Cara Mudah dan Aman Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Cara mengatasi cegukan pada bayi secara aman dan mudah. Sobat-sobat yang sudah menjadi ayah dan bunda tentu sangat cemas dan khawatir bila si kecil sakit. Apalagi bila bayi mengeluarkan suara aneh berulang-ulang seperti cegukan. Sebenarnya cegukan terjadi disebabkan kedutan yang berasal dari difragma yang terjadi berulang-ulang tanpa bisa dikontrol. Kontraksi yang terjadi di diafragma mengakibatkan pita suara tertutup dan menghlangi suplai udara ke paru-paru.

Penyebab Cegukan Pada Bayi

Penyebab cegukan lainnya adalah akibat bayi tertawa di saat makan dan minum. Antara menelan makanan dan air disertai senda gurau yang membuat bayi tertawa bisa membuat si bayi cegukan. Sobat jangan khawatir, cegukan merupakan hal normal dan biasanya sembuh sendiri dalam beberapa menit. Tanggapi cegukan bayi dengan tepat yaitu mengistirahatkan bayi dan jangan menjahilinya ketika tengah makan, minum atau tengah menyusui ASI. Karena acapkali rasa kasih sayang ditunjukkan dengan mengajak si bayi aktif bercanda. Tapi di saat makan dan minum, biarkan si bayi kenyang dulu dan jangan diganggu ya.

Mengatasi Cegukan Pada Bayi Secara Alami

Meskipun hal normal, tapi cegukan patut ditangani dengan baik ya sobat. Bagi sobat yang sudah menyandang status ayah dan bunda harus tahu pasti apa yang harus dilakukan ketika si buah hati cegukan. Jangan nunggu sampai sembuh sendiri. Jadi ayah dan bunda yang smart dan siaga yuk dengan menerapkan kiat-kiat mengatasi cegukan bayi secara alami berikut:

  1. Mengistirahatkan bayi.
    Jangan diajak aktif dulu. Terutama sobat yang baru-baru punya anak pertama nih, jangan terlalu semangat ya kalau si kecil lagi cegukan. Beri waktu si kecil istirahat sampai cegukan sembuh. Setelah sembuh baru diajak bermain lagi.
  2. Berikan minuman hangat seperti susu atau air putih.
    Biasanya setelah diberi minuman air hangat dan susu cegukan akan hilang dalam 5 -10 menit menit kemudian. Tapi bagi bayi yang masih di bawah 3 bulan, cukup dengan mengistirahatkannya saja.
  3. Beri porsi makan bayi dalam jumlah kecil. Jangan beri porsi besar ya. Sedikit saja porsinya asal kontinu atau sering agar pertumbuhan si kecil lancar dan tidak terkena cegukan.
  4. Bila lubang dot bayi besar, ganti dengan lubang yang kecil. Kenapa? karena bila lubang dot kecil otomatis udara yang ditelan ketika menghisap akan sedikit. Tapi bila lubang dot besar maka udara yang terhisap besar, dan ini membuat lambung renggang dan menggangu diafragma sehingga menimbulkan cegukan.
  5. Menepuk dan memijat punggung bayi dengan lembut. Baringkan bayi bunda di pangkuan atau letakkan bayi punda dipundak. Tepuk-tepuk secara perlahan sampai cegukan berhenti

cara mengatasi cegukan pada bayi

Menghilangkan Cegukan Pada Bayi 1 Bulan

Untuk bayi yang masih berumur 1 bulan, tentu berbeda penanganannya dengan bayi yang sudah berumur 3 bulan ke atas ya. Bayi umur 1 bulan biasanya masih sensitif dan sobat harus ekstra hati-hati. Jika si kecil sudah cegukan di saat umur 1 bulan atau di bawah 3 bulan, maka sebaiknya sobat mengatasinya dengan cara-cara berikut:

  1. Atur posisi menyusui si kecil dengan benar.
    Aturan menyusui si kecil yang benar adalah posisi area puting dan areola masuk ke dalam mulut si bayi, posisi bayi dalam garis lurus dengan posisi lengan bayi. Sementara posisi perut bayi dalam posisi berhadapan dengan perut bundanya.
  2. Berikan ASI kepada bayi dalam kondisi tenang dan bila si bayi terlihat terlalu semangat, usahakan tenang agar udara yang masuk ke diafragma saat menghisap tidak banyak. Hentikan sementara kegiatan menyusuinya agar si kecil tidak cegukan nantinya. Atau bila tidak, pastikan si kecil menyusui secara pelan-pelan.
  3. Lihat posisi menyusui bayi, mungkin ada yang salah dari biasanya hingga bayi cegukan. Bagi bunda yang masih baru, bisa ditanyakan kepada dokter, orang terdekat seperti ibu, kakak dan kelauarga yang sudah berpengalaman mengasuh bayi.

Demikian tadi beberapa tips cara mengatasi cegukan pada bayi yang bisa bunda lakukan saat bayi bunda mengalami cegukan setelah bayi diberikan asi atau susu formula.

Baca juga:

1. Cara Mudah dan Aman Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Selamat mencoba.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *