Cara Alami Menghilangkan Bopeng Bekas Cacar

Cara menghilangkan bekas cacar yang tertinggal di kulit setelah cacar air sembuh. Bekas cacar yang menghitam di kulit tentu sangat membuat beberapa orang malu. Bekas cacar ini juga tidak bisa secara cepat menghilang jika dibiarkan. Beberapa cara menghilangkan bekas cacar ini dapat membantu sobat untuk menghilangkan bekas hitam cacar secara mudah dan relatif lebih aman serta cepat.

cara menghilangkan bekas cacar

Penyakit cacar merupakan salah satu momok menakutkan bagi manusia. Penyakit jenis ini sangat mudah dan cepat penularannya yang menyebar lewat udara atau kontak langsung dengan si penderita terlebih bagi orang dengan daya tahan tubuh rendah. Penyakit cacar menyerang 1-3 kali dalam seumur hidup. Uniknya, meski si penderita sudah sembuh, tetapi virus cacar kemungkinan masih hidup dan tinggal di lapisan kulit terdalam. Penyakit cacar sangat ditakuti karena menyebabkan penderitanya menjadi sangat tidak nyaman, dan ketika sembuh menyisakan bekas berupa kulit tidak mulus, bopeng, atau tanda-tanda warna hitam yang sulit sekali dihilangkan. Apalagi bila bekas cacar tersebut di wajah. Tentu bekasnya tidak hilang selama bertahun-tahun.

Awal mulanya penyakit ini muncul dalam bentuk bercak merah di dada, punggung, perut, paha dan wajah. Kemudian membentuk gelembung melentung berisi air dan terasa sakit. Bia pecah, maka air dalam lentungan tersebut menjadi cacar baru. Selain rasanya pedih ketika lentungan pecah, juga pedih dan gatal. Rasanya tidak sabar untuk menggaruknya. Sementara jika digaruk, maka lentingan semakin banyak dan rasa gatal semakin menjadi-jadi. Bekas lentingan tersebutlah yang kemudian hari menjadi bopeng atau bekas cacar. Bila diobati di saat terkena cacar atau setelah 1-3 minggu, maka lebih mudah mengatasinya. Tetapi jika sudah bertahun-tahun, maka akan lebih sulit karena kondisi kulit bekas cacar menjelman menjadi permanen.

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air Secara Alami

Namun setidaknya, ada beberapa cara menghilangkan bekas bopeng bagi penderita cacar seperti berikut ini.

Gunakan Madu
Siapkan madu, lalu oleskan pada bagian bekas luka cacar atau bopeng.

Menggunakan Lidah Buaya
Siapkan lidah buaya, kupas kulitnya, lalu ambil gelnya (dagingnya). Oleskan gel lidah buaya tersebut pada bekas cacar hingga mongering.

Menggunakan jagung muda
Sediakan jagung muda, dibersihkan lalu diparut. Hasil parutannya dioleskan ke bagian bekas luka cacar atau bopeng di sekujur tubuh. Lakukan berulang-ulang.

Menggunakan lemon
Siapkan buah lemon, potong kecil-kecil lalu dihaluskan dengan cara mixer atau ditumbuk. Oleskan lemon yang sudah halus ke bekas luka cacar.

Menggunakanair teh hijau
Gunakan air teh hijau yang sudah diseduh pada handuk kecil atau kapas, lalu usapkan dan oleskan ke bagian luka.

ads by google :

Menggunakan daun pare
Siapkan daun pare, remas-remas sampai halus, bisa juga dengan cara blender atau mixer, campur dengan air hangat dan kemudian diperas. Campurkan juga tepung beras, aduk sampai merata. Oleskan pada bagian bekas luka.

Menggunakan ramuan herbal
Sediakan 1 buah dlingo, setengah bangle, 1 buah pinang muda, 4 helai daun sirih, 1 temu sore dan 1 sendok jintan. Cuci semuanya sampai bersih, kemudian haluskan. Kemudian ambil sarinya dengan cara diperas dan diminum sebagai ramuan.

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Secara Alami

Selain cara-cara dengan bahan di atas, masih banyak bahan tradisional lain yang juga ampuh untuk menghilangkan bopeng atau bekas luka cacar. Atau minimal menyamarkan dan mengurangi bopeng bekas cacar air. Berikut beberapa cara tradisional yang tidak jauh berbeda dengan bahan di atas.

Buah Mengkudu.
Kupas kulit buah mengkudu, potong-potong dalam ukuran kecil, hilangkan bijinya dan haslukan dengan cara ditumbuk atau diblender. Jadikan jus dan diminum secara teratur sampai bopeng dan bekas luka cacar perlahan menghilang atau minimal tersamar.

Kacang Hijau
Rendamlah kacang hijau hingga menjadi lunak, lalu haluskan dengan cara ditumbuk atau diblneder. Setelah halus, oleskan di kulit yang terdapat bopeng atau bekas cacar dalam waktu 35-40 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih. Lakukan secara teratur sampai bopeng dan bekas cacar hilang atau minimal tersamar dari kulit Sobat.

Buah Mentimun
Ambil buah mentimun, lalu potong kecil-kecil, kemudian dihaluskan dengan cara ditumbuk atau diblender. Setelah itu dioleskan ke bagian bopeng atau bekas luka cacar setiap pagi atau ketika hendak tidur. Lakukan secara rutin hingga bopeng dan bekas cacar hilang. Bisa juga dengan cara cukup memotong dalam ukuran kecil-kecil, lalu ditempelkan ke bagian bopeng atau bekas luka cacar, lakukan secara rutin hingga berangsur-angsur hilang.

Itu tadi beberapa tips cara menghilangkan bekas cacar yang bisa sobat coba untuk membantu menghilangkan bekas cacar padaa kulit sobat.

Baca juga:

Waspadai Bahaya Memakai Sepatu High Heels

Cara Mudah Mengatasi Ngantuk Berlebih

Selamat mencoba.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


9 Komentar Pada “Cara Alami Menghilangkan Bopeng Bekas Cacar

  1. Andre Geovano

    Min.. Mau tanya dri semua cara diatas cara mana yang bisa saya lakukan untuk bekas cacar saya membentuk seperti tonjolan??

    Reply
    1. Amini Post author

      Mas Andre kalo kena luka biasanya bekase membentuk spt benjolan nggak.??

      Untuk menyamarkan bisa dicoba dulu yg pake lidah buaya. Semoga berhasil 🙂

      Reply
  2. yenny

    Saya sudah lama menanggung rasa malu akibat bekas luka cacar yg menghitam dan berlubang mudah”an dengan cara ini bisa menyamarkan bekas luka cacar

    Reply
  3. andre

    Untuk bekas cacar yg udh lama, apkah masih bisa min? Biasanya klu yg udh lama.. caranya pake yg mana ya?

    Reply
  4. Aninomus

    Bekas cacar yang menghitam slama 4 th masih bisa hilang gak.

    Reply
  5. Annisa

    Banyak nih bekas cacar yg udah mau kering aq lepasi,, udah 6 hari kena cacar.. Kira2 berbekas ga ya 🙁

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *