Cara Alami dan Mudah Menghilangkan Ambeien

Cara mengatasi ambeien atau wasir baik ambeien luar ataupun dalam tanpa harus melakukan operasi. Ambeien atau wasir adalah pembengkakan pada bibir anus. Ambeien sendiri ada yang di luar dan ada juga yang bengkak di dalam. Ambeien bisa saja terjadi karena adanya pelebaran pada pembuluh balik (vena).

Ambeien yang berada di luar biasanya muncul berupa benjolan di daerah anus dan sering menimbulkan rasa gatal dan nyeri. Sementara itu ambeien yang berada di dalam anus biasanya baru ketahuan saat sobat sedang buang air besar dan mengeluarkan darah. Bila ambeien dalam tidak segera ditangani, maka ia akan benjol ke bagian luar anus.

Cara Mengobati Ambeien

Ambeien biasanya terjadi pada mereka yang terlalu sering duduk atau berdiri, terlalu banyak mengangkat barang berat, dan bisa juga karena keturunan. Sobat perlu mencari tahu apa penyebab sobat mengalami ambeien.

cara menghilangkan ambeien

Gejala bila sobat mengalami sakit ambeien:

  • Sering merasa tak nyaman di bagian anus
  • Keluar lendir dari anus
  • Keluar darah segar dari anus
  • Menderita anemia sekunder
  • Merasa panas, gatal, nyeri dan keluar darah segar ketika BAB.

Bila sobat mengalami gejala-gejala seperti yang telah disebutkan di atas, segera beri penanganan khusus.

Cara Mengatasi Ambeien Tanpa Operasi

Ambeien memang akan membuat penderitanya merasa nyeri dan tak nyaman. Oleh karena itu, ada beberapa cara yang dapat sobat terapkan sebagai pertolongan pertama untuk menangani wasir, di antaranya dengan:

1. Menggunakan lidah buaya

Sediakan setengah batang lidah buaya ukuran sedang dan 2 sdm madu. Buang bagian durinya, kemudian cuci hingga bersih batang lidah buaya tersebut dan diparut. Campurkan parutan lidah buaya tadi dengan setengah cangkir air putih dan madu. Peras dan saring ramuan tersebut, lalu diminum. Minumlah ramuan ini paling tidak 3 kali sehari. Hasil perasan ramuan lidah buaya bisa untuk sekali minum.

2. Tape singkong
Tape singkong bisa menjadi salah satu obat ambeien. Sobat cukup memakan tape singkong yang telah matang alias lembek sebanyak 3 kali sehari. Ulangi hingga sembuh. Selain tapai singkong, sobat juga bisa mengonsumsi tape ketan putih atau tape ketan hitam. Tape dapat menyembuhkan ambeien karena ragi yang terkandung dalam tape dapat melancarkan pencernaan dan membuat BAB jadi lancar.

3. Pisang Ambon
Buah pisang Ambon juga dapat digunakan sebagai obat ambeien. Caranya, blender 1 buah pisang ambon yang dicampur dengan 2 gelas susu murni. Minumlah sebanyak 3 kali sehari secara teratur dalam jangka waktu 1 minggu.

ads by google :

4. Sayur kangkung
Cuci bersih sayur kangkung menggunakan air hangat, lalu blender sampai halus. Saring air dari kangkung yang telah diblender tadi, campurkan dengan 1 butir telur ayam kampung dan garam sedikit saja. Aduk rata dan minum 1 kali sehari menjelang sobat tidur.

5. Pegagan
Sediakan pegagan dengan akarnya. Potong-potong pegagan menjadi beberapa bagian. Rebus potongan pegagan dengan air selama 5 menit. Diamkan hingga dingin, kemudian minumlah 1 cangkir ramuan pegagan ini sehari sekali.

6. Kulit manggis

cara menghilangkan ambeienKulit manggis yang sering kita buang ini ternyata memiliki banyak kegunaan loh, sobat! Salah satunya juga bisa dipakai untuk menghilangkan wasir. Cukup sediakan kulit manggis yang telah dicuci bersih dan dikeringkan. Lalu rendam kulit manggis tadi ke dalam air mendidih. Saring rendaman kulit manggis tersebut dan minumlah rutin sampai ambeien sobat sembuh.

7. Susu
Susu dapat menjadi pengganti makanan berserat. Rutinlah meminum susu agar pencernaan menjadi lebih lancar dan juga menyembuhkan wasir.

Ingat, yang terpenting dalam mengobati wasir atau ambeien adalah sobat harus menjalani pola hidup yang sehat. Kurangi duduk terlalu lama di depan komputer atau usahakan untuk duduk dengan alas yang empuk.

Perbanyak konsumsi buah dan sayur yang mengandung serat untuk melancarkan BAB. Yang tak kalah penting lagi, sobat harus banyak-banyak minum air putih. Jangan sering menahan buang air kecil atau air besar, sebab hal itu hanya akan memicu terjadinya ambeien. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?

Jangan luypa share ya kalau sobat merasa info tentang cara mengatasi ambeien ini cukup bermanfaat.

Baca juga:

Cara Mudah Mengatasi Darah Rendah Secara Alami

Cara Efektif dan Aman Mengatasi Perut Buncit

Selamat mencobaa.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *