10 Cara Alami Menghilangkan Kulit Bersisik & Kering

Kulit kering dan bersisik sering kali kita alami pas musim seperti ini. Hati hati jangan membiarkannya, karena akan menyebabkan kulit menjadi kusam dan pecah pecah. Ada beberapa cara menghilangkan kulit bersisik ini dengan menggunakan bahan alami.

Permasalahan kulit merupakan hal yang paling menyita perhatian. Umumnya orang Indonesia selalu mendambakan kulit yang putih dan lembab. Padahal kulit yang sehat tidak harus putih, tetapi setidaknya harus cerah dan bersih.

Tetapi kadang entah karena paparan sinar matahari terus menerus atau karena sering terkena suhu udara dingin dari ruangan ber-AC akhirnya membuat kulit kita menjadi kering bahkan bersisik layaknya kulit ular. Wah, bikin nggak PD tentunya!

cara mengatasi kulit bersisik

Cara Mengatasi Kulit Bersisik dan Kering

Jika sobat saat ini sedang galau karena kulit bersisik, langsung saja simak tips-tips cara menghilangkan kulit bersisik kami berikut ini untuk mengembalikan kulit jadi lembab dan halus.

1. Jeruk purut tua

Buah jeruk purut yang sudah tua ternyata bisa mengobati kulit yang bersisik. Bila kulit sobat sangat bersisik, cobalah menggosokkan jeruk purut tua yang telah dibelah menjadi dua ke bagian kulit yang kering. Lakukan cara ini secara rutin yakni 1 kali per hari tiap malam menjelang tidur.

2. Buah nanas

cara mengatasi kulit bersisikBahan alami lain yang bisa mengatasi kulit bersisik adalah buah nanas yang telah masak alias matang.

Caranya, sediakan buah nanas secukupnya yang telah dikupas kulitnya. Kemudian parutlah buah nanas yang telah matang lalu gosokkan parutan buah nanas itu ke kulit yang kering dan bersisik. Biasanya di kulit bagian kaki atau tangan. Lakukan secara rutin 1 kali sehari di malam hari menjelang tidur. Keesokan paginya, bersihkan dengan air sambil mandi.

3. Pakai pelembab

Bila kulit sobat terasa kering dan bersisik, oleskan pelembap atau lotion sesering mungkin pada kulit tangan dan kaki atau bagian tubuh yang kering, terutama sehabis mandi. Pakailah pelembab yang mengandung vitamin E. Jangan lupa pakai pelembap sebelum tidur di malam hari.

4. Pisang

Siapkan buah pisang secukupnya. Haluskan buah pisang tersebut hingga wujudnya berubah seperti pasta. Oleskan pasta buah pisang ke kulit tubuh bersisik yang telah dibersihkan. Diamkan sekitar 15 menit. Selain bisa mengatasi kulit bersisik, buah pisang juga bisa melembutkan tumit kaki yang pecah-pecah.

5. Minyak zaitun

Selain bahan-bahan di atas, sobat juga bisa mencoba alternatif menggunakan minyak zaitun (extra virgin olive oil). Caranya sangat mudah kok. Sobat hanya perlu mengoleskan minyak zaitun ke bagian kulit yang kering, pecah-pecah, maupun bersisik sembari dipijat lembut sekitar 10 menit. Lakukan ini secara rutin tiap malam sebelum tidur.

ads by google :

6. Petroleum jelly

Sobat tahu petroleum jelly kan? Petroleum jelly adalah sejenis produk kecantikan yang bentuknya mirip balsam. Petroleum jelly ini sangat manjur untuk melembapkan kulit yang kering dan bersisik.

Cara penggunaannya pun sangat sederhana. Sobat tinggal mengoleskannya saja ke bagian kulit yang diinginkan dan biarkan semalaman supaya keesokan paginya kulit sobat bisa lebih lembab. Lakukan ini secara teratur agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Mandi susu

Cara satu ini bisa cukup mujarab bagi sobat yang malas repot. Sobat bisa saja langsung pergi ke salon atau langsung mandi susu di rumah. Mandi menggunakan susu bisa melembapkan kulit secara alami sekaligus bisa membuat kulit sobat lebih lembut dan kenyal.

8. Peeling

Jika sobat mengalami masalah kulit bersisik, cobalah untuk melakukan peeling atau scrubbing dengan scrub dari bahan-bahan alami. Scrubbing dapat mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi kulit supaya lebih sehat dan terawat.

9. Konsumsi makanan yang mengandung kolagen

Kolagen sudah terkenal baik untuk menjaga kesehatan kulit. Sobat bisa mendapatkan banyak kolagen lewat ikan salmon, buah-buahan serta sayuran. Sobat bisa juga memakai lotion yang terkandung kolagen di dalamnya.

Baca juga: 10 Cara Alami Mengatasi Wajah Berminyak dan Berjerawat

10. Banyak minum air putih

Bukan tubuh saja yang butuh air, tapi kulit sobat juga membutuhkan air supaya senantiasa lembab. Jika sobat termasuk orang yang memiliki kulit bersisik, bisa saja itu menjadi pertanda bahwa tubuh sobat kekurangan air. Cobalah untuk meminum banyak air putih supaya kulit sobat lebih bersinar.

Nah bagaimana, masih galau dengan masalah kulit bersisik ini setelah membaca beberapa tips jitu diatas.

Baca juga:

Tips Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami dan Mudah

13 Efek Samping Mengerikan Suntik Putih

Semoga bermanfaat.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


One Komentar Pada “10 Cara Alami Menghilangkan Kulit Bersisik & Kering

  1. Nadzwa Zeeyah

    paling mudah adalah pisang tapi apakah hasilnya cepat atau lambat

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *