Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi Mudah dan Aman

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi secara alami, aman dan juga mudah. Momen kehadiran buah hati sangat dinantikan oleh para ayah dan bunda, terlebih bagi pasangan muda yang baru menikah. Kehadiran si buah hati menambah semarak rumah tangga, membuat suasana semakin hidup dan kebahagiaan terasa komplet.

Tapi, bagi sobat-sobat sekalian yang sudah menjadi ayah dan bunda, pasti akan khawatir jika si buah hati tiba-tiba sakit. Salah satunya adalah bila si bayi mengalami hidung tersumbat.

cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Karena Flu

Kenali gejala-gejala awal bayi yang mengalami hidung tersumbat. Seperti bayi kesulitan tidur, rewel, dan terlihat kesulitan bernafas. Kemudian hidung bayi biasanya tampak berlendir atau beringus. Di antara sobat yang sudah menjadi Bunda harus tahu cara tepat mengatasi hidung bayi yang tersumbat. Di antara dengan cara berikut:

Hangatkan tubuh bayi

Beri kehangatan kepada bayi baik dengan didekap dengan kasih sayang, diberi selimut, menggendongnya di luar sekitar rumah agar terkena sinar matahari pagi dan bisa juga dengan memandikannya dengan air hangat. Di samping itu, matikan AC, kipas angin serta oleskan minyak telon disertai pijatan lembut di perut bayi, punggungnya serta dada.

Penguapan secara alami

Cara ini juga dikenal dengan Inhalasi atau juga dikenal terapi uap dengan memberikan uap dari air panas yang terlebih dahulu ditetesi minyak telon. Bisa juga dengan magiccom, biarkan bayi menghirup uang hangat yang keluar dari magic com. Menghirup uap dari air hangat tersebut membantu bayi melegakan hidung yang sedang tersumbat. Caranya, atur posisi bayi telungkup sedemikian rupa dengan menggendongnya erat-erat dan dekatkan hidungnya ke arah uap yang keluar. Cara ini harus ekstra hati-hati

Pijat lembut hidung bayi

Pijat secara lembut tepat di hidung bagian atas bayi dengan sedikit olesan minyak telon. Cara tersebut membantu mengeluarkan lender dalam hidung yang menghalangi pernafasan. Pijatan tersebut usahakan dilengkapi sapu tangan lembut dan cotton bud lembab. Ingat, hati-hati dan harus benar-benar dengan cara lembut.

Mengatur posisi tidur bayi.

Cara ini juga membantu melegakan sistem pernafasan bayi yang sedang tersumbat. Miringkan posisi badan bayi ke kiri jika hidung yang tersumbat adalah hidung sebelah kanan dan sebaliknya miringkan posisi tidur bayi ke kanan jika hidung kiri bayi tersumbat.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Selain cara-cara di atas, masih ada 6 cara lain tapi 6 cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi tersebut harus benar-benar didampingi atau dikonsultasikan dengan orang yang sudah berpengalaman untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Yaitu:

Menyedot cairan lendir (ingus)

Cara ini bisa dilakukan dengan alat khsus penyedot ingus bayi yang banyak tersedia di apotek seperti Chicco, Pigeon dan Dreambaby. Tapi, penggunaan alat-alat tersebut harus hati-hati mengingat kulit bayi masih sangat sensitif dan rentan iritasi.

ads by google :

Teteskan NaCl ke hidung bayi

NaCl juga dikenal larutan garam murni atau bisa juga menggunakan obat tetes NaCl fisiologis 0,9% (20 ml) yang banyak tersedia di apotek misalnya Breathy. Obat tets tersebut teteskan pelan-pelan ke dalam hidung bayi agar selaput dalam pernafasan semakin lembut, mengatasi sumbatan pada hidung dan membuat ingus lebih encer.

Bila cara ini sudah kelihatan hasilnya, dipadukan dengan cara nomor 1 yaitu menyedot ingus bayi agar hidung tidak lagi tersumbat.

Gunakan balsam pelega dan minyak kayu putih

Gunakan balsam pelega pernafasan khusus bayi seperti Transpulmin dan oleskan di bagian dada bayi, leher dan punggung. Pijat dengan lembut hingga bayi merasa hangat dan membantu mengatasi hidung tersumbat.

Manfaatkan bahan alami

Untuk bayi umur sekitar 7 bulan, bisa dengan memanfaatkan kencur, diparut dan diambil sarinya dan diminumkan untuk si bayi dengan dosis 1 sendok teh. Atau untuk pilek dengan kunyit. Ini juga berlaku untuk batuk.

Usahakan jauhi obat antibiotik

Bagi bayi usia 1-4 tahun, sering sakit, batuk, pilek, radang dan lain-lain sebenarnya tubuh bayi dalam proses membangun sistem antibody. Jadi, bagi sobat yang sudah menjadi ayah dan bunda, jangan kaget. Terapkan pengobatan alami dan jangan bergantung obat antibiotic. Memang hasil obat antibiotik lebih cepat, tetapi ingat, kasihan bayi terutama organ-organ dalam seperti ginjal harus memproses obat berat.

Coba terapkan gaya hidup sehat dengan memberikan makanan sehat dan bergizi. Bagi bayi yang masih menyusui, berarti bundanya harus konsumsi makanan sehat dan bergizi agar bayinya sehat, bukan fastfood, junkfood dan sejenisnya.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi 1 Tahun

Untuk bayi umur 0 sampai 2 tahun, hal wajar bila kerap terjangkit flu, pilek, alergi, demam, iritasi. Bahkan pada tahun pertama bayi bisa saja terkena flu 4 sampai 10 kali dalam satu tahun. Sobat sekalian sebagai ayah dan bunda jangan khawatir, tetapi juga harus sigap bila si kecil sakit ya.

Bayi umur 1 tahun ke atas yang juga mengalami hidung tersumbat atau mampet bisa menerapkan cara-cara disebutkan di atas. Namun, bila terdapat gejala hidung tersumbat disertai demam, batuk tanpa henti terus-menerus, dan warna ingus kuning agak kehijauan, maka disarankan ke dokter anak segera.

Itu tadi beberapa tips cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi dengan menggunakan beberapa cara alami.

Baca juga:

Cara Mudah dan Aman Mengatasi Cegukan pada Bayi

Kalau bunda punya pengalaman lain seputar sikecil, silakan tinggalkan dikomentar untuk berbagi pengetahuan dengan yang lain. Salam sehat.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *