Cara Mengatasi Global Warming, Solusi Termudah dan Termurah

Sekarang kita akan membahas tentang global warming. Apa sih global warming itu? Apa penyebabnya? Apa akibatnya? Bagaimana dampak bagi kami para generasi bangsa? Dan bagaimana cara mengatasi global warming ini. Jawaban yang sungguh sederhana global warming adalah pemanasan terhadap bumi.

Cara Mengatasi Pemanasan Global

Ih apa sih maksud dari pemanasan bumi? Bumi kita kan nggak dibakarr. Jadi maksudnya itu bumi kita terdiri banyak gas dan salah satunya adalah co2 atau karbon dioksida. Co2 sendiri sendiri sebenarnya bisa diolah oleh pohon dandiganti menjadi oksigen untuk kita para manusia hidup. Tetapi dengan kondisi pohon itu harus terus menerus ditebang untuk pembuatan kertas, pembuatan jalan baru serta tissue dan lain lain membuat pohon semakin sedikit dan bayak sekali dampaknya bagi kita.

cara mengatasi global warming

Apa efeknya bagi hidup kita? Tentu saja sangat banyak sekalii! Liat sekarang musin hujan sungguh sebentar dan musim kemarau yang berkepanjangan? Serta banyak sekali terjadi tanah longsor saat hujan. Dan kenaikan level air pada laut.

Mengapa semua itu terjadi? Yukk mari disimak dengan baik. Adanya kemarau berkepanjangan dikarenakan iklim yang tak menentu dan karena banyaknya pohon yang ditebang. Penebangan pohon secara liar ini akan berakibat pada proses penyerapan air, air tidak bisa meresap kedalam tanah karena tidak adanya pohon yang menahan laju air, melainkan langsung turun dan mengakibatkan tanah longsor sehingga sangat merugikan.

Serta dikarenakan suhu bumi meningkat maka es didaerah kutub utara dan selatan perlahan lahan mulai mencair. Ketika es mencair maka airnya akan berada dilaut dan mengakibatkan kenaikan level air laut dan air laut tidak dapat melaksanakan siklusnya dengan sempurna karena akibat dari panas bumi

Wah bahaya ya guys efek global warming pada hidup kita. ntar kalau air lautnya tambah banyak nanti pulau yang kita huni tenggelam. Kalau longsor rumah rusak dan banyak yang meninggal, kalau iklim berubah dan tak menentu nanti hasil panen petani gagal dan kita tidak dapat makan nasi. Yuk mari kita atasi global warming.

Solusi Cara Mengatasi Global Warming

Berikut ini adalah beberapa hal termudah yang dapat sahabat lakukan sebagai langkah awal dari cara mengatasi global warming:

1. Hemat energi

cara mengatasi global warmingPertama tama kita tak harus mengadakan kampanye besar besaran untuk menghentikan global warming. Mari kita mulai dengan diri kita sendiri. Start from the little things to make it bigger! Mari kita irit listrik dan tisu serta kertas dan juga tidak membuang bensin (mengurangi kendaraan bermotor).

Kenapa irit listrik? Kan enak pakai AC seharian. Memang enak pakai AC seharian serta nyalain lampu agar terang, juga nyalain TV serta semua hal yang dilakukan dengan listrik. Tetapi apakah kalian tahu bahwa listrik kita dibuat dari bahan bakar fosil yaitu batu bara dan minyak bumi. Butuh ratusan tahun guys untuk membuat semua itu! Kalau kita habiskan sekarang bagaimana anak cucu kita kedepannya?

Nah bagaimana dengan penggunaan tissu dan kertas? Pasti aneh kalau sekarang kita nggak boleh pakai tissue dan kertas, padahal itu kebutuhan pokok kita kan. Bukan tidak menggunakan, tap ngirit guys! Kertas kita bisa gunakan yang daur ulang serta tissue gunakan seperlunya jangan boros boros agar pohon kita aman dan longlast ama kita.

2. Go green, rajin tanam pohon

Lalu mari kita Go Green!  Dengan menanam pohon disekitar kita seperti rumah dan kantor serta sekolah, kan adem gitu ilihat hijau hijau adem dimata serta sejuk dihati.

3. Gunakan energi alternatif

ads by google :

Nah buat pemerintah dan yang kita bisa usahain agar pemerintah mendukung wacana rakyat kita bisa lakukan dengan meminta mengganti energy alternative. Seperti pembangkit listrik tenaga air dan angin serta matahari.

Serta beberapa hal lainnya yaitu dengan mengganti pengunaan BBM dengan mobil bertenaga biogas dan solar system. Sangat membantu bukan? Sebagai kaum penerus bangsa dan penghuni bumi tent kita harus menjaga bumi agar tetap indah dan lestari.

4. Kurangi sampah plastik

Hal lainnya yaitu kita juga harus mengurangi penggunaan plastic. Plastic butuh puluhan tahun untuk hancur dan ter-regredasi. Jadi kita bisa mneggunakan tas belanja dari pada menggunakan plastic dan kita juga dapat menggunakan botol air yag bukan sekali pakai serta melaksanakan 3R yaitu Reduce, reuse, dan Recycle. Mengurangi, menggunakan ulang dan mendaur ulang.

Contoh aja deh ya, botol air minum plastic. Kita dapat mengurangi dengan membawa botol minum sendiri, menggunakan ulang dengan mengubahnya menjadi hiasan atau tempat menaruh peralatan tulis. Bisa juga recycle dengan menaruhnya ditempat daur ulang sehingga kita tidak perlu membuat plastic baru melainkan mengolahnya menjadi ber sih dan baru lagi.

5. Cabut stop kontak yang tidak digunakan

Jangan terlalu sering membiarkan stop kontak tak terpakai dibiarkan nyala. Walaupun kita sedang tidak menggunakannya, namun aliran listrik tetap saja mengalir. Sayangkan energi listriknya terbuang sia sia. So, mulai sekarang cabut semua stop kontak dan juga alat alat elektronik yang sedang tidak digunakan.

Mau tahu seperti apa sih global warming ni bisa terjadi? Simak video animasi berikut sampai pol.

Itu aja deh tips buat nyelamatin bumi kita. Jangan biarkan bumi kita menangis dan anak cucu kita kekurangan oksigen kedepannya. Let’s save our earth from the little things to do.

Masih punya ide lain tentang bagaimana cara mengatasi global warming? Share yuk.

Baca juga:

Cara Mengatasi Insomnia Berat Alami Tanpa Obat

Cara Menjaga Mata Sehat Bebas Minus Didepan Laptop

Semoga informasi diatas bermanfaat, selamat membaca.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *