Tips Ampuh dan Mudah Cara Berhenti Merokok Secara Total

Merokok merupakan candu yang berbahaya baik bagi kesehatan maupun bagi isi kantong. Selain merugikan dari sisi kesehatan, dompet juga merugikan keuangan karena rokok hang dibakar tidak bisa mengenyangkan perut.

Ada beberapa cara yang cukup ampuh dan sudah terbukti jika sobat ingin berhenti dari kebiasaan merokok. Mengingat banyaknya dampak negatif yang ditimbulkan, tidaak ada alasan lagi untuk sobat melanjutkan kebiasaan buruk ini.

Selain itu, menurut sebuah penelitian, rokok juga mengandng setidaknya 4000 zat kimia beracun berbahaya yang tidak sehat dihisisap seperti nikotin, tar, karbon monoksida dan zat lainnya. Ironisnya di Indonesia rokok tidak hanya menjadi candu bagi orang dewasa, tetapi juga merambah anak SMP, SMA dan di banyak kasus juga anak SD.

cara menghilangkan kebiasaan merokok

Bagi Sobat yang kebetulan perokok, maka berhentilah untuk kesehatan dan masa depan. Karena dampak rokok sangat mengerikan bagi kesehatan meskipun nampak dalam waktu lama pada kisaran lima tahun hingga 10 tahun akan datang.

Dampak Buruk Kecanduan Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ada beberapa dampak buruk kecanduan akibat rokok. Bagi Sobat yang kecanduan rokok, penyakit berikut bisa jadi pertimbangan berfikir ulang tentang efek samping dari merokok.

Hal ini karena rokok tidak hanya merugikan kesehatan tubuh dan menghabiskan uang pribadi, tetapi asap yang dihembuskan oleh perokok aktif akan berbahaya bagi orang yang tidak merokok (perokok pasif). Pikirkan dan sayangi keluarga, anak-anak, istri, sahabat dan orang-orang di sekeliling bila Sobat tidak berhenti merokok.

Beberapa hal yang dapat terjadi karena kebiasaan buruk merokok antara lain:

1. Rambut rontok

Rokok bisa menjadi pemicu rambut rokok, karena zat-zat racun rokok melemahkan dayah tahan dan sistem imunitas tubuh sehingga rentan diserang virus dan mudah sakit salah satu rabut rontok.

2. Katarak

Zat – zat rokok yang dihisap dalam asap dan masuk ke paru-paru kemudian disebarkan seluruh tubuh melalui pembuluh termasuk ke saraf mata. Bila candu rokok sangat parah dalam waktu lama, maka zat-zat berbahaya tersebut lambat laut menumpuk di area mata dan mengakibatkan katarak.

3. Penyakit kanker

cara menghilangkan kebiasaan merokok

Merokok tentu menghisap asap yang jelas-jelas mengandung lebih dari 4000 zat kimia beracun dan otomatis ditransferkan ke seluruh tubuh lewat pembuluh darah. Otomatis zat racun tersebut melumpuhkan vitamin A, merusak protein dan menghambat aliran darah. Lambat laut hal ini akan menjadi penyebab kanker yang sangat ditakuti di area di mana asap rokok sering keluar masuk seperti paru-paru, kerongkongan, mulut dan bibir. Bukankah sekarang di bungkus depan rokok sudah terdapat peringatan yang disertai gambar kanker yang cukup mengerikan karena rokok. Masih berfikir untuk merokok?

4. Tulang keropos

Merokok juga menyebabkan tulang keropos (osteoporosis). Pemicunya, asap rokok mengandung zat karbon monoksida setara asap knalpot kendaraan yang menurunkan kadar oksigen hingga 15 persen sehingga perlahan membuat tulang keropos.

5. Noda Gigi ( Gigi Kuning)

Zat nikotin pada rokok ampuh membuat gigi berwarna kuning. Oleh karena itu, maka jauhilah rokok.

Baca juga: Cara Termudah Memutihkan Gigi Kuning Permanen

ads by google :

6. Penyakit jantung

Banyaknya zat racun yang terkandung di dalam rokok seperti tar dan nikotin akan ikut bercampur dengan aliran darah. Darah yang terlalu banyak kadar tarnya, lama kelamaan akan mengental. Hal ini akan berpengaruh terhadap kerja jantung. Jika darah semakin mengental, maka kerja jantung juga akan semakin meningkat.

7. Kerusakan paru paru

Para perokok yang aktif maupun perokok pasif kebanyakan dari mereka akan mengalami gangguna pada paru  paru. Asap rokok yang dihirup melalui hidung akan masuk kedalam paru paru. Jika kondisi tubuh sehat, asap di paru paru akan menyebabkan paru paru menjadi mengering. Jika kondisi tubuh sedang tidak fit, maka asap akan menyebabkan paru paru menjadi mengembun.

Masih banyak lagi akibat buruk dari merokok. Namun beberapa dampak buruk di atas setidaknya mewakili agar Sobat lebih merenungkan betapa kesehatan diri sendiri dan orang-orang sekitar yang dicintai dan disayangi lebih penting dibandingkan menuruti hawa nafsu merokok.

Cara Menghilangkan Kebiasaan Merokok

Cara menghilangkan kebiasaan merokok yang bisa sobat lakukan dan cukup ampuh untuk mengatasi keinginan merokok lagi.

1. Niat kuat.

Hal yang paling utama dalam mewujudkan keinginan untuk berhenti merokok adalah niat dari dalam hati yang kuat. Jika sobat mempunyai keinginan yang kuat dari hati, hal ini akan cukup mudah untuk dilakukan.

2. Dukungan orang-orang terdekat, baik istri, anak-anak, keluarga dan teman-teman. Minta mereka mengingatkan bila Sobat lupa hendak merokok kembali.

3. Buat target. Pertama, mungkin dari awalnya 3 batang satu hari, dikurangi menjadi 2 batang 1 hari dalam 1 minggu. Minggu selanjutnya 2 batang dlm 1 hari. Selanjutnya 1 batang dalam sehari, hingga benar-benar terbiasa tidak merokok.

4. Cari suasana baru. Berkumpullah dengan orang-orang yang tidak merokok agar keinginan merokok tidak muncul lagi. Karena bila bergambung dengan orang-orang yang merokok, keinginan merokok akan kembali muncul.

5. Kunyah permen, manisan, permen jahe dan sejenisnya sebagai ganti rokok untuk aktivitas mulut.

6. Sibuk beraktivitas. Kesibukan akan membantu melupakan aktivitas dan keinginan merokok yang datang dengan kuat.

7. Hindari minuman berkafein seperti kopi dan teh untuk sementara waktu untuk melupakan rasa ingin kembali merokok. Gantikan dengan perbanyak minum air putih.

8. Sehabis makan, sibukkan dengan berbagai kegiatan. Misalnya sekadar keliling rumah, menyapu dan membersihkan rumah, bermain bersama anak, atau sekadar main game.

9. Jangan menyerah. Banyak orang yang separuh jalan, ketika godaan merokok datang, kembali mencobanya 1 batang. Kahirnya kebiasaan rokok kembali seperti sediakala dan tidak pernah benar-benar berhenti dari merokok.

Ingat ya, niat yang kuat adalah modal utama dalam menyukseskan progam berhenti merokok. Sekali lagi matikan rokok sebelum rokok mematikan mu.

Baca juga:

Cara Mudah Menghilangkan Ngorok Saat Tidur

Awas Bahaya Mencabut Bulu Ketiak Beresiko Kanker Payudara

Selamat mencoba, semoga lekas berhasil.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet