Cara Mengatasi Vertigo Mendadak Secara Alami

Cara mengatasi vertigo dengan aman dan menggunakan bahan alami. Apa Itu Vertigo ? Vertigo merupakan sebuah penyakit akibat adanya gangguan pada sistem keseimbangan tubuh yang terdapat di bagian dalam telinga maupun di otak.

Serangan penyakit ini membuat penderitannya mengalami Sakit kepala atau pusing yang sangat hebat yang menyebabkan tubuh sang penderita mengalami kehilangan keseimbangan dan merasa pandangannya berkunang-kunang. Dalam berberapa kasus yang lebih parah, vertigo dapat membuat penderitannya jatuh pingsan secara mendadak.

Yang membuat vertigo menjadi salah satu gangguan kesehatan yang cukup berbahaya adalah kemampuannya untuk menyerang tubuh sang penderita secara tiba-tiba di mana sang penderita tidak merasakan adanya kelainan namun secara mendadak merasa sangat pusing dan terdisorientasi.

cara mengatasi vertigo

Macam Macam Vertigo

Penyakit vertigo sendiri di bagi menjadi berberapa golongan yaitu:

Vertigo Peripheral:
Vertigo peripheral terjadi akibat adanya gangguan pada saluran kanalis semisirkularis yang terdapat di dalam telingga dimana gejalanya adalah:

  • Pandangan gelap
    secara tiba-tiba
  • Menurunya stamina
  • Hilangnya keseimbangan
  • Lebih sensitive terhadap cahaya dan suara
  • Mual
  • Sulit untuk berkonsentrasi

Vertigo Sentral
Di sebut sebagai vertigo sentral dikarenakan letak gangguanya ada pada bagian sentral otak. Vertigo sentral merupakan jenis vertigo yang paling berbahaya di karenakan dapat menyebabkan kelumpuhan.

Selain itu, jenis vertigo ini juga sukar untuk dideteksi oleh orang awam dikarenakan gejalanya yang muncul secara bertahap. Gejala yang sering nampak pada penderita jenis vertigo ini adalah:

  • Penglihatan menjadi ganda
  • Sukar menelan makanan
  • Sakit kepala yang amat parah
  • Menurunya tingkat kesadaran
  • Hilangnya kordinasi
  • Tubuh menjadi lemas yang di sertai dengan mual

Vertigo Vestibuler
Jenis vertigo ini menyerang sistem saraf yang bernama saraf vertibulokoklear. Tidak ada geja yang nampak pada jenis veritigo ini selain penderitanya merasakn beda-benda disekitarnya menjadi naik dan turun secara tiba-tiba.

Vertigo non-Vestibuler
Vertigo non-verstibuler merupakan jenis vertigo yang terakhir. Jenis vertigo ini menyerang regulator keseimbangan yang menyebabkan terjadinya kesalahan proses informasi pada saraf pusat. Penderita jenis vertigo ini mengalami gejala pusing dan pandangan menjadi gelap.

Cara Mengobati Vertigo Saat Kambuh Mendadak

Saat rasa pusing hebat melanda, hingga membuat tubuh terasa berputar dan melayang akibat vertigo, biasanya sebagian orang akan langsung mengambil jalan pintas, dengan meminum obat warung. Jarang, bahkan sedikit dari mereka, yang memilih untuk menempuh cara herbal.

Padahal jika menimbang ke masa depan, pemakaian obat kimia yang dilakukan secara konsisten, juga dapat menimbulkan dampak buruk. Seperti merusak beberapa organ tubuh. Lalu tanaman apa saja sih, yang bisa dijadikan obat herbal untuk penyakit vertigo? Ini dia daftarnya.

Minum air jahe

cara mengatasi vertigomengkonsumsi jahe (zingiber officinale). Jahe ini nantinya dapat anda ramu menjadi sebuah minuman, layaknya wedang jahe.Cara penyiapannya pun, terbilang sangat sederhana. Cukup iris beberapa jahe serta parutan gula merah, campurkan dengan air hangat, dan minum secara teratur.

ads by google :

Berkat kandungan diterpena dialdehida didalamnya, jahe dipercaya dapat menghambat rasa mual hebat, yang diakibatkan oleh vertigo. Tak hanya itu, jahe pun mampu mengontrol aliran darah ke otak, sehingga membantu memerangi gangguan keseimbangan saat vertigo.

Rebusan kayu manis

cara mengatasi vertigo2Bila tak terlalu menyukai aroma jahe, mungkin kayu manis bisa menjadi pilihan lain. Cara meramunya juga begitu mudah. 1 jari kayu manis, 10 gram asam trengguli, 60 gram rambut jagung, dan 30 gram daun seledri, direbus bersamaan dengan 600 cc air, hingga tersisa 200 cc. Setelah itu, saring air rebusannya terlebih dahulu, dan segera dinimum selagi hangat.

Rasa kayu manis yang pedas, wangi dan hangat, memiliki banyak sekali kandungan. Seperti tanin, damar, minyak atsiri, kalsium oksanat, safrole, zat penyamak dan sinamadehide. Sama seperti khasiat jahe, ramuan kayu manis juga berfungsi untuk memberikan rasa hangat dan mengurangi rasa mual akibat vertigo.

Campuran kulit manggis dan daun sirsak

cara mengatasi vertigoTanaman herbal terakhir yang dapat menyembuhkan penyakit vertigo, adalah kulit manggis dan daun sirsak. Seperti diketahui, kulit manggis mengandung antioksidan tinggi (xanthone), vitamin B1, B2 dan C, serta kaya akan kalsium, sodium, potassium dan zat besi. Xanthone pada kulit manggis juga mempunyai sifat anti-depresi, anti kanker, membantu menurunkan tekanan darah, menjaga stamina tetap prima, dan masih banyak lagi.

Sedangkan daun sirsak memiliki kandungan seperti acetogenins, lemak, fosfor, fruktosa, besi, vitamin A, kalsium dan vitamin B. Senyawa acetogenins dipercaya dapat menurunkan tekanan darah, stress, serta depresi. Kandungan ini juga dapat menyeimbangkan system syaraf yang kurang baik, dan berguna untuk mengobati penyakit vertigo.

Cara mengolahnya? Ikuti tahap demi tahapnya berikut ini:

  1. Siapkan daun sirsak yang sudah tua (berwarna hijau kehitaman dan kaku) 10 lembar, lalu rebus dengan 1 liter air
  2. Rebus dengan jangka waktu yang lama (± 1 jam) hingga menyisakan 1 gelas air saja
  3. Kemudian saring air rebusan dan dinginkan
  4. Siapkan 2 buah manggis segar, pilih yang paling bagus kualitasnya dan sudah matang
  5. Cuci bersih buah manggis, buang gagang dan mahkota berwarna hijau nya, sehingga didapatkan buah manggis yang bulat utuh
  6. Lalu potong buah manggis menjadi 4 bagian (beserta daging dan bijinya), campur dengan rebusan daun sirsak, blender hingga halus dan tak perlu disaring
  7. Minum secara rutin 3x sehari, dan satu kali minum 30ml atau sekitar 3 sendok makan

Selain itu bila terserang vertigo janganlah sekali-sekali menutup mata ataupun berbaring dikaranak tindakan tersebut malah akan memperparah efek vertigo yang penderita alami. Yang sebaiknya penderita lakukan adalah cobalah untuk memandang objek yang jauh.

Bila vertigo diakibatkan oleh adanya deposit kalsium yang berlebihan pada kepala yang dikenal sebagai Benign Parpxysmal Positional Vertigo atau BPPV maka yang harus penderita lakukan hanyalah menggerakan kepala untuk menyeimbankan deposit kalsium tersebut.

Vertigo ini juga dapat di cegah dengan melakukan pola hidup sehat, posisikan kepala lebih tinggi dari posisi badan saat tidur, jaga kesehatan telinga, dan jangan terlalu sering menunduk bila membawa barang berat.

Baca juga:

Cara Mengatasi Migrain Secara Cepat dan Mudah

Tips Ampuh Menghilangkan Sakit Kepala Tanpa Obat

Selamat mencoba dan semoga tips diatas bermanfaat, ya!

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *