Cara Mudah Menghilangkan Jerawat dan Komedo

Cara menghilangkan jerawat dan komedo membandel yang tumbuh di wajah ataupun di sekitar hidung. Jerawat dan komedo adalah dua hal yang kerap muncul di wajah dan menjadi momok perusak penampilan baik bagi wanita maupun laki-laki. Timbulnya jerawat dan komedo di wajah membuat wajah terlihat kurang fresh, acak-acakan, serta tidak enak dipandang. Pemilik wajah berjerawat dan berkomedo pun acapkali merasa risih, kurang pede dan kurang percaya diri terhadap gaya dan penampilan wajah. Bagi Sobat, tentu sepakat bahwa jerawat dan komedo adalah momok wajah yang menghantui.

Komedo adalah salah satu jenis jerawat yang tumbuh akibat pori-pori tertutup kotoran sehingga tempat berkembang biak komedo. Selain itu, komedo juga muncul akibat pori-pori tersumbat akibat eksresi minyak dari dalam kulit sehingga muncul bintik-bintik hitam kecil, flek-flek hitam kecil, dan rasanya gatal.

Komedo juga muncul disebabkan alergi terhadap produk tertentu seperti shampoo, bedak, tabir surya, susu pembersih dan lain-lain. Komedo dan jerawat acapkali muncul bersamaan. Namun di bawah ini ada beberapa tips menghilangkan jerawat dan komedo.

cara menghilangkan jerawat dan komedo

Cara Menghuilangkan Bekas Jerawat

Selain masalah jerawat dan komedo, masalah lain yang selalu muncul setelah jerawat teratasi adalah munculnya bopeng bopeng bekas jerawat. Terlebih jika sobat suka memenceti jerawat yang timbul pada daerah wajah. Kebiasaan memencet jerawat ini akan menimbulkan bopeng bekas jerawat yang cukup sulit untuk dihilangkan.

Nah untuk menghilangkan bekas jerawat ini, ada beberapa tips yang bisa sobat coba dan praktekkan. Lebih lengkap tentang bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat seperti bopeng atau flek flek hitam bisa sobat baca di Cara Menghilangkan Lubang Bekas Jerawat Cepat dan Alami

Cara Menghilangkan jerawat dan Komedo Secara Alami dan Cepat

Selain menggunakan bahan kimia, beberapa bahan alami berikut ini dapat menjadi pilihan sobat untuk menghilangkan jerawat ataupun komedo yang membandel. Apa saja bahan-bahan tersebut, yuk baca sampai selesai.

Menggunakan telur
Sediakan 1 butir telur, pisahkan kuning telur dan putihnya. Bersihkan wajah dengan sabun pembersih. Kemudian sediakan air hangat dalam wadah, mangkok atau bakskom kecil. Uapkan wajah menghadap ke air hangat dengan tujuan supaya pori-pori di area wajah terbuka. Lalu oleskan putih telur ke wajah dan biarkan sampai 15 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

Menggunakan bawang putih
sediakan sejumlah bawang putih, lalu diiris dan ditumbuk sampai halus. Kemudian oleskan ke wajah dan biarkan beberpa menit, kemudian barulah dibilas dengan air sampai bersih.

Sinar matahari

Bantuan sinar matahari dapat menyehatkan sel-sel. Oleh karena itu luangkan waktu agar kulit terkena sinar matahari di siang hari.

Jeruk Nipis
Siapkan satu buah jeruk nipis, peras atau dibuat jus, lalu saring airnya. Kemudian campurkan air saringan perasan jeruk nipis dengan air mawar lalu dioleskan ke wajah dan biarkan hingga 15 menit. Lalu bilas dengan air hangat.

Baca juga manfaat jeruk nipis yang lain: Cara Menghilangkan Kulit Belang Alami dan Mudah

Olahraga dan istirahat/tidur cukup
Olahraga menjaga keseimbangan hormone dan menstabilkan hormon-hormon penyebab jerawat dan komedo. Di samping itu, tidur membantu merelaksasi dan mengurangi stress yang dapat memicu timbulnya jerawat dan komedo.

ads by google :

Pasta gigi
Oleskan pasta gigi di bagian wajah yang banyak ditumbuhi jerawat dan komedo. Lebih baik dioleskan di malam hari dan dibilas di pagi harinya.

cara menghilangkan jerawat dan komedoTomat
Selain bermanfaat sebagai pemutih wajah alami, kandungan vitamin C pada tomat juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Sediakan satu buah tomat, kemudian iris tipis tipid atau haluskan untuk digunakan sebagai masker. Oleskan irisan tomat ke seluruh wajah yang dipenuhi jerawat dan komedo. Tunggu sekitar 20 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Lidah buaya
Sediakan satu lembar daun lidah buaya yang masih segar. Bersihkan lidah buaya tadi lalu potong kecil-kecil beberapa bagian. Kemudian oleskan ke wajah yang oenuh jerawat dan komedo. Lalu biarkan sampai mengering. Kemudian dibilas.

Menjaga kebersihan
Bersihkan wajah dan kedua tangan setiap kali pulang berpergian. Karena mungkin banyak debu, abu, pasir dan kuman yang tersebar beterbangan di udara.

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung dengan Bahan Alami

Selain bahan-bahan alami di atas sebagai obat jerawat dan komedo, berikut ada beberapa bahan alami yang bisa menghilangkan komdeo dan jerawat.

1. Air Putih
Teratur minum air putih dalam jumlah proporsional membantu memperlancar sistem metabolisme pada tubuh dan menghambat pertumbuhan jerawat dan hidung.

2. Es Batu
Caranya: tempelkan es batu pada wajah yang penuh komedo agar pori-pori di wajah mengecil sehingga bakteri dan kotoran tidak bebas kalur masuk.

3. Jangan latah
Jaga makanan dan minuman penyebab timbulnya jerawat dan komedo seperti gorengan, makan berminyak dan banyak lemak serta jangan suka memencet jerawat dan komedo, karena semakin sering dipencet semakin membuka ruang di area jerawat dan komedo untuk semakin berkembang biak.

Itu tadi beberapa tips tentang cara menghilangkan jerawat dan komedo dengan menggunakan bahan alami.

Baca juga:

Cara Praktis Menghilangkan Jerawat Kecil Kecil

Cara Ampuh Menghilangkan Kapalan pada Kaki dan Tangan

Cara Alami Menghilangkan Burket Tanpa Ribet

Selamat mencoba

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *