Cara Mengobati Cegukan Secara Alami dan Cepat

Cara mengobati cegukan pada orang dewasa atau bayi secara alami dan cepat. Sobat pernah mengalami cegukan? Cegukan memang menimbulkan rasa tidak nyaman. Bila terlalu lama cegukan tentunya sobat akan merasa lelah dan pegal di daerah dada dan perut.

Cegukan terjadi karena adanya kontraksi pada otot pernapasan, baik pada diafragma (otot di area dada hingga ke perut) dan otot di sekitar tulang rusuk (intercostalis) yang kemudian menimbulkan gerakan seperti sedang menarik napas tetapi glottis (katup saluran pernapasan) menutup secara tiba-tiba dan menimbulkan bunyi. Cegukan tidak hanya menyerang dewasa, anak-anak malah lebih sering mengalaminya.cara mengobati cegukan

Cara Mengatasi Cegukan pada Orang Dewasa

Penyebab cegukan yang sifatnya sementara antara lain karenaminum minuman soda, makan makanan yang pedas, terlalu banyak menelan udara, meregangnya saluran pencernaan, stres, merokok, minum minuman beralkohol, dan karena tertawa yang terlalu berlebihan.

Cegukan umumnya bisa hilang dengan sendirinya, tetapi bila terjadi terus-menerus selama 2 hari sampai sobat sulit makan dan sesak napas, ada baiknya sobat memeriksakannya ke dokter.

Baca juga: Cara Mudah dan Aman Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Cara Mengatasi Cegukan Secara Alami

Ada beberapa cara yang bisa sobat lakukan untuk mengatasi cegukan, misalnya:

1. Menarik napas dalam-dalam
Saat sedang cegukan, cobalah untuk menarik napas dalam-dalam kemudian hembuskan pelan-pelan, dan bernapaslah seperti biasa. Lakukan hal ini kurang lebih 10 menit hingga cegukan berhenti.

2. Air putih
Bila sobat cegukan, cobalah untuk banyak minum air putih. Tapi pelan-pelan saja ya meminumnya. Jangan sampai karena tergesa-gesa minum air putih, sobat malah tersedak nantinya.

3. Kantong kertas
Salah satu cara yang bisa sobat lakukan untuk mengobati cegukan adalah dengan bernapas dalam kantong kertas. Perlu dipahami, tingginya karbondioksida dalam darah juga bisa menghilangkan cegukan. Cukup sobat meniup dan menghirup udara sekuatnya dalam kantong kertas sebanyak 10 kali. Bisa juga dengan menahan napas agak lama, lalu menelan saat akan cegukan.

cara mengobati cegukan

4. Gula pasir
Gula pasir ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi cegukan. Caranya, taruh 1 sendok teh gula di atas lidah. Telanlah gula yang mulai mencair di lidah.

5. Es batu
Usapkan es ke daerah dagu dan minumlah beberapa tetes air es. Tetapi ingat, sobat tidak perlu menelan es batu saat cegukan, sebab itu bisa sangat berbahaya bila es yang ditelan salah masuk ke jalur pernapasan.

6. Memijat bagian langit-langit mulut dengan jari

ads by google :

Ingat, pijatlah perlahan-lahan dan hati-hati jangan sampai terkena kuku agar bagian atas rongga mulut sobat tidak terluka.

7. Meletakkan lidah di antara 2 bibir sambil menutup muilut.

8. Selai kacang
Selai kacang diyakini bisa mengatasi cegukan. Sobat cukup memakan 1 sendok selai kacang.

9. Minyak kayu putih
Oleskan minyak kayu putih pada bagian leher sampai perut agar organ dalam tubuh dapat bekerja normal lagi.

10. Mengunyah seiris lemon atau jeruk nipis juga bisa membantu menghilangkan cegukan secara cepat.

11. Makan makanan yang asam

Makanan yang asam ini misalnya saja cuka. Bila sobat memakan makanan asam biasanya sobat akan mengernyit karena tidak tahan dengan rasa kecutnya. Nah, proses mengernyit itulah yang bisa mengatasi cegukan.

12. Mengalihkan perhatian
Cara ini memang terlihat sepele, namun bisa cukup manjur bagi sebagian orang. Cegukan kadang dapat hilang dengan sendirinya bila kita mengabaikannya atau mengalihkan perhatian ke kesibukan lain. Cobalah menyibukkan diri beberapa menit, lalu rasakan apakah sobat masih merasa cegukan atau tidak.

Namun, bila cara-cara di atas tidak dapat membantu. Cobalah konsultasikan ke dokter. Sebab cegukan juga bisa menjadi gejala awal untuk penyakit tertentu, misalnya tumor otak, stroke, gangguan metabolisme bagi penderita diabetes, kelainan ginjal, dan lain-lain.

Baca juga:

Cara Mudah Menghilangkan Jerawat dan Komedo

Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan dan Kecantikan Wajah

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *