9 Cara Ampuh Menghilangkan Uban Secara Alami

Kemunculan uban di kepala di usia muda tentu menjadi pertanyaan besar dan menjadi perhatian bagi sebagian orang. Pertama, sudah umur berapa? Kedua, lho, masih muda kok sudah ubanan? Dua pertanyaan itu sering ditujukan kepada orang-orang yang memiliki rambut ubanan di usia masih muda.

Kenapa demikian? Sebab, persepsi di tengah masyarakat memandang orang yang rambutnya beruban identik dengan orang tua, kakek-kakek atau orang yang banyak pikiran. Pasti jadi masalah kan? Lalu adakah cara menghilangkan uban secara alami ?

Jujur saja, bagi orang muda yang ubanan tentu memengaruhi penampilannya. Lebih parahnya, orang yang punya rambut uban di usia muda kerapkali dianggap sudah tidak produktif, kebanyakan pikiran dan sudah tua. Padahal fakta yang terjadi sebenarnya tidaklah demikian.

Apalagi jika ada di antara Sobat-Sobat yang rambutnya ubanan, tentu geram bin gemas bila ada orang yang berlama-lama memandang rambut Sobat dan tanpa dosa berani bertanya: Kok udah ubanan? Sudah berapa umurnya? Dari kacamata ilmiah, fenomena uban rambut sebenarnya disebabkan melanosit atau sel-sel folikel rambut tidak lagi memproduksi pigmen rambut atau melanin.

Baca juga: Cara Alami dan Ampuh Merawat Rambut Rusak Akibat Rebonding

Ketiadaan suplai melanin menjadikan warna rambut memudar, memutih dan kita mengenalnya: Uban.

cara menghilangkan uban secara alami26

Bagi orangtua, sudah kakek-kakek, tentu tidak mempermasalahkan adanya uban di rambut. Itu pertanda umur sudah tidak lama lagi dan waktunya memaksimalkan waktu untuk beribadah. Tapi bagi mereka yang masih muda, yang masih menapak karir, membangun jaringan dan terjuan bersosial, tentu penginnya tampil enerjik, gagah dan paling utama mahkota rambut hitam seperti rambut manusia normal.

Penyebab Rambut Uban di Usia Muda

Banyak faktor penyebab sehingga rambut beruban di usia muda. Di antaranya sebagai berikut:

1. Penyusutan pigmen atau folikel rambut

Karena pigmen atau melanin di Folikel perlahan menyusut, maka anak muda bisa mensiasatinya dengan cara alami agar rambut kembali memproduksi pigmen atau melanin sebagai yang bermanfaat membuat warna rambut hitam.

2. Faktor keturunan

3. Gaya hidup tidak sehat, konsumsi alkohol dan merokok

4. Gontai ganti sampo dan minyak rambut yang merusak saraf di pangkal akar rambut

Cara Alami Mengatasi Uban di Usia Muda

Berikut beberapa cara alami mengatasi uban agar kembali berwarna hitam.

1. Menjaga cairan tubuh

cara menghilangkan uban secara alamiCairan tubuh berperan besar menjaga asupan mineral tembaga. Cairan penyebab uban juga harus dihindari seperti teh, kopi, alkohol dan minuman mengandung kafein lainnya. Disarankan menjaga cairan tubuh dengan minum air putih sehat. Setidaknya dalam satu hari konsumsi 2 liter air. Hal ini bertujuan agar sisa metabolisme tubuh keluar bersama keringat dan urin.

Mineral tembaga juga bisa didapatkan di ragam makanan seperti kacang almond, kacang mete, bayam, biji labu, nenas, buah delima, tiram, kepiting dan minyak biji matahari.

2. Menghindari makanan penyebab uban

Ada beberapa makanan yang menyebabkan mengurangi kadar air dan mengurangi kelembaban karena mengandung lemak dan oksidan seperti gorengan, asam dan makanan pedas.

ads by google :

3. Konsumsi vitamin B12 dan Omega 3

Kekurangan vitamin tersebut mengakibatkan rambut cepat memutih. Sumber vitamin B2 dan Omega-3 bisa diperoleh dari telur, keju, ikan, daging unggas, daging domba, daging sapi dan pisang.

4. Istirahat dan tidur cukup

Tubuh juga butuh istirahat. Tingginya aktivitas dan tekanan tanpa istirahat dan tidur cukup menganggu produksi zat-zat penting dalam tubuh dan menggangu sistem kerja organ tubuh.

5. Berhenti dari merokok

Dengan berhenti merokok, maka sirkulasi darah akan lancar, pertumbuhan uban melambat dan terhindar dari zat-zat berbahay dari rokok.

6. Meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh

Sirkulasi darah harus ditingkatkan agar semua zat penting dari makanan dan mineral yang dikonsumsi sampai ke kepala dan membantu sel-sel folikel memproduksi pigmen atau melanin yang bermanfaat membuat rambut hitam. Caranya, berolahraga dengan teratur dan memijat kepala dengan ujung jari dalam kisaran sekitar 5-10 menit.

7. Hindari mencabut uban

Dengan sering mencabut uban, maka potensi rambut uban semakin besar karena rambut yang dicabut paksa otomatis mencerabut akar rambut dan merusak banyak saraf di pangkal akar rambut dan berdampak pada sinyal produksi pigmen rambut.

8. Hindari menggunakan semir rambut

Tidak perlu mencat rambut. Cukup dengan cara alami dengan memanfaatkan seperti daun rambutan, minyak kemiri, biji papaya dan merang. Bahan-bahan alami tersebut selain sehat juga membantu menumbuhkan rambut baru dengan warna asli.

Baca selengkapnya: 12 Cara Membuat Masker Rambut Tanpa Ribet

9. Minyak kelapa

Oleskan minyak kelapa sebagai minyak rambut. Di daerah pedesaan biasanya pakai minyak goreng sebagai minyak rambut. Penggunaan minyak kelapa juga bersamaan dengan pemakaian minyak kemiri sebagai minyak rambut.

Nah itu tadi beberapa tips tentang bagaimana cara menghilangkan uban secara alami. Mudah bukan? Tidak mau kan terlihat tua, makanya ikuti cara diatas.

Baca juga:

Cara Mudah Merawat Rambut Pria Agar Sehat

Cara Mudah Merawat Rambut Panjang Agar Tetap Indah

Semoga bermanfaat.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *