Cara Mengatasi Mata Panda Alami dan Ampuh

Mata panda adalah kondisi di mana kantung mata atau bagian mata bagian luar terdapat lingkaran hitam. Memang, mata panda tidak memiliki efek apa-apa, tetapi ia membuat penampilan wajah agak terganggu. Hal ini karena mata panda membuat lingkaran hitam besar yang tidak proporsional di sekeliling mata.

Biasanya ini terjadi akibat tidak disiplin tidur atau sering tidur larut malam (bergadang) dalam jangka waktu lama. Bisa juga akibat insomnia akut yang mengakibatkan penderita tidak bisa tidur di malam hari, sedangkan di siang hari harus beraktivitas dan menuntut energi besar.  Puncaknya, kurang tidur, rasa lelah dan tubuh tidak fit berpengaruh pada mata hingga memicu timbulnya kantung mata.

Penyebab lainnya adalah akibat sering terkena panas matahari secara langsung dalam waktu lama. Lama kelamaan keadaan ini mengakibatkan kulit wajah kering dan kusam. Penyebab lainnya adalah penyakit tertentu salah satunya penyakit anemia yang mengakibatkan zat besi dalam tubuh berkurang. Pada anemia wajah menjadi pucat dan sekitar mata membentuk lingkaran hitam.

Namun kadangkala juga disebabkan faktor keturunan (genetic) serta akibat alergi bahan kimia dari make up yang dipakai di wajah. Bila pkai make up, terlebih make up nya tebal otomatis banyak bahan kimia menumpuk, segera bilas dan bersihkan bila selesai acara.

Cara Mengatasi Mata Panda Dengan Bahan Alami

Bagi sobat yang merasa kurang pede gara-gara adanya mata panda di wajah bisa mengatasinya dengan bahan-bahan alami berikut:

1. Mentimun

cara mengatasi mata pandaAmbil 1 mentimun, bersihkan dengan air bersih lalu dipotong seukuran bola mata. Lalu di letakkan di mata ketika hendak tidur atau bila di saat santai biarkan dalam waktu 10-15 menit agar kandungan mentimun meresap ke kulit. Kandungan astringet dari mentimun akan membantu melancarkan peredaran darah dan membantu menghilangkan mata panda di sekitar mata.

2. Es

Ambil satu es batu dari kulkas, atau air dingin yang ada dalam kulkas, lalu celupkan sapu tangan, kain atau handuk kecil ke dalamnya hingga dingin es meresap dengan cukup. Lalu gunakan handuk kecil sapu tangan atau kain sebagai kompres pada mata panda. Biarkan dalam posisi kompres 5-6 menit. Lalu celupkan lagi ke dalam air es agar kain, handu kecil kembali dingin. Lakukan berulang-ulang.

3. Kentang

Ambil 1 buah kentang, lalu parut sampai halus. Lalu oleskan di sekitar kantung mata yang terkena mata panda.

ads by google :

4. Minyak zaitu

Oleskan minyak zaitun ke bagian bagian kantung mata yang terkena mata panda. Lakukan secara teratur tiap hendak tidur di malam hari.

5. Bengkoang

Ambil satu buah bengkoang yang masih segar, cuci sampai bersih, diparut atau dihaluskan, lalu oleskan di sekitar mata yang terjangkit mata panda.

Baca: Kreasi Cara Membuat Masker Bengkoang Sendiri

6. Teh celup

Ambil satu teh celup, masukkan dalam air yang dingin, lalu gunakan sebagai kompres pada mata.

Cara Mencegah Mata Panda

Di samping itu, beberapa hal berikut ikut membantu mencegah mata panda. Mencegah sejak dini lebih baik daripada mengobati kan sobat? Yuk, mari kit abaca apa-apa saja yang bisa mencegah mata panda.

1. Tidur cukup
alokasikan waktu tidur cukup. Jangan terlalu diforsir waktu dan tenaga untuk bekerja, bermain atau kegiatan lain. Tubuh punya hak dan juga butuh istirahat.

2. Banyak makan buah dan sayur mayur
Jangan anti sayurya Sobat. Karena vitamin dalam sayur memiliki peran sebagai antibodi tubuh dan membantu mencegah mata panda.

3. Jangan sering-sering makan makanan di luar seperti fast food, junk food dan sejenisnya.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


One Komentar Pada “Cara Mengatasi Mata Panda Alami dan Ampuh

  1. Julia

    Kalau make ketimun dimata dibiarkan selama semaleman itu boleh gak sih? *tolong bantu jawab ya😊

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *