Cara Efektif Mengatasi Kesemutan Secara Cepat

Cara mengatasi kesemutan secara alami tanpa menggunakan obat. Rasa kesemutan seringkali terjadi di area jari-jari tangan, lengan, kaki, bahkan otot betis dan paha rasanya cukup menganggu ya Sobat. Apalagi bila sudah nyaman duduk dalam waktu agak lama, tiba-tiba harus bangkit atau buru-buru mau mengerjakan hal penting lainnya, pasti rasa kesemutan sangat menjengkelkan. Terlebih rasanya itu seperti ditusuk jarum, digigit semut atau dalam tahap ringan dikerumuni semut. Jika disentuh atau dipijat, malah semakin meningkat dan menjadi-jadi rasanya ya. Geram ya Sobat.

Tips Mudah Mengatasi Kesemutan

Kenapa bisa kesemutan? Sebelum mengetahui tentang bagaimana cara mengatasi kesemuta, ada baiknya kita juga tahu apa saja yang bisa menyebabkan terjadinya kesemutan ini. Yuk kita kenali apa saja sih penyebab kesemutan.

cara mengatasi kesemutan

Lamanya waktu duduk atau berdiri di posisi yang sama.
Ini sering nih yang suka nongkrong di depan layar laptop di ruang kerja, atau sehabis ngerumpi atau pas lagi duduk di acara formal yang diharuskan duduk ramai-ramai di lantai. Karena tidak banyak pergerakan, tidak ada pelemasan otot, maka akhirnya kesemutan datang. Duduk atau berdiri terlalu lama ini juga membuat aliran darah ke ekstremitas (tangan dan kaki) kita menjadi berkurang. Hal ini juga menyebabkan terjadinya kesemutan.

Tekanan saraf tulang belakang serta kompresi syaraf (syaraf terjepit),

Faktor penyakit dan gangguan kondisi medis
Kesemutan model ini menyerang penderita diabetes, orang yang kekuarangan kelenjar tiroid, multiple sclerosis, kejang, migraine, stroke, tumor otak dan akibat sakit kepala biasa.

Teranggunya aliran darah ke organ tubuh tertentu
Akibat tersumbat, maka organ tubuh yang tidak dialiri darah otomatis memicu kesemutan. Ini sering terjadi dalam aktivitas sehari-hari misalnya bagian tubuh yang tertekan di posisi tertentu dalam waktu lama baik ketika duduk, tidur, atau berdiri.

Kekurangan nutrisi dan vitamin B12, kondisi abnormal kalium, kalsium, dan natrium dalam tubuh sehingga menganggu fungsi syaraf secara normal.seperti pasca kemoterapi kanker, obat HIV, obat pencegah kejang atau antikonvulsan serta antibiotic metronidazol.

Gangguan akibat efek smaping pemakaian obat tertentu

Cara Menghilangkan Kesemutan di Kaki dan Tangan

Rasa kesemutan umumnya terjadi di area tangan dan kaki. Berikut ini ada tips mengatasi kesemutan di area tangan dan kaki.

Goyang-goyangkan tangan dan kaki agar rasa kesemutan mereda, meskipun awalnya rasanya semakin menjadi-jadi, tetapi tidak lama kemudian akan terasa kebas dan sembuh.

ads by google :

Posisikan tangan atau kaki lebih rendah dari jantung
Posisikan tangan atau kaki di posisi yang nyaman dan tahan sebentar hingga darah mengalir dan rasa kesemutan dan kebas berangsur menghilang.

Menjektikkan jempol tangan
Bila kesemutan di tangan kiri, maka jentikkkan jempol kaki kanan. Begitu pula bila kesemutan di kaki kiri, maka jentikkan jempol tangan kanan. Jika kesemutannya di tangan kanan, maka jentikkan jempol kiri

Konsumsi vitamin
Jika kesemutan bukan disebabkan oleh posisi duduk, tidur atau berdiri dalam waktu lama, maksudnya, rasa kesemutan muncul tiba-tiba, maka dipastikan kesemutan tersebut disebabkan gangguan fungsi syaraf dan dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin B1, B6 serta B12 agar membantu melancarkan metabolisme tubuh, melancarkan aliran darah dan memperbaiki fungsi syaraf.

Obat Mengatasi Kesemutan Tradisional

Ada beberapa obat tradisonal yang mudah dijumpai sehari-hari. Beberapa bahan tradisional atau alami ayng bisa sobat gunakan  sebagai pilihan cara mengatasi kesemutan antara lain:

kulit manggis dan daun sirsak
Dalam kulit manggis dan daun sirsak mengandung sejumlah vitamin yang bermanfaat dalam proses penyembuhan. Kulit manggis sendiri mengandung Xanthone, sebuah zat kimia alami yang berfungsi menjadi antioksidan yang mampu membunuh sekaligus memperbaiki sel-sel yang rusak dan melindungi se-sel dalam tubuh. Selain untuk menyembuhkan kesemutan, kulit manggis juga bermanfaat sebagai obat penyakit jantung, aterosklorosis, hipertensi dan trombosis. Sementara daun sirsak, memiliki zat Acetogenins yang membantu penyembuhan kesemutan dan radang pada sendi.

Caranya, ambil daun sirsak secukupnya, di rebus dalam air kemudian airnya disaring dan bisa diminum. Tidak hanya daunnya, buah sirsak juga efektif membantu mencegah kanker, tumor dan penyakit ganas lainnya.

Demikian tadi beberapa tips cara mengatasi kesemutan secara alami dan mudah. Tertarik untuk maencoba saat kesemutan menyerang sobat? Jangan lupa di share ya.

Baca juga:

Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut dengan Cepat dan Mudah

Tips Jitu Cara Membuat Anak Cerdas Sejak Dalam Kandungan

Selamat mencoba.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *