7 Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat

Pernah mengalami hidung tersumbat? Berikut ini akan kita bahas bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat ini dengan cara mudah dan lebih cepat sembuh.

Sobat pasti pernah flu dan mengalami hidung tersumbat kan? Bagaimana rasanya? Pasti tidak enak. Hidung serasa buntu dan tidak mampu mencium bau apapun. Jangankan untuk mencium, terkadang indra pengecap kita juga ikutan terganggu karena secara otomatis kita menjadi kesulitan untuk merasakan makanan.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

cara mengatasi hidung tersumbat14Bunda pasti akan lebih bingung lagi jika sikecil yang sakit. Untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi ini tidak boleh sembarangan. Termasuk sembarangan memberikan obat pada sikecil.

Ada beberapa tekhnik khusus dalam mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Selengkapnya bisa dibaca di Cara Mudah dan Aman Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Hidung mampet ini tidak hanya terjadi pada bayi. Kita pun yang sudah dewasa sering juga mengalaminya.

Ketika tidur pun sobat menjadi gelisah dan tidak nyenyak karena hidung tak dapat digunakan untuk bernapas sebagaimana mestinya. Hidung tersumbat biasanya ada pada salah satu rongga hidung atau bahkan kedua rongga hidung sekaligus. Sehingga, dengan sangat terpaksa sobat akan bernapas lewat hidung. Betul kan? Tetap saja rasanya sangat mengganggu.

Sebenarnya apa sih penyebab hidung kita bisa tersumbat? Ternyata penyakit ringan yang paling umum menjadi penyebab hidung tersumbat adalah karena flu dan infeksi sinus. Penyakit jenis ini membuat lapisan rongga hidung dan sinus meradang. Radang tersebut mengakibatkan pembuluh darah melebar dan bengkak, sehingga sobat pun merasakan hidung tersumbat.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Cepat

Hidung tersumbat yang disebabkan karena flu ringan biasanya bisa sembuh sendiri setidaknya dalam jangka waktu 1 minggu.

Namun jangan khawatir, kami memiliki beberapa cara dan tips untuk mengobati hidung tersumbat. Simak baik-baik tipsnya berikut ini!

1. Hindari membuang ingus terlalu kuat

Bila sobat mengalami hidung tersumbat karena flu dan ingus dalam hidung, maka buanglah ingus tersebut pelan-pelan. Terkadang karena jengkel, orang lebih terdorong untuk mengeluarkan ingus sekuat tenaga. Padahal tenaga yang sobat keluarkan itu hanya akan menjadi sia-sia dan membuat hidung semakin tersumbat.

2. Mandilah dengan air hangat

Cara yang satu ini tentunya semua orang pasti suka. Mandi menggunakan air hangat bisa mengencerkan lendir atau ingus dalam hidung sobat. Sehingga ingus yang membuat hidung tersumbat itu bisa sobat keluarkan dengan lancar. Tapi ingat, jangan keenakan mandi berlama-lama dengan air hangat ya! Nanti sobat malah terserang masuk angin.

3. Menghirup uap panas

cara mengatasi hidung tersumbat19Bila sobat terlalu malas untuk mandi karena takut kedinginan, sobat dapat mencoba mengatasi hidung tersumbat dengan menghirup uap dari air panas.

ads by google :

Caranya mudah sekali, sediakan baskom yang berisi air panas, lalu hiruplah uap panasnya dengan hidung. Sobat juga bisa menambahkan balsem atau minyak kayu putih ke dalam air panas tersebut agar efeknya lebih melegakan.

4. Mengonsumsi makanan pedas

Di Indonesia ini sangat banyak sekali jenis masakan yang bercita-rasa pedas. Sobat memiliki banyak pilihan makanan yang pedas. Kenapa makan pedas bisa meredakan hidung tersumbat? Sebab, saat kita makan makanan yang pedas, secara otomatis lendir dalam hidung akan keluar dan membuat pernapasan menjadi lebih plong. Tapi makannya jangan terlalu berlebihan ya! Jangan sampai sobat malah mengalami perut mulas karena kebanyakan makan sambal.

5. Minum air jeruk nipis hangat

Air jeruk nipis hangat yang dicampur dengan madu sangat baik untuk memperbaiki metabolisme tubuh yang menurun karena terserang flu. Selain itu, bila diminum saat masih hangat juga dapat membantu mengobati hidung yang tersumbat.

6. Berkumur air garam

Berkumur dengan air hangat yang dicampur garam juga mampu mengatasi hidung yang tersumbat. Sobat tinggal berkumur saja sampai beberapa kali untuk melegakan pernapasan.

7. Tidur dengan posisi lebih tinggi

Hidung tersumbat tentunya membuat tidur menjadi tak nyenyak kan? Nah, agar sobat bisa tetap tidur walau hidung mampet, usahakan tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi. Sobat bisa menambahkan bantal atau guling untuk menopang kepala.

Namun, jika sobat mengalami hidung tersumbat sebelah kiri atau kanan saja, maka sobat bisa mencoba tidur dengan posisi miring. Bila yang tersumbat rongga hidung kanan, tidurlah dengan posisi miring menghadap ke kiri, begitu pula sebaliknya. Bila yang mampet adalah hidung kiri, maka tidurlah miring menghadap kanan.

Itu tadi beberapa tips tentang bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat secara tepat.

Baca juga:

Obat Batuk Pilek Untuk Bayi Aman dan Efektif

Cara Ampuh dan Cepat Menghilangkan Sakit Tenggorokan

Semoga info diatas dapat menambah pengetahuan kita. Jangan lupa dishare ya, semoga bermanfaat.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *