Cara Menghilangkan Pilek Tanpa Ribet

Cara menghilangkan pilek atau influenza yaang meyerang. Pilek atau flu atau lebih dikenal dengan influenza, terkadang memang sangat menyiksa. Membuat kita tidak nyaman melakukan apapun. Misalnya saja mau makan, atau beraktivitas dalam keseharian.

Pilek atau influenza seringkali menyerang semua orang tanpa padang usia. Tentu, di antara Sobat yang pernah merasakan pilek sudah tahu betapa tidak nyamannya ketika menderita pilek karena kerapkali bersin, hidung tersumbat dan sibuk mengelap ingus di hidung. Sebenarnya pilek disebabkan oleh infeksi virus influenza yang menyerang alat pernafasan terutama hidung, paru-paru dan tenggorokan.

Akibatnya, sistem kerja hidung terganggu, serta juga menggangu sistem kerja tenggorokan. Berita buruknya, penyakit flu, pilek atau influenza dapat menyebar dan menular dengan banyak cara. Di antaranya kontak langsung, berbagi alat makan, berbagi minuman, melalui udara yang sudah tercemar virus lewat batuk dan bersin serta berbagi makanan.

cara menghilangkan pilek

Jadi, bagi Sobat yang kebetulan tengah terkena flu, pilek atau influenza jangan lupa segera obati dan bawa sapu tangan untuk berjaga ketika bersin dan batuk agar virus tidak menyebar dna menular ke banyak orang.

Biasanya penderita pilek akan mengalami gejala-gejala demam, nyeri tenggorokan, badan menggigil, kepala terasa berat dan agak pusing, batuk, selalu bersin, hidung beringus, dan lain-lain.

Cara Mengatasi Flu atau Pilek Secara Alami

Flu atau pilek ini sangat mudah sekali menular. Penularan pilek atau influenza ini bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut:

  • Menular melalui udara, virus influenza ini sangat mudah sekali menular melalui udara. Berbicara dengan jarak yang cukup dekat, atau berdekatan orang yang sedang batuk atau bersin dapat juga membuat sobat tertular flu. Terlebihb saat tubuh sedang dalam kondisi drop, penularan akan sangat mudah sekali karena imun yang kurang baik dalam melawan virus.
  • Menggunakan alat makan yang sama, hal ini juga dapat menularkan pilek. Pasalnya virus akan tertinggal dialat makan yang digunakan oleh orang yang sedang pilek. Dan akan berpindah ke tubuh kita jika kita menggunakannya tanpa mencucuinya terlebih dahulu.
  • Cuaca ekstrim, cuaca yang tidak menentu juga menjadi salah satu faktor menyebarnya virus influenza ini. Saat kondisi cuaca berubah ubah, virus akan lebih cepat berkmebang biak.

Walaupun influenza mudah menular,namun sobat tidak perlu takut karena influenza bukan penyakit yang berbahaya. Selain itu, penyakit ini juga cukup mudah untuk disembuhkan. Untuk menyembuhkan pilek pada orang dewasa berbeda dengan menyembuhkan pilek pada bayi. Untuk menyembuhkan pilek pada bayi ada beberapa hal, baca selengkapnya di Obat Batuk Pilek Untuk Bayi Aman dan Efektif

Beberapa tips cara menghilangkan pilek berikut ini bisa sobat jadikan pilihan untuk mengurangi atau meringankan gejala flu sobat. Apa saja tipsnya simak yuk.

Konsumsi minuman hangat
Penderita pilek dianjurkan meminum minuman hangat misahnya teh hangat, kopi hangat, air putih hangat dan makanan hangat lainnya agar supaya melegakan tenggorokan dan mengurangi hidung mampet. Selain itu, sobat juga dapat mengkonsumsi soup hangat atau sayur bening hangat.

Perbanyak minum air putih
Karena virus menyerang semua sistem kerja hidung termasuk tenggorokan dan peru-paru, maka dengan minum air putih membantu membersihkan area-area tersebut dari kuman sekaligus menjamin suplai cairan tubuh dan menghindari dehidrasi.

Istirahat yang cukup
Penderita pilek biasanya kondisi tubuh serasa tidak enak, melemah dan sistem imunitas ikut melemah. Oleh karena itu, untuk memulihkannya cukup dengan istirahat cukup agar kembali seperti semula.

Perbanyak konsumsi buah dan sayur
Buah dan sayur mengandung vitamin dan mineral yang banyak. Hal tersebut sangat penting untuk menambah sistem kekebalan tubuh dan membantu memperbaiki kekebalan tubuh dari serangan penyakit. Oleh karena itu, bagi penderita pilek sangat dianjurkan banyak konsumsi buah dan sayur.

ads by google :

Mentol atau Mint
Aroma mentol dan mint dapat membantu meringankan pilek yang diderita sekaligus mengurangi kondisi hidung mampet.

Baca juga: Cara Alami dan Efektif Mengatasi Anak Demam

Mandi air hangat
Karena pilek biasanya menyerang di saat kondisi tubuh lemah, ketika kondisi cuaca dingin, atau sehabis kehujanan dan main hujan, maka usahakan penderita pilek mandi air hangat agar tubuh fit dan sehat.

cara menghilangkan pilekLakukan inhalasi sederhana
Lakukan inhalasi sederhana, inhalasi sederhana ini dapat sobat lakukan dengan cara, taruh air panas dalam sebuah wadah seperti mangkok. Kemudian campurkan sedikit aroma terapi yang sobat sukai ke dalam air tadi. Aroma terapi dapat berupa minyak kayu putih atau apapun yang sobat sukai. Hirup uap air dari mangkok, tutup dengan handuk agar uap air tidak banyak yang keluar.

Banyak konsumi makanan pedas
Konsumi makanan pedas membantu penderita pilek meringankan cairan lendir di hidung. Karena bila mengonsumi makanan pedas otomatis hidung akan mengeluarkan lendir-lendir yang selama ini membuat hidung mampet.

Menggunakan madu dan Jahe
Campuran madu dan jahe yang dibuat dalam minuman akan membantu meringankan pilek yang diderita. Karena selain hangat, jahe dan madu juga membantu memperkuat kekebalan tubuh dan menyembuhkan.

Konsumsi cukup vitamin C
Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang mampu menggantikan sel sel tubuh yang rusak karena sakit. Salah satu makanan yang bisa sobat jadikan pilihan antara lain jeruk nipis. Jeruk nipis ini mengandung cukup banyak vitamin C. Selain dimanfaatkan untuk menghilangkan pilek, jeruk nipis ini juga bisa digunakan untuk mencerahklan wajah. Baca tips selengkapnya di Pemutih Wajah Alami Efektif Tanpa Efek Samping

Cara Mengobati Pilek Secara Alami

Selain tips dan cara di atas, cara mengobati pilek juga bisa dilakukan dengan cara lain sebagaimana berikut.

  1. Gunakan balsam hangat. Cukup oleskan balsam hangat atau minyak kayu putih di hidung untuk mengatasi hidung mampet.
  2. Minum obat di apotik. Bila malas merasa tidak sempat, malas atau bingung meracik obat sendiri, maka cukup membeli obat pilek di apotik atau pun di warung yang banyak di jual seperti aspirin, dekongestan, paracetamol, ibuprofen dan lain-lain.
  3. Makan sup ayam hangat. Sup ayam yang dihidangkan dalam kondisi hangat-hangat kuku, membantu meredakan pilek dan membantu mengurangi gangguan pernafasan. Selain itu sup ayam hangat membantu menghambat produksi lendir di hidung, menyegarkan rongga hidung yang mampet serta menghangatkan tubuh.

Cukup muidah bukan untuk mengobati pilek sendiri tanpa harus minum obat dari dokter. Biasanya sakit pilek atau flu ini akan sembuh sendiri dalam waktu sekitar satu minggu.

Baca juga:

Cara Alami dan Mudah Mengobati Batuk Pilek

Berpikir Operasi Plastik? Ketahui Efek Sampingnya

Semoga cara menghilangkan pilek diatas bermanfaat bagi sobat semu. Selamat mencoba.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *