Cara Menghilangkan Bau Jengkol Tanpa Ribet

Cara menghilangkan bau jengkol yang cukup mengganggu secara cepat dan dengan menggunakan tips serta cara yang cukup praktis. Bagi Sobat pecinta jengkol (saudara jengkol: petai), pasti menu makan terasa tidak lengkap tanpa kehadiran jengkol di piring. Jengkol juga menambah nafsu makan, terasa lezat dan pelengkap makanan. Tapi sudah menjadi rahasia umum bila jengkol kerap menimbulkan masalah besar. Terutama berpengaruh pada bau mulut dan menyebabkan kamar mandi atau toilet bau jengkol demikian menyengat.

Tentu, bagi sebagian orang jengkol dipandang menu yang wajib dijauhi. Meskipun tergila-gila dengan jengkol acapkali banyak yang membatasi nafsu makan jengkol agar tidak menimbulkan masalah besar bau mulut dan bau-bau lainnya. Bayangkanlah ketika Sobat tengah asyik-asyiknya berbicara dengan orang lain, tiba-tiba orang lain kaget, terkejut dan berusaha segera mengakhiri percakapan dengan berbagai alasan agar segera terhindar dari bau jengkol yang keluar dari mulut dan nafas Sobat.

Fenomena seperti ini tentu suatu hal yang tidak baik, membuat rasa percaya diri hilang dan merusak relasi dengan orang lain. Terlebih bila dalam pergaulan Sobat dikenal sebagai penggila jengkol, pasti cap negatif segera melekat bila tiap kali berbicara, keluar aroma bau jengkol yang sangat menyengat. Selain karena jengkol, bau mulut juga dapat disebabkan oleh berbagai hal, misalnya saja gig berlubang. Tips tentang cara menghilangkan bau mulut dapat sobat baca di Cara Cepat Menghilangkan Bau Mulut Secara Mudah

cara menghilangkan bau jengkol

Cara Menghilangkan Bau Jengkol pada Mulut

Ada beberapa cara ampuh menghilangkan bau mulut dari bau jengkol. Bagi Sobat pecinta jengkol, cara-cara berikut patut diterapkan agar relasi pertemanan dan sosial tidak rusak gara-gara jengkol dan Sobat tetap bisa menikmati jengkol kapanpun selera makan jengkol datang tanpa harus kuatir mulut menjadi bau jengkol.

1. Gosok gigi
Cara ini konvensional. Terkadang kurang manjur. Tetapi menggosok gigi tiap habis makan jengkol membantu mengurangi nafas dan bau mulut dari aroma jengkol.

2. Minuman bersoda. Minum minuman bersoda membantu menghilangkan bau mulut sehabis makan jengkol.

3. Berkumur atau minum perasan jeruk nipis

4. Makan buah
Makan buah bermanfaat mentralisir aroma jengkol. Bila sehabis makan jengkol, disarankan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, jeruk, strawberry, apel dan lainnya agar bau wangi buah-buahan tersebut mengurangi aroma jengkol yang baru saja dimakan.

5. Menguyah beras.
Menguyah beras mentah cukup manjur mentralisir bau jengkol yang menyengat. Sehabis makan jengkol, ambil sekitar 2-3 sendok beras lalu dikunyah-kunyah sampai hancur lebur dan ditelan. Bila masih terasa bau jengkol juga, kunyah lagi satu sendok beras, tambahkan bila masih bau hingga terasa aroma jengkol menghilang. Cara ini cukup tradisonal dan banyak dikenal masyarakat. Bagi pecinta jengkol, ini salah satu cara ampuh agar bau jengkol minggat jauh-jauh.

6. Kopi hitam tanpa gula
Ambil tumbukan biji kopi sebanyak satu kepal tangan atau sekitar 4 sendok, lalu dimamah dan ditelan. Biarkan rasa pahit menyerap, jangan sekali-sekali menambah gula karena jika ditambah gula bau akan semakin parah.

ads by google :

7. Air garam
Caranya, kumur-kumur dengan air garam yang diaduk dalam air hangat. Atau bisa juga air rebusandaun sirih.

8. Menguyah Perment mint atau permen karet
Kedua perment tersebut cukup ampuh menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol.

9. Vitamin B
Biasanya banyak tersedia di apotik dan toko-toko obat. Vitamin B mampu mengurangi bau mulut akibat kebanyakan makan jengkol

Cara Menghilangkan Bau Jengkol Sebelum dimasak

1. Rebus jengkol bersama irisan daun jeruk. Ketika jengkol sudah matang dan akan diolah menjadi jengkol sambal atau jengkol rendang, maka bersihkan jengkol dari irisan darun jeruk.

2. Rendam dalam air kapur
Ini cara lain. Jengkol yang akan dimasak direndam terlebih dahulu selama satu malam sebelumnya. Ketika dimasak jengkol tidak akan bau.

3. Daun jambu klutuk dan satu sendok bubuk teh
Sebelum jengkol disambal atau dimasak rendang, maka rebus terlebih dahulu jengkol bersama daun jambu klutuk dan satu sendok bubuk teh. Hal ini akan membantu menghilangkan bau tidak sedap dari jengkol.

Mudah bukan cara menghilangkan bau jengkol setelah sobat makan makanan tersebut?

Baca juga:

Cara Alami Menghilangkan Burket Tanpa Ribet

Tips Alami dan Mudah Menghilangkan Kerutan di Wajah

Selamat mencoba

 

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


One Komentar Pada “Cara Menghilangkan Bau Jengkol Tanpa Ribet

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *