Cara Jitu Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Cara menghilangkan karang gigi yang menguning secara alami dan mudah. Bagi sebagian orang, karang gigi adalah sesuatu hal yang dianggap sepele. Padahal, tanpa disadari karang gigi menjadi pemicu pertumbuhan bakteri penyebab kanker mulut. Ihh, serem ya Sobat.

Karang gigi juga dikenal sebagai plak gigi yang menempel pada gigi hasil dari sisa-sia makanan yang melilit di sela-sela gigi. Karang gigi semakin menumpuk tebal bila malas menggosok gigi sehabis makan dan ketika hendak tidur. Meski awalnya karang gigi hanya sisa makanan dalam jumlah amat kecil dan menempel membentuk plak gigi, namun dalam jangka panjang akan menyebar ke seluruh gigi, berpotensi kanker mulut serta menyebabkan bau mulut. Baca juga: Cara Cepat Menghilangkan Bau Mulut Secara Mudah

cara menghilangkan karang gigi secara alami

Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi dengan Cepat

Berikut cara-cara alami membersihkan karang gigi. Yuk kita bersihkan karang gigi dengan cara berikut.

Biji Asam Kawak
Caranya menumbuk biji asam kawak sampai halus lalu campurkan sedikit air hangat secukupnya. Gunakan biji asam kawak yang sudah dihaluskan dan dicampur air tadi sebagai pasta (odol) gigi. Lakukan secara rutin seperti menyikat gigi sampai karang gigi benar-benar bersih.

Gunakan Batu bata dan arang
Cara ini memang agak ekstrim. Namun sudah digunakan turun temurun sejak dahulu kala. Caranya: tumbuk batu bata dan arang sampai halus, lalu digosokkan di gigi dengan tangan. Setelah itu berkumur-kumur. Usahakan jangan sampai terkena gusi karena bisa menyebabkan iritasi dan infeksi.

Cengkeh
Caranya: Gosokkan cengkeh ke karang gigi atau plak gigi, lalu berkumur-kumur. Lakukan secara teratur dan usahakan dilakukan sebelum jadwal gosok gigi biasa.

Kulit jeruk
Caranya: Gosokkan kulit jeruk ke bagian gigi yang ada karang giginya atau plak gigi. Gosokkan secara teratur sehabis makan dan ketika hendak tidur. Hati-hati menggosokkan karena bisa saja terkena gusi.

Baca: Tips Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Mudah

ads by google :

Buah Strawbery
Caranya: Sering mengkonsumsi buah strawberry untuk mengikis karang gigi dan plak gigi secara alami di saat mengunyahnya.

Buah Apel, melon dan semangka
Caranya: mengkonsumsi buah apel tanpa mengupas kulitnya. Serta bisa juga konsumsi buah semagka dan melon karena banyak mengandunga air dan membantu menghilangkan karang gigi dan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. Aktivitas mengunyah buah apel, melon dan semangka mampu membantu membersihkan karang gigi

Hindari makanan berbahan tepung dan gula
Makanan dengan kandungan gula tinggi dan banyak megandung tepung, biasanya mudah sekali masuk ke sela-sela gigi hingga paling kecil sekalipun. Hal tersebut memudahkan pembentukan karang dan plak gigi secara cepat. Mengurangi konsumsi terhadap makanan tersebut membantu menghilangkan karang gigi secara alami.

Cara Menghilangkan Plak Gigi Secara Alami

Selain cara alami di atas, juga terdapat cara-cara konvensional sebagaimana berikut:

  1. Menggosok gigi dengan menggunakan pasta gigi khusus terutama pasta gigi yang mengandung fluorid serta tartar control yang mampu menghilangkan karang di gigi.
  2. Menggunakan baking soda dengan cara menggunakannya sebagai pasta gigi lalu menggosok gigi dengan baking soda.
  3. Menggosok dan menyikat gigi dengan cara benar yaitu membentuk bulatan kecil dari bawah ke atas, bukan menyikat dengan arah ke kanan dan ke kiri.cara menghilangkan karang gigi secara alami

Tips Mencegah Timbunya Karang Gigi

Usaha menghilangkan karang gigi akan sia-sia bila tidak dibarengi langkah preventif (pencegahan). Sebab, tiap hari gigi selalu bekerja minimal 3 x sehari ketika makan pagi, siang dan malam. Otomatis karang dan plek gigi terus bertambah seiring makanan yang dikunyah. Berikut tips-tips pencegahan karang gigi:

  1. Berkumur-kumur dan minum air putih setelah makan makanan berat maupun makan makanan ringan (snack, cemilan).
  2. Perbanyak makan buah dan sayur-sayuran karena buah dan sayur mayur jarang menempel ke sela-sela gigi sekaligus ikut menyikat membantu membersihkan sela-sela gigi dari kotoran karang dan plek gigi.
  3. Menyikat gigi secara teratur ketika hendak tidur dan ketika sehabis makan.
  4. Menyikat gigi dengan siwak. Cara ini cukup ampuh mengingat kayu siwak memiliki kandungan yang mampu membersihkan gigi dan biasanya banyak dijual di toko-toko di samping sikat gigi biasa.

Baca juga:

Cara Praktis Menghilangkan Jerawat Kecil Kecil

Waspadai dan Kenali Ciri Cream Wajah Berbahaya

Semoga tips tentang cara menghilangkan karang gigi secara alami dan mudah yang sudah kita bahas diatas bermanfaat bagi sobat. Selamat mencoba.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *