Cara Mengobati Batuk Berdahak Alami Tanpa Ribet

Batuk berdahak dapat diatasi dengan berbagai cara alami. Tidak haruss menggunakan obat kimia untuk membantu mengencerkan dahak ini. Menggunakan bahan alami sebagai salah satu cara mengobati batuk berdahak dapat menjadi alternatif kalau sobat malas minum obat dari dokter. Cara ini telah saya praktekkan sendiri dan alhamdulillah berhasil meskipun membuthkan waktu agak lama.

Batuk berdahak merupakan satu dari sekian jenis batuk seperti Batuk kering, batuk bronchitis, batuk pertusis dan batuk asma. Batuk berdahak merupakan batuk yang disebabkan oleh dahak, bakteri atau benda asing yang ada dalam saluran pernafasan dan menghalangi jalannya udara.

Batuk berdahak juga dapat dipicu oleh ISPA, alergi, flu berlebihan, asam lambung meningkat, asap polusi, asap kendaraan, asap rokok, asma ataupun tuberculosis. Batuk berdahak terasa gatal karena selaput lendir di tenggorokan maupun cabang tenggorokan dipenuhi kuman atau debu sehingga rasanya sangat gatal dan sakit.

Bagi Sobat yang mengalami batuk berdahak tentu terasa sangat menganggu. Apalagi di acara penting rapat kerja, ketika sedang fokus kerja atau ketika akan menikmati sesuatu. Batuk berdahak selain mengurangi dan menganggu konsentrasi juga membuat orang lain merasa bising dan terganggu. Tentu Sobat yang dilanda batuk berdahak ingin batuk berdahak segera lenyap dan sembuh.

cara mengobati batuk berdahak1

Cara Mengobati Batuk Berdahak dengan Cepat

Banyak bahan-bahan alami dan tradisional yang ada di sekitar kita bisa dimanfaatkan menjadi obat batuk. Selain terjamin tanpa efek samping, juga sudah banyak digunakan sejak zaman dulu. Di antara obat batuk tradisonal tersebut adalah:

1. Jeruk nipis

Cara mengobati batuk berdahak yang pertama yaitu menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis terbukti ampuh sebagai obat batuk. Baik obat batuk kering, batuk asma dan batuk berdahak.

Caranya:

  • Ambil satu buah jeruk nipis kemudian dibelah menjadi dua
  • Peras airnya, lalu di saring
  • Air saringan jeruk nipis taruh ke dalam gelas atau sendok
  • Campur dengan kecap manis kemudian aduk hingga merata
  • Minum perlahan dan sedikit demi sedikit seperti sirup. Diminum secara teratur hingga batuk hilang.

Cara ke dua:

Jeruk nipis bisa juga dengan cara dibelah, kemudian kulit luarnya dibakar hingga keluar buih, lalu air jeruk diperas dan ditambahkan gula batu. Kemudian diaduk sampai larut dan diminum.

2. Jeruk nipis dan madu

Cara membuat ramuan jeruk nipis dengan madu ini hampir sama persis dengan membuat ramuan jeruk nipis dan kecap.

Caranya:

  • Ambil satu buah jeruk nipis
  • Belah menjadi dua kemudian peras airnya
  • Campurkan dengan madu murni lalu aduk hingga merata
  • Minum secara rutin setiap pagi dan sore hari

3. Ramuan asam jawa

Asam jawa juga bermanfaat sebagai obat batuk. Caranya: sediakan 10 gram daging asam jawa kemudian seduh dalam air panas. Setelah dirasa cukup larut dalam air panas, tambahkan asam jawa. Kemudian minum ramuan campuran asam jawa dengan air hangat. Minum secara teratur hingga batuk berdahak terasa mulai berkurang.

4. Buah Kapulaga

Caranya, buah kapulaga atau lebih dikenal buah kapol, direbus dengan air bersih, namun buah kapolnya dicuci bersih terlebih dahulu sebelum direbus, lalu air rebusan diminum.

5. Cabe Jawa

Caranya: tumbuk halus cabe Jawa secukupnya, kemudian campurkan 1 sendok madu. Lalu diminum. Lalukan secara rutin hingga batuk berdahak perlahan menghilang.

6. Daun kayu putih

Caranya: rebus sekitar 20 gram daun kayu putih dalam 4 gelas air sampai tersisa tinggal 1,5 gelas, kemudian air rebusan daun kayu putih diminum hangat-hangat untuk menyembuhkan batuk berdahak.

ads by google :

7. Daun sirih

Caranya:

  • Ambil daun sirih secukupnya sekitar 20 lembar
  • Rebus dalam air sampai mendidih
  • Kemudian campurkan jahe secukupnya
  • Minum secara teratur rebusan campuran jahe dan daun sirih¬†tersebut

8. Kencur dan jahe

cara mengobati batuk berdahakKedua bahan alami ini juga ampuh dimanfaatkan sebagai obat batuk. Jahe itu sendiri selain mempunyai fungsi sebagai anti inflamasi juga bermanfaat untuk mengencerkan dahak.

Caranya:

  • Ambil beberapa ruas jahe, cuci sampai bersih
  • Memarkan jahe dan kencur tadi
  • Rebus jahe dan kencur dalam satu tempat
  • Kemudian air rebusan jahe dan kencur disaring dan diminum sebagai obat batuk.

9. Daun kemangi

Caranya:

  • Sediakan sekitar 7 lembar daun kemangi
  • Lalu direbus dalam 1 gelas air, kemudian disaring
  • Air rebusan daun kemangi tersebut diminum secara teratur agar dapat menyembuhkan batuk berdahak.

10. Kunyit

Caranya:

  • Cukup tumbuk kunyit sampai halus, kemudian saring
  • Air saringan kunyit dicanpur madu, lalu diminunm.

11. Minum air hangat

Saat batuk berdahak mendera dan rasanya lumayan sakit, segera minum air hangat. Air hangat ini bertujuan untuk mengencerkan dahak dan melegakan tenggorokan

Cara Mencegah Batuk Berdahak

Sebelum batuk berdahak datang menyerang, maka sebaiknya sobat memperhatikan hal-hal berikut di samping tahu obat batuk cara alami seperti di atas, atau obat batuk konvensional yang banyak di apotik atau resep doketr.

1. Istirahat secara cukup

2. Banyak minum air putih

3. Berhenti merokok dan minum minuman alkohol

4. Memakai masker atau helm tiap melewati tempat penuh debu, polusi dan asap knalpot kendaraan.

5. Menjaga stamina/daya tahan tubuh.

Nah stelah mengetahui cara mengobati batuk berdahak secara alami yang ternyata tidak ribet seperti yang dipirkan, masih tetap suka minum obat? Minum obat tidak apa apa sih, tapi jangan keterusan. Tidak baik untuk kesehatan, salah salah obat nanti malah dapat merusak ginjal.Ngeri kan.

Baca juga:

Obat Batuk Pilek Untuk Bayi Aman dan Efektif

7 Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat

Semoga bermanfaat.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *