Cara Mudah Mengobati Alergi Dingin Alami dan Cepat

Cara mengobati alergi dingin pada tubuh secara alami, cepat dan mudah. Bagi sebagian orang, suasana dingin sehabis hujan, cuaca mendung, atau bahkan ketika berada di daratan tinggi tentu begitu menyenangkan. Selain waktu yang cocok untuk berlayar ke Pulau Kapuk alias tidur, juga momen tepat menikmati segelas teh manis panas atau kopi panas ditemani sepiring pisang goreng. Momen seperti itu langka dan rasanya seperti berada di Surga.

Tapi, bagi sebagian orang lagi, suasana dingin malah menjadi petaka. Bukan menikmati dingin, malah alergi terhadap dingin dan seringkali menimbulkan penyakit serius. Misalnya biduran.

cara mengatasi alergi dingin

Biduran adalah penyakit kulit yang biasa dijumpai akibat alergi kulit terhadap kondisi cuaca dingin. Di beberapa tempat, biduran dikenal dengan Kaligata atau kelainan kulit yang ditandai munculnya benjolan-benjolan kecil berwarna kemerahan, perlahan membesar, terasa sangat gatal, panas dan disertai rasa ditusuk jarum. Biduran tersebut membuat penderitanya tidak tahan untuk tidak menggaruk, dan akibat garukan tersebut konsekuensinya benjolan makin bertambah banyak dan meluas ke seluruh tubuh.

Cara Mengobati Alergi Dingin dan Bentol Secara Alami

Bagi sobat-sobat sekalian, jangan remehkan penyakit satu ini. Meskipun dianggap tidak berbahaya, tidak meninggalkan bekas sehabis sembuh, tetapi dalam beberapa kasus biduran menyebabkan kematian ketika di saat yang sama terjadi Angioedema atau kondisi Utikaria yang mengenai lapisan bawah kulit dan mukosa kemudian mengenai saluran pernafasan sehingga si penderita sulit bernafas dan menyebabkan kematian.

Secara sederhana biduran terjadi ketika sel darah melepas histamine dan zat-zat lainnya hingga menyebabkan bocornya cairan dari pembuluh darah kecil di bawah kulit. Cairan inilah kemudian membentuk benjolan dan menggumpal di bawah kulit. Hasil penelitian sementara menyatakan 80% penyebab biduran tidak diketahui. Tapi secara umum disebabkan cuaca dingin sehingga alergi atau siklus cuaca ekstrem.

Obat Alergi Dingin atau Biduran

Sobat sekalian, bila alergi dingin dan mengalami biduran, segera atasi dengan minum obat antibiotic seperti penicillin, sulfa dan tetrasiklin, obat penghilang rasa sakit, obat antihestamin, serta aspirin. Memakai baju tebal untuk tameng cuaca dingin agar kulit tidak alergi atau beristirahat di rumah untuk sementara menghindari cuaca dingin.

Di samping itu juga dianjurkan untuk berada di ruangan hangat, atau bila perlu dekat api unggun atau mandi air hangat ketika pagi atau sore. Hal tersebut menghindari kulit sobat-sobat sekalin alergi terhadap dingin. So, sebelum terlambat, cegahlah dengan menerapkan hal-hal tersebut.

Obat Alergi Dingin Tradisional

Bila alergi dingin terjadi, dan menimbulkan penyekit tertentu seperti biduran, jangan tunggu lama. Di samping obat generic yang dijual di apotik, sobat juga bisa memanfaatkan obat alami tradisonal yang tumbuh di sekitar rumah. Seperti berikut:

ads by google :

Obat Alergi Gatal dari Asam
Asam jawa dicampur dengan rimpang temulawak danair 2 gelas dan gula aren secukupnya. Caranya, semua bahan direbus dalam air hingga tersisa 1 gelas, air rebusannya disaring kemudian diminum.

Obat alergi gatal dari akar jombang
Bahan alami lainnya adalah dengan merebus sekitar 30 sampai 40 gram akar jombang dalam air 400 cc hingga tinggal 200 cc. Hasil air rebusan diminum dalam keadaan hangat. Bisa juga dengan merebus 40-65 gram akar Rosa Multifona Thumb dalam air 400 cc hingga tinggal 200 cc, air hasil rebusannya diminum sebanyak 2 kali sehari.

Obat alergi gatal dari tanaman leunca
Bahan alami lainnya adalah tanaman Leunca ditumbuk sampai halus tanpa disertai akarnya. Setalah ditumbuk sampai halus, oleskan di kulit hingga hijau oleh Launca sebanyak 3 kali sehari.

Obat alergi gatal dari daun sirih
Sobat dapat memanfaatkan 25 lembar daun sirih, 25 lembar daun ketepeng, kemudian direbus dalam air mendidih sebanyak 1000 cc sampai mendidih. Kemudian air rebusan disaring dan didinginkan. Lalu air tersebut digunakan untuk mengompres bagian yang terkena biduran.

Olesi dengan minyak kayu putih atau bedak salicyl
Minyak kayu putih atau bedak salicyl akan membantu meringankan rasa gatal pada kulit karena biduran atau alergi.

Info menarik yang wajib sobat baca:

Tips Memutihkan Selangkangan Cepat dan Mudah

Cara Alami Dan Cepat Mengatasi Rambut Rontok

Itu tadi beberapa tips cara mengatasi biduran dengan menggunakan cara alami dan tentu saja lebih aman. Jangan lupa share ya kalau sobat merasa info ini cukup bermanfaat.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *