11 Cara Mengatasi Bibir Pecah Pecah Alami dan Ampuh

Bibir yang kering memang menyebalkan. Karena tidak jarang bibir kering ini adalah awal penyebab terjadina bibir pecah pecah. Beberapa cara mengatasi bibir pecah pecah ini pernah saya buktikan dan ternyata berhasil untuk sekadar menolong masalah bibir pecah pecah.

Bibir merupakan salah satu bagian tubuh yang menjadi daya tarik setiap insan. Lantas apa jadinya bila bibir sobat kering, kusam, dan pecah-pecah? Sobat pasti pernah mengalaminya? Rasanya sangat memalukan.

Pasti sebagian besar orang di sekeliling sobat akan mengira bahwa sobat sedang sakit atau tidak enak badan. Bahkan ada juga yang langsung menganggap sobat bukan seseorang yang menjaga penampilan dengan baik. Waduh, tentunya tidak mau kan kehilangan daya tarik di depan lawan jenis?

cara mengatasi bibir pecah pecah

Bibir pecah-pecah sendiri bisa disebabkan karena berbagai hal. Misalnya saja terlalu sering terpapar sinar matahari hingga membuat bibir kehilangan warna aslinya dan menjadi kering. Bisa juga karena udara yang terlalu dingin atau terlalu kering yang menyebabkan bibir kering hingga pecah-pecah. Satu lagi kebiasaan buruk penyebab bibir pecah-pecah. Hayo ngaku, sobat pasti dalam sehari sudah menjilat bibir sendiri lebih dari sekali. Ya kan? Menjilati bibir sendiri juga menjadi alasan mengapa bibir sobat kering.

Bila bibir mulai kering, tangan sobat pasti tergerak untuk mengelupas secara paksa kulit bibir sobat sendiri. Nah, kalau sudah seperti itu nantinya bibir indah sobat malah berdarah dan menjadi tidak sedap dipandang.

Cara Mengobati Gigi Kering dan Mengelupas

Lalu sebenarnya bagaimana sih cara agar bibir lebih lembab dan merona? Setidaknya lakukan beberapa tips berikut ini!

1. Penuhi nutrisi untuk tubuh
Kekurangan nutrisi dalam tubuh juga bisa menjadi penyebab utama bibir kering dan pecah-pecah. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang bergizi dan mengandung banyak vitamin. Sayur dan buah merupakan pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian sobat.

2. Stop menjilati bibir!
Berhentilah menjilat bibir sendiri. Lebih baik sobat menjilat permen atau es krim. Hehehe… Penjelasan logisnya, air liur bisa menguap secara cepat dan menimbulkan kesan bibir kering bahkan bisa semakin membuat parah bibir yang sudah pecah-pecah.

3. Perbanyak minum air putih

cara mengatasi bibir pecah pecah625Bila tubuh sobat dehidrasi alias kekurangan cairan, maka otomatis bibir sobat akan lebih mudah kering dan pecah-pecah. Oleh sebab itu, usahakan untuk tetap menyempatkan diri minum air putih kapan saja dan di mana saja.

Setidaknya dalam satu hari, sobat harus minum minimal 1,5 liter atau sekitar 8 gelas. Selain mencegah bibir kering dan pecah pecah, minum cukup air ini juga akan menjaga kesehatan tubuh sobat.

4. Stop menggigit bibir!
Kebiasaan satu ini memang cukup aneh dan sebenarnya tidak membawa manfaat apa-apa. Bahkan, menggigit bibir sendiri hanya akan merusak lapisan yang melindungi bibir dan membuat kulit bibir lebih mudah terluka. Masih mau menggigit bibir sendiri?

5. Berhati-hati dalam memilih lipstik
Lipstik memang menjadi barang wajib bagi tiap wanita untuk menunjang penampilannya. Tapi sobat wajib selektif dalam urusan lipstik. Salah pilih malah mengakibatkan bibir menghitam dan pecah-pecah.

ads by google :

6. Kurangi bernapas lewat mulut
Bernapas memang sewajarnya melalui hidung dan dengan bibir yang terkatup. Bernapas dengan mulut cuma membuat bibir sobat lebih mudah kering dan pecah-pecah.

Cara Mengatasi Bibir Pecah Pecah Secara Alami

Bila bibir sobat terlanjur kering, pecah-pecah, dan tidak sedap dipandang, jangan khawatir! Kami memiliki beberapa resep untuk mengobati bibir pecah-pecah. Berikut ini cara alami untuk mengatasi bibir pecah-pecah:

1. Madu

cara mengatasi bibir pecah pecah213Sobat pasti kenal betul dengan madu yang memiliki banyak kegunaan ini. Madu dapat digunakan untuk mengobati bibir pecah-pecah hanya dengan mengoleskannya secara rutin pada bibir sebanyak 3 kali sehari. Usahkan menggunakan madu yang memang murni tanpa campuran apapun ya!

Selain sebagai pilihan mengatasi bibir pecah pecah, madu ini juga bisa sobat jadikan plihan untuk menghilangkan bekas jerawat. Baca selengkapnya di Cara Menghilangkan Lubang Bekas Jerawat Secara alami

2. Timun
Gosok timun pada bibir sobat dengan lembut untuk melembabkan bibir. Diamkan 20 menit, kemudian basuh bibir sobat menggunakan air hangat.

3. Kelopak bunga mawar
Kelopak bunga mawar bukan hanya bermanfaat untuk melembabkan bibir, tetapi juga dapat digunakan untuk mengembalikan warna asli dari bibir sobat. Wah, asyik ya? Mudah sekali, sobat tinggal merendam kelopak mawar ke dalam susu dalam kurun waktu beberapa jam. Kemudian haluskan kelopak mawar tersebut sampai jadi pasta. Oleskan pasta kelopak mawar itu ke bibir sobat tiap malam sebelum tidur.

4. Gula
Campur 1 sendok teh gula bersama 1 sendok teh madu, aduk sampai menyerupai pasta. Kemudian oleskan pasta gula dan madu ini ke bibir sobat. Diamkan 5 menit, lalu gosok bibir dengan jari. Ingat, menggosoknya pelan-pelan saja ya. Pasta ini efektif untuk mengangkat kulit mati pada bibir.

5. Wortel
Pernah lihat wortel? Jenis sayura warna orange ini selain enak dibuat sebagai sayur, juga enak dibuat minuman segar seperti jus. Wortel ini mengandung cukup banyak vitamin A yang mana kita tahu sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan mata. Namun selain untuk mata, wortel ini juga sangat bermanfaat untuk mengatasi bibir kering dan pecah pecah.

Itu tadi beberapa tips mengatasi bibir pecah pecah yang bisa sobat coba sendiri dirumah. Kalau menggunakan cara alami lebih aman dan murah kenapa tidak.

Baca juga:

Cara Praktis Mengatasi Bibir Kering Secara Alami

Cara Termudah Memutihkan Gigi Kuning Permanen

Cara Mengobati Sariawan Alami Tanpa Obat

Selamat mencoba

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *