Cara Mengatasi Mimisan Dengan Cepat dan Tepat

Cara mengatasi mimisan dengan mmenggunakan bahan alami dan tanpa efek sampimg. Mimisan atau epistaksis merupakan penyakit yang banyak dikhawatirkan banyak orang. Apalagi bila melihat darah berceceran keluar dari hidung.

Mimisan adalah salah satu penyakit berupa pendarahan yang keluar dari lubang hidung akibat pecahnya pembuluh darah di selaput lendir hidung erta penyebab lainnya seperti demam, tumor dan lain-lainnya dan hal ini sering dikenal dengan epistakin. Mimisan melanda hampir semua orang baik anak-anak sampai orang dewasa.

Banyak faktor penyebab mimisan. Apa saja itu? Yuk kita cermati faktor-faktor penyebab berikut.

CARA MENGATASI MIMISAN

Penyebab Mimisan

Beberapa hal yang dapat memicu menjadi penyebab mimisan diantaranya adalah:

Temperatur cuaca panas
Mimisan terkadang datang ketika cuaca esktrem. Misalnya tidak terbiasa di tempat super panas, lalu bisa mimisan. Ini banyak menimpa orang Indonesia terutama mahasiswa dan pekerja migrant di Timur Tengah.

Keadaan tersebut disebabkan di sana cuacanya panas, mungkin karena di kawasan gurun pasir. Hal tersebut terjadi karena bila cuaca panas, maka kelembababn hidung otomatis berkurang dan bagian setrum di hidung mengering sehingga terjadi iritasi dan pendarahan.

Demam Berdarah (DBD).
Demam berdarah juga bisa menyebabkan mimisan terutama bagi anak-anak. Mimisan ini terjadi karena saat terserang DBD, terjadi perdarahan ditubuh. Perdarahan juga dapat dilihat dari bintik bintik darah yang terlihat di bawah kulit. Mimisan pada kasus demam berdarah juga menjadi pertanda bahwa demam berdarah yang diderita sudah sangat kronis dan berbahaya.

Tumor
Tumor juga menjadi penyebab mimisan terutama tumor yang berada di posisi rongga hidung (Angiofibroma).

Alergi
Alergi juga menjadi penyebab mimisan. Rekasi alergi lubang hidung terhadap sesuatu di dalam hidung menyebabkan pembulu kapiler terbuka dan memicu darah keluar.

Kelalaian
Hal ini terjadi akibat kelalaian sepele seperti kebiasaan mengorek hidung, benturan, bersin, jatuh serta penyebab tidak disengaja lainnya. Karena area hidung amat sensitif dan meiliki kulit tipis, maka mudah sekali terjadi iritasi dan memicu darah keluar.

Tekanan Darah
Tekanan darah juga menjadi salah satu faktor mimisan.

Flu berat
Flu berat dengan mengeluarkan ingus dari hidung terus menerus dan membuang ingus dengan keras, dapat menyebabkan mimisan. Bila itu terjadi, maka usahakan membuang ingus dengan perlahan agar tidak terjadi mimisan.

Sinusitis
Sinusitis juga menjadi penyebab terjadinya mimisan. Bahkan, bila kondisi sinus parah, tidka hanya darah yang keluar, tetapi juga mengeluarkan bau busuk menyengat.

ads by google :

Leukimia
Penyakit Leukimia atau kanker darah juga dapat menjadi penyebab timbulnya mimisan.

Cara Mengatasi Mimisan

Ada beberapa cara mengatasi mimisan. Bagi Sobat yang terkena mimisan, maka cara-cara berikut bisa menjadi solusi mengatasi mimisan.

  1. Kompres lubang hidung agar aliran darah lambat dan mimisan dapat dihentikan.
  2. Tekan cuping hidung antara 5 – 10 menit
  3. Usahakan ketika mimisan posisi tubuh duduk supaya posisi hidung lebih tinggi dari jantung dan jangan telentang dan sejenisnya karena menyebabkan aliran darah kian deras.
  4. Bungkukkan badan sedikit condong ke depan dan usahakan bernafas dari mulut.

Obat Alami Mimisan

Ada beberapa obat untuk mimisan baik alami maupun generik resep dokter. Berikut obat alami mimisan:

Akar alang-alang
Caranya: sediakan 60 gram akar alang-alang, rebus dalam air 400 cc hingga tersisa tinggal 200 cc. Lalu airnya rebusannya diminum 2 x dalam 1 hari.

Pegagan
Caranya: sediakan pegagagn segar 60 gram, cuci bersih lalu rebus dalam air 400 cc hingga tinggal 200 cc. Lalu minum air rebusan pegagan dalam kondisi hangat minimal 2 kali sehari.

Kangkung
Caranya: sediakan kangkung segar 25 gram dan gula. Setelah kangkung dicuci bersih, kangkung dan gula diblender jadi satu menjadi jus. Lalu jus tersebut diminum minimal 2 kali sehari.

Kacang Tanah
Caranya: Sediakan kacang tanah 25 gram, cuci bersih lalu rebus dalam 400 cc air sampai mendidih dan tinggal tersisa 200 cc. Kemudian minum air rebusannya selagi hangat.

Daun sirih
Daun sirih ini sudah dikenal sejak turun temurun. Cuci bersih 1 lembar daun sirih muda, lalu remas-remas. Kemudian gunakan remasan daun sirih sebagai kompres di hidung atau sebagai penyumbat hidung mimisan.

Akar teratai
Caranya: sediakan akar teratai 200 gram, haluskan, lalu peras airnya. Kemudian perasan akar teratai diteteskan ke hidung yang terkenan mimisan.

Semoga tips diatas dapat membantu sobat dalam mengatasi mimisan.

Baca juga:

Cara Menghilangkan Lubang Bekas Jerawat Cepat dan Alami

Awas Bahaya Mencabut Bulu Ketiak Beresiko Kanker Payudara

Selamat mencoba

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *