas 6 bulan. Selain ASI, bubur, juga berikan menu lain seperti buah, sayur mayur agar pertumbuhan si kecil komplit dan seimbang pula. Jangan ASI melulu atau bubur melulu ya.

Cara Mengatasi Bayi Susah Makan Dan Minum Susu

Bagaimana pula bila si kecil susah makan dan juga tidak mau minum ASI? Berikut tips-tips agar si kecil mau makan dan minum ASI.

Buat suasana nyaman dan menyenangkan.
Ajak si kecil aktif, bercanda dan suasana yang membuatnya mudah dan mau disuapi makanan.

Berikan tambahan minum susu
Sertakan minum susu baik ASI, susu formula atau susu biasa bagi bayi di atas 1 tahun. Susu berfungsi menutup kekurangan semua suplai baik karbohidrat, protein dan cairan. Untuk memilih susu formula yang baik tidak harus mahal, beberapa tips berikut ini akan bermanfaat bagi bunda untuk memilih susu formula yang terbaik untuk bayi bunda. Baca Tips Mudah Memilih Susu Formula Terbaik

Berikan makanan kesukaan bayi
Jika masih susah makan dan tidak mau minum ASI, Berikanlah makanan kesukaannya. Biasanya bayi umur 6 tahun ke atas atau 12 tahun ke atas suka makanan tertentu seperti roti, kue, cream soup tomat, macaroni, kentang rebus dan makanan lainnya serta buah dan jus buah. Berilah makanan dan minuman tersebut. Tapi ingat, harus sehat, bersih dan cocok untuk si kecil ya.

Sajikan makanan selagi hangat
Sajikan makanan dalam keadaan hangat-hangat. Selain aromanya masih fresh from the oven, juga meningkatkan selera makan anak.

Hindari makanan berbau menyengat
Jangan beri makanan dengan bumbu berbau menyengat dan mengandung banyak lemak. Karena tubuh bayi masih dalam proses pertumbuhan, maka sangat rentan bila diberi makanan berbumbu dan berlemak. Yang dinomorsatukan adalah makanan kaya karbohidrat, protein, dan vitamin. Bukan perkara enak karena bumbu atau lemak. Selain itu makanan bermbumbu memicu ganguan lambung seperti diare, rasa mual dan bisa juga penyebab muntah karena baunya menyengat.

Demikian tadi beberapa tips cara mengatasi bayi susah makan. Tetap ingat ya bun, hanya berikan makanan pendamping ASI setelah bayi bunda berusia 6 bulan. ASI saja sudah cukup untuk memberikan suplai gizi pada bayi bunda sejak usia 0 – 6 bulan.

Baca juga:

Tips Perawatan Tubuh Setelah Melahirkan yang Benar

Cara Alami dan Aman Mengatasi Diare pada Bayi

Selamat membaca, jangan lupa di share ya.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *