Cara Mengatasi Sesak Nafas Alami Pasti Sembuh

Sesak napas (Dyspnea) merupakan gangguan yang terjadi pada fungsi pernapasan karena adanya penyumbatan pada saluran pernapasan atau akibat melemahnya paru-paru karena suatu penyakit. Bagi yang menderita sesak napas akan merasa tercekik, kejang di dada, atau seperti ada yang menghambat saluran pernapasan.

Jenis sesak napas dibagi menjadi:

– Sesak napas akut
Sesak napas akut bisa disebabkan karena penyakit pernapasan (paru-paru), trauma pada dada, atau penyakit jantung.

– Sesak napas kronis
Sesak nafas yang sudah kronis biasanya terjadi karena asma, tumor, inflamasi paru-paru, emfisema, Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK), atau karena menderita kelainan pada pita suara.

cara mengatasi sesak nafas

Cara Mengatasi Sesak Nafas Mendadak

Sesak napas bisa disebabkan karena banyak hal. Coba cek, sobat termasuk yang mana?

1. Faktor keturunan atau genetik

Bila sobat memiliki riwayat keluarga yang menderita sesak napas, biasanya sobat juga akan rentan mengalami penyakit yang sama.

2. Faktor lingkungan

Udara yang terlalu dingin dan lembab bisa jadi faktor utama penyebab sobat menderita sesak napas. Selain itu jika sobat biasa berada di tempat yang tercemar dengan polusi udara seperti debu atau asap pabrik dan asap rokok, sobat pun sangat rentan terkena sesak napas.

3. Lendir yang menyumbat saluran pernapasan

Sobat juga perlu berhati-hati saat mengonsumsi sesuatu. Sebab, terlalu banyak mengonsumsi susu, nasi putih, permen, dan tepung juga bisa meningkatkan produksi lendir yang membuat sobat merasakan sesak napas.

4. Kekurangan cairan

Bila sobat kekurangan cairan, maka lendir di saluran pernapasan maupun paru-paru lebih mudah menjadi kental dan menyebabkan sobat mengalami sesak napas.

5. Otot yang tegang di bagian punggung atas

Bila susunan tulang sobat bermasalah atau mengalami otot tegang terutama di punggung sebelah atas, sobat akan mudah sekali terserang sesak napas.

6. Emosi yang tidak stabil

Seseorang yang mengalami kecemasan, depresi, atau ketakutan akan mengalami permasalahan saat bernapas. Bila emosi sobat sedang tak stabil, sobat akan kesulitan mengatur napas dan bisa saja menderita sesak napas secara tiba-tiba.

Bila sobat menderita sesak napas, maka sobat perlu mendapatkan penanganan khusus. Sebab sesak napas yang dibiarkan berkepanjangan tanpa adanya pengobatan tertentu bisa saja berdampak buruk mengakibatkan kematian.

Bagi sobat yang mengalami sesak napas, sobat bisa mencoba beberapa latihan berikut ini untuk melatih pernapasan agar lebih lancar:

1. Latihan pernapasan perut

Berbaringlah di atas tempat tidur dan taruh bantal sebagai alas kepala. Tekuklah lutut dan atur perut sobat serileks mungkin. Tekanlah perut menggunakan 1 tangan pelan-pelan saja, yang penting terasa ada tekanan, sedangkan tangan lainnya di atas dada. Kemudian coba bernapas perlahan dari hidung dengan mengandalkan otot perut.

Untuk mengecek apakah sobat bernapas dengan perut atau tidak, coba rasakan bila menarik napas perut akan menggembung dan tangan akan terangkat. Bila sobat membuang napas, maka perut akan kembali kempis.

2. Bernapas dengan mulut

Cobalah bernapas perlahan menggunakan hidung agar tidak ada udara yang tertelan, lalu sembari menahan napas sobat menghitung dengan hitungan ‘satu, 1.000, dua, 1.000, tiga, 1.000’. Sambil memonyongkan bibir, buang napas perlahan lewat bibir sembari menghitung dengan hitungan satu, 1.000, dua, 1.000, dan seterusnya. Pastikan untuk membuang napas lebih lama dibandingkan saat menghirup napas.

ads by google :

3. Pergi ke tempat yang dipenuhi pepohonan

Sobat bisa mencoba pergi ke hutan atau yang terdekat di halaman rumah yang penuh dengan tanaman hijau. Berjalan kaki di sekitarnya sambil menghirup udara segar selama berada di sana juga dapat mengatasi sesak napas.

4. Mengendalikan emosi

Mengendalikan emosi bukan cuma penting bagi para penderita sesak napas, tetapi juga untuk semua orang. Setiap kali merasa cemas, marah, atau ketakutan, sobat bisa mencoba menarik napas dalam-dalam lalu mengeluarkannya perlahan lewat mulut sambil menenangkan pikiran dengan memberi sugesti yang positif.

5. Mengonsumsi makanan yang melebarkan saluran pernapasan

Bila sobat mengalami sesak nafas beserta flu atau demam, maka cobalah untuk memakan sup yang terdapat bumbu berupa bawang merah, bawang putih, lada, jahe, cengkeh, atau kayu manis. Bumbu-bumbu tersebut bisa melancarkan penyumbatan yang terjadi di saluran pernapasan.

6. Olahraga yang banyak melatih gerak punggung dan dada

Bagi penderita sesak napas olahraga semacam ini sangat penting untuk melatih otot-otot punggung dan dada mereka ketika mengalami sesak napas.

Cara Mengatasi Sesak Nafas Secara Alami

Sobat juga bisa mencoba beberapa ramuan alami untuk mengobati sesak napas berikut ini:

1. Jahe

cara mengatasi sesak nafasCara mengatasi sesak nafas yang pertama yaitu dengan menggunakan jahe. Bahan bahan yang perlu dipersiapkan antara lain jahe dan air panas.

Caranya yaitu ambil 3 buah jahe yang telah dikupas dan dibakar, lalu dimemarkan dengan segelas air panas. Sobat bisa menambahkannya dengan gula batu dan minumlah selagi hangat tiap pagi dan sore hari.

2. Jeruk nipis

Sediakan perasan 1 buah jeruk nipis, 2 siung bawang merah yang telah dihaluskan, 1 butir telur ayam kampung, 1 potong gula batu, 1 sendok teh kopi bubur, campurkan semua bahan tersebut dengan segelas air panas. Kemudian saring dan minumlah tiap hari sehabis sarapan.

3. Daun kemangi

Sediakan daun kemangi secukupnya. Lalu remas-remas sampai layu dan campurkan dengan 1 sdm minyak tanah. Remas-remas lagi hingga keduanya tercampur rata. Oleskan ramuan kemangi ini pada dada, punggung, dan leher untuk mengobati sesak napas.

4. Nebulizer sederhana

Siapkan mangkok yang berisi air panas. Berikan minyak kayu putih atau minyak telon, hirup uap yang keluar dari air panas. Gunakan handuk untuk menutup kepala agar uap tidak terbang kemana mana.

5. Segera datang kepetugas kesehatan

Jika sesak nafas semakin parah dan tidak kunjung sembuh, segera datang ke rumah sakit. Di rumah sakit nanti sobat akan segera di beri tindakan nebulizaer oleh dokter dengan menggunakan alat nebul.

Nah demikian tadi tentang berbagai cara mengatasi sesak nafas yang datangnya sering mendadak ataupun sudah lama. Semoga tips diatas bermanfaat.

Baca juga:

Manfaat Buah Sirsak dan Daun Sirsat Bagi Kesehatan

Cara Mengobati Cegukan Secara Alami dan Cepat

Semoga bermanfaat.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *