Cara Praktis dan Aman Mengatasi Keputihan Secara Alami

Cara mengatasi keputihan secara alami, mudan dan tanpa obat. Keputihan sebenarnya adaalah hal yang normal termasuk saat hamil, namun ketika keputihan sangat banyak yang disertai gatal apalagi bau sudah tergolong dalam keputihan yang berbahaya. Untuk mengatasi atau  mengobati jeis keputihan yang seperti ini tentu berbeda dengan keputihan yang normal yang dialami oleh setiap wanita.

Cara Menghilangkan Keputihan

Bagi kaum wanita, keputihan merupakan permasalahan yang cukup mengganggu. Keputihan memang bukan sebuah penyakit, tetapi bila tidak mendapatkan perhatian khusus maka keputihan ini bisa menjadi gejala dari penyakit tertentu yang berkaitan dengan area kewanitaan sobat.

cara mengatasi keputihan

Keputihan bisa terjadi karena berbagai hal, misalnya karena rangsangan seksual, pertanda sobat akan mengalami menstruasi, reaksi pemakaian obat tertentu, atau karena sobat sedang mengalami stres.

Keputihan sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu keputihan yang masih dalam taraf normal dan keputihan tidak normal yang patut sobat waspadai. Keputihan tidak normal merupakan akibat dari adanya jamur, bakteri, virus, atau parasit di area Miss V.

Keputihan tidak normal ditandai dengan:

  • Munculnya lendir kekuning-kuningan dari vagina
  • Gatal dan panas di area vagina
  • Lendir keputihan yang keluar berbau tidak sedap
  • Merasa tidak nyaman dengan keputihan

Cara Mengatasi Keputihan Berlebih

Namun jangan khawatir. Ada beberapa cara tradisional yang bisa menjadi solusi untuk mengatasi keputihan.

Menggunakan daun sirih
Daun sirih mengandung batlephenol dan kavinol yang berguna untuk membunuh kuman, mengandung antioksidan dan juga anti jamur. Oleh karena itu daun sirih dapat digunakan untuk mengobati keputihan. Caranya cukup dengan merebus 10 lembar daun sirih ke dalam 2 liter air. Lalu air rebusan daun sirih tersebut digunakan untuk membasuh area Miss V sobat.

Menggunakan bawang putih
Selama ini sobat mungkin mengira bila bawang putih hanya bisa digunakan untuk bumbu masakan. Tapi ternyata kandungan anti bakteri, jamur, dan virus yang ada di dalamnya dapat membantu mengatasi keputihan. Caranya cukup dengan sering-sering mengonsumsi bawang putih.

Menggunakan sambiloto
Sediakan 3 batang tanaman sambiloto, rebus dengan 4 gelas air, lalu saring rebusan sambiloto setelah airnya dingin. Kemudian minumlah ramuan ini 3 kali sehari dengan dosis 3/4 gelas sekali minum. Sobat bisa menambahkan madu agar terasa lebih nikmat.

Menggunakan kunyit
Sediakan kunyit yang sudah tua, air asam, serta gula jawa. Parut kunyit yang sudah dibersihkan, campur bersama air asam dan gula jawa yang telah dilarutkan. Aduk sampai semuanya tercampur sempurna. Saring ramuan tersebut dan minumlah 2 kali sehari.

ads by google :

Menggunakan daun pegagan
Daun pegagan juga dapat sobat jadikan pilihan untuk mengatasi keputihan. Caranya dengan menyediakan daun pegagan serta akarnya. Lalu rebus daun pegagan yang telah dicuci bersih, tambahkan sedikit garam ke dalam air rebusannya. Gunakan rebusan daun pegagan ini untuk membersihkan vagina paling tidak 3 kali seminggu.

Menggunakan pisang
Pisang adalah buah yang memiliki banyak manfaat. Pisang pun dapat menjadi pilihan untuk mengatasi keputihan. Caranya cukup dengan rutin mengonsumsi 1 atau 2 buah pisang setiap hari. Agar tidak bosan, sobat dapat mengolahnya menjadi jus pisang, dan sebagainya. Enak kan?

Selain bermanfaat untuk mengatasi keputihan, pisang ini juga dapat dimanfaatkan untuk membantu mengencangkan kulit secara alami. Penasaran bagaimana caranya, baca selengkapnya di Cara Terbaik Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami.

Menggunakan akar bayam
Kandungan anti-bakteri dalam akar bayam juga mampu mengatasi infeksi di area vagina serta. Sobat bisa meminum rebusan akar bayam bersama daun dan cabang-cabangnya sebanyak 2 kali sehari.

Menggunakan biji ketumbar
Bumbu dapur yang satu ini bisa untuk mengatasi keputihan juga loh! Caranya, rendam biji ketumbar semalaman, lalu saring dan minum air rendaman biji ketumbar ini keesokan harinya saat kondisi perut sobat sedang kosong. Minumlah ramuan ini paling tidak seminggu berturut-turut.

Demikian beberapa ramuan alami dan tradisional yang dapat sobat gunakan sebagai pilihan cara mengatasi keputihan. Ingat, yang terpenting adalah kurangi stres. Sebab stres juga bisa memicu terjadinya keputihan dan berbagai penyakit lainnya.

Usahakan untuk olahraga dengan teratur. Tidak perlu berlama-lama kok, cukup lakukan gerakan yang bisa membuat tubuh sobat segar dan mengeluarkan keringat. Misalnya saja jogging sebelum berangkat ke kantor. Mudah kan?

Kalau sobat merasa info tentang cara mengatasi keputihan ini cukup bermanfaat, jangan lupa di share ya.

Baca juga:

Pemutih Wajah Alami Efektif Tanpa Efek Samping

Cara Praktis dan Mudah Mengatasi Bau Kaki Menyengat

Selamat mencoba.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


One Komentar Pada “Cara Praktis dan Aman Mengatasi Keputihan Secara Alami

  1. Tan

    saya sering baca bahwa daun sirih memang membantu organ intim terhindar dari keputihan, namun saya sangat takut ada bekas bahan daun sirih yang berdampak buruk pada organ intim.

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *