Cara Ampuh Menghilangkan Kapalan pada Kaki dan Tangan

Cara menghilangkan kapalan yang ada di telapak tangan ataupun telapak kaki. Kapalan memang tidak berbahaya, namun seringkali kapalan ini membuat kita kurang percaya diri apalagi ketika berjabat tangan. Pasalnya telapak tangan yang kapalan akan membuat telapak tangan kita terasa kasar sekali.

Sobat pasti pernah mengalami kulit telapak tangan kapalan. Hal tersebut terjadi akibat gesekan yang berulangkali pada kulit sehingga menjadi mengeras dan tebal. Biasanya penebalan terjadi pada telapak tangan, tumit, telapak kaki, mata kaki dan ruas-ruas jari. Bila sering memakai sepatu sempit model boot, biasanya sering membuat mata kaki kapalan.

Kapalan di mata kaki, kaki dan bagian tubuh lain biasnaya tidak menjadi masalah. Tetapi akan sangat menggangu bila kapalan ada di telapak tangan. Terutama ketika bersalaman, maka telapak tangan terasa kasar dan keras. Ada beberapa cara untuk menghilangkan kapalan pada telapak tangan dan kaki. Yuk, Sobat harus tahu sehingga sewaktu-waktu bisa mengatasinya dengan tepat dan cepat.

cara menghilangkan kapalan

Cara Menghilangkan Kapalan di Telapak Tangan atau Kaki

Jika sobat bermasalah dengan kapalan ini, ada beberapa cara ampuh untuk menghilangkan kapalan.  Beberapa tips cara menghilangkan kapalan tersebut antara lain sebagai berikut:

Rendam dengan air hangat

cara menghilangkan kapalanKaki yang terkena kapalan atau tangan kapalan direndam dalam air hangat sekitar 30 menit, kemudian kulit kakai dan telapak tangan yang kapalan digosok dengan sikat, atau batu apung agar sel-sel kulit mati yang membentuk kapalan terkelupas secara perlahan. Lakukan secararutin ketika hendak mandi selama dua sampai tiga minggu.

Oleskan pelembap atau lotion
Cara lainnya adalah dengan mengoleskan pelembab atau lotion pada kaki dan telapak tangan. Hal ini akan membantu menjaga agar kulit tidak kering dan tidak terjadi kapalan.

Gunakan krim khusus kapalan
Gunakan krim yang bisa mengelupaskan kulit tebal kapalan dan keras seperti salicylic acid. Bahan bahan tersebut akan membantu mengurangi kapalan  sehingga kapalan di tangan dan kaki segera sembuh.

Cara Menghilangkan Kapalan Secara Alami

Di samping cara di atas, kapalan di kaki dan tangan juga bisa disembuhkan dengan cara-cara alami. Yaitu sebagai berikut:

Menggunakan daun Kamboja
Caranya: oleskan pada area kapalan getah daun kemboja. Oleskan secara rutin setiap hari agar kulit kapalan perlahan menipis dan menghilang.

ads by google :

Menggunakan jeruk sitrun
Caranya: ambil satu buah jeruk sitrun (lemon), lalu diperas. Air perasan jeruk lemon tersebut dioleskan pada area yang terkena kapalan baik di tangan maupun di kaki. Lalu biarkan selama minimal 30 menit dan lebih dianjurkan dioleskan di malam hari dan dibilas ketika bangun tidur di pagi hari.

Gunakan kopi
Caranya: ambil sisa bekas kopi, lalu gosokkan pada kulit kapalan baik di kaki maupun di telapak tangan. Setelah itu biarkan kopi yang digosokkan di bagian tangan yang kapalan, setelah itu dibilas dengan air bersih. Lakukan secara teratur dua kali sehari agar kapalan segera hilang.

Menggunakan bawang putih
Caranya: haluskan bawang putih atau bisa juga dengan menumbuk sampai halus, lalu oleskan pada bagian yang terkena kapalan di tangan mauoun kaki. Bawang putih juga memiliki manfaatkan mengelupaskan kulit-kulit kapalan yang keras dan kasar tersebut.

Gunakan kentang
Caranya: ambi umbi kentang secukupnya. Lalu parut dalam beberapa bagian. Setalah diparut sampai halus, maka oleskan pad abagian kapalan di tangan maupun di kaki. Kmueidan tutupi dengan kain kasa dan biarkan sekitar 3-4 jam sampai benar-benar meresap. Lakukan secara teratur dan sangat dianjurkan ketika hendak tidur agar waktu olesan lama hingga di pagi hari.

Gunakan papaya
Caranya: Ambil satu buah papaya mentah, lalu haluskan dalam bentuk beberapa potong. Kemudian oleskan pada bagian yang terkena kapalan. Lakukan secara teratur setiap hari agar kulit kasar dan keras kapalan perlahan rontok dan menghilang.

Bila kondisi kapalan semakin parah, terutama semakin keras dan kasar, memerah dan membengkak, terutama bagi penderita diabetes, maka segera ke dokter. Bagi penderita diabetes juga jangan sekali-kali mengiris, memotong atau sejenisnya terjadap kulit kapalan karena sangat berbahaya bila nanti memperburuk aliran darah.

Penggunaan sepatu high heels, selain menimbulkan kapalan, ternyata juga mempunyai efek samping yang cukup berbahaya untuk kesehatan kita. Baca selengkapnya di Waspadai Bahaya Memakai Sepatu High Heels

Baca juga:

Cara Alami dan Ampuh Merawat Rambut Rusak Akibat Rebonding

Awas Bahaya Mencabut Bulu Ketiak Beresiko Kanker Payudara

Selamat mencoba.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *