Cara Mengatasi Nyeri Haid Paling Efektif Tanpa Obat

Cara mengatasi nyeri haid atau pre menstrual syndrom (PMS). Haid alias menstruasi adalah hal yang biasa dialami oleh para perempuan yang memasuki usia puber. Haid ditandai dengan keluarnya darah atau sel telur yang tidak dibuahi melalui saluran vagina. Nah, di sini adakah Kamu yang mengalami nyeri ketika haid?

Rasa nyeri yang biasanya terjadi pada hari-hari pertama haid merupakan hal yang wajar, sebab itu masih termasuk dalam Premenstrual Syndrome (PMS). Kamu tentu kenal kan dengan istilah PMS? Suatu kondisi di mana Kamu merasakan emosi yang meledak-ledak karena rasa nyeri di sekujur tubuh saat sedang menstruasi.

<strong>Cara mengatasi nyeri haid</strong>

Gejala Saat Menstruasi

Saat sedang mendapatkan siklus menstruasi, umumnya akan disertai dengan berbagai gejala yang timbul. Gejala gejala ini pada umumnya hanya berlangsung sekitar 1 atau 2 hari.

Gejala gejala yang biasanya timbul saat sedang mendapatkan mestruasi ini antara lain:

  • Terasa nyeri pada daerah perut bawah
    Hal ini terjadi karena pada saat menstruasi rahim terluka dan berkontraksi untuk mengeluarkan sel telur. Keaadaan inilah yang membuat rasa nyeri pada perut. Pada sebagian orang, ada yang tidak kuat menahan rasa nyerinya, bahkan yang paling parah kadang sampai membuat seseorang pingsan.
  • Rasa lelah
  • Diare atau sembelit
  • Kembung
  • Mudah marah
  • Rasa nyeri atau tidak nyaman  didaerah paiyudara
  • Punggung terasa sakit
  • Timbul jerawat
    Baca: 11 Kreasi Masker Untuk Kulit Berjerawat dari Bahan Alami

Cara mengatasi nyeri haid Hari Pertama

Berbagai gejala PMS biasanya muncul 1 atau 2 minggu menjelang haid dan ditandai dengan payudara terasa nyeri atau bengkak, Kamu mulai merasakan pusing, merasa nyeri di daerah perut bagian bawah atau merasa perut kembung, stres, dan juga kelelahan.

Bila Kamu sudah mulai merasakan tanda-tanda seperti di atas, Kamu bisa melakukan beberapa tips berikut untuk mengatasi nyeri saat haid.

Mengompres hangat pada perut

Cara mengatasi nyeri haid yang pertama adalah dengan memberikan kompres pada perut. Saat perut atau punggung bagian bawah mulai terasa nyeri, Kamu bisa mengompresnya dengan bantalan pemanas. Atau bila Kamu tidak memiliki bantalan pemanas, Kamu bisa merebus terlebih dahulu air, lalu masukkan air yang telah panas tersebut ke sebuah botol kaca berukuran kecil atau botol lain yang tahan panas. Kemudian lapisi botol tersebut dengan kain atau handuk. Gunakan sebagai kompres perut pengganti bantalan pemanas. Mudah kan?

Kompres dingin pada perut
Selain memberikan kompre hangat, kompres dingin ternyata juga cukup membantu. Kalau saya pribadi, saya lebih sering menggunakan kompres hangat dari pada kompres dingin alassannya karena lebih nyaman saja.

Caranya:

  • Ambil handuk kemudian basahi dengan air dingin
  • Peras sampai air tidak terlalu banyak
  • Tempelkan handuk tadi pada perut

Kompres dingin ini akan membantu mengeecilkan pembuluh darah atau vasokonstriksi, yang mana membantu mengurangi aktivitas pada ujung syaraf otot.

Minum minuman hangat
Dengan mengkonsumsi minuman hangat akan membantu merelaksasikan perut. Namun tidak semua minuman hangat ini dapat kamu konsumsi. Kafein sangat disarankan untuk tidak dikonsumsi saat haid. Tidak cuma kafein pada kopi tapi teh juga mengandung kafein meskipun tidak sebanyak kandungan kafein pada kopi.

Berbaring
Berbaring merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk meredakan nyeri haid. Kamu dapat berbaring di atas tempat tidur atau sofa agar rasa nyerinya berangsur lenyap. Para wanita biasanya merasakan sakit di daerah punggung. Untuk mengatasinya, Kamu dapat memberikan bantal sebagai penyangga lutut, lalu tarik napas panjang dan buanglah perlahan. Lakukan serileks mungkin sampai Kamu merasa agak baikan.

Pijat secara lembut
Ketika mulai merasa nyeri, Kamu bisa mencoba memijat sendiri perut bagian bawah Kamu dengan perlahan dan berhati-hati. Selain itu, Kamu juga dapat memijat lembut daerah otot bagian dalam tulang kering pada kaki. Pijatan lembut ini bisa melancarkan aliran darah Kamu loh.

Olahraga ringan
Siapa bilang kalau saat haid tidak boleh berolahraga? Kamu malah dianjurkan untuk berolahraga loh, meskipun hanya olahraga ringan. Setidaknya, cobalah untuk jalan kaki selama 30 menit, jogging, atau senam ringan. Selain untuk menjaga metabolisme tubuh, olahraga ringan ketika haid juga bisa melancarkan darah dan mengurangi nyeri.

Makan makanan yang mengandung zat besi
Saat menstruasi, tubuh tentunya akan kehilangan banyak darah. Bagi Kamu yang mempunyai riwayat sakit anemia atau tekanan darah rendah akan lebih mudah merasakan nyeri haid. Oleh sebab itu, sebagai salah satu cara untuk mengatasinya, Kamu dianjurkan makan makanan yang kaya akan kandungan zat besi. Apa saja? Jangan khawatir, banyak sekali kok jenisnya. Misalnya saja, kacang-kacangan, sayur bayam, ubi rambat merah, dan sebagainya. Cara yang cukup mudah dan murah bukan?

Konsumsi pisang

ads by google :

<strong>Cara mengatasi nyeri haid</strong>Buah pisang diketahui mengandung tinggi potasium. Karena kandungan ini, buah pisang mampu mengurangi rasa nyeri saat hari pertama menstruasi atau lebih dikenal dengan istilah disminore. Perbanyak konsumsi buah pisang sebelum atau selama menstruasi untuk membantu meringankan rasa nyeri yang datang ketia Kamu mendapatkan menstruasi.

Jamu kunyit asam
Obat tradisional satu ini memang sangat mujarab untuk menyembuhkan nyeri haid. Saat ini tentu banyak tersedia jamu kunyit asam yang telah dikemas secara modern di toko maupun apotek. Namun, bila Kamu ingin membuat sendiri, Kamu tinggal menyediakan beberapa ruas kunyit, jahe, serta kencur yang telah diparut dan diperas sarinya.

Caranya:

  • Rebus sari ramuan tadi bersama asam jawa dan juga gula merah.
  • Setelah mendidih, minumlah saat masih hangat. Kamu dapat meminumnya 2 kali sehari.

Mandi Air Hangat
Mandi air hangat akan membantu melancarkan peredaran darah. Dengan kata lain, mandi air hangat ini dapat merelaksasikan tubuh yang mana akan membantu meringankan rasa sakit pada perut.

Lakukan Tekhnik Relaksasi
Cara mengatasi nyeri haid berikutnya adalah dengan melakukan relaksasi. Relaksasi ini akan membantu mengurangi rasa nyeri yang kamu alami, Kamu bisa melakukan nafas dalam atau yang lain. Teknik relaksasi nafas dalam ini sangat mudah untuk dilakukan dan bisa kamu praktekkan kapan saja.

Caranya: Tarik nafas lewat hidung sekuat yang kamu bisa, tahan sebentar sekitar 5-10 detik lalu hembuskan secara perlahan lewat mulut, lakukan secara berulang ulang.

Selain melakukan nafas dalam, pijatan yang lembut juga akan membantu mengurangi rasa nyeri. Teknik yoga atau pilates juga sangat bermanfaat untuk membantu mengalihkan pikiranmu tentang rasa nyeri, sehingga perlahan lahan tubuh akan melupakan dan tidak merespon nyeri pada perut yang kamu alami.

Atur Posisi Senyaman Mungkin
Saat kamu merasa tidak kuat menahan sakit, sebaiknya segera istirahat dan berbaring. Kamu dapat mencari posisi senyaman kamu. Kamu dapat tidur dengan posisi miring kiri dengan kaki kanan di atas bantal.

Selain itu, kamu juga dapat mengatur posisi dengan tidur dan sedikit mengangkat kaki dengan kaki diganjal bantal.

Minum obat anti nyeri
<strong>Cara mengatasi nyeri haid</strong>Kalau kamu sudah tidak tahan lagi dengan nyeri yang kamu alami, kamu dapat membantu meringankan rasa nyeri dengan meminum obat anti nyeri.

Obat nyeri yang bisa membantumu untuk meringankan gejala ini antara lain:

  • NSAID atau non steroid anti inflamatory drug ( obat anti inflamasi), Obat obat anti nyeri pada golongan ini sangat cocok untuk digunakan untuk membantu mengurangi rasa nyeri.
    Contoh obat anti nyeri tersebut antara lain: ibuprofen, asam mefenamat, paracetmol.

Selain mengkonsumsi obat, sekarang ini banyak juga jenis minuman pengurang rasa nyeri yang dijual bebas di toko toko yang sangat mudah sekali untuk didapatkan. Tapi saran saya sih, selama kamu masih bisa mentolerir rasa sakitnya, sebaiknya hindari mengkonsumsi obat obatan tersebut.

Periksa ke dokter
Cara mengatasi nyeri haid yang terakhir adalah dengan mengkonsultasikannya ke dokter. Bila Kamu merasakan sakit terus menerus yang tidak berangsur menghilang, ada baiknya Kamu berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebab nyeri tersebut.

Nah itu tadi beberapa tips tentang bagaimana Cara mengatasi nyeri haid yang sering terjadi pada kamu. Sebenarnya nyeri haid ini normal kok, asal kamu masih dapat mengatasinya secara alami lebih baik hindari penggunaan obat obatan ya.

Info lain yang juga wajib kamu baca:

12 Cara Merawat Wajah Agar Tidak Berjerawat Alami dan Ampuh

Menu Wajib Diet Sehat Golongan Darah O

Semoga bermanfaat.

 

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


2 Komentar Pada “Cara Mengatasi Nyeri Haid Paling Efektif Tanpa Obat

  1. Tan

    saya fkir hanya saya saja yang sakit menjelang haid, ternyata hampir semua wanita. kalau untuk pijat perut, saya takut terjadi kesalahan . namun terima kasih atas informasinya.

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *