Cara Praktis Mengobati Gondongan Pasti Sembuh

Hai sobat, pernahkah sobat mengalami gondongan? Gondongan atau mumps adalah infeksi yang terjadi di kelenjar air liur. Kelenjar air liur tersebut letaknya ada di antara pipi dan telinga, yang lebih dikenal dengan sebutan kelenjar parotis. Gondongan atau kalau dalam Bahasa Jawa disebut gandongen ini bisa menimbulkan pembengkakan pada salah satu atau kedua kelenjar parotis.

Oleh sebab itu, kadang sobat pasti pernah melihat kan orang yang pipinya bengkak sebelah atau bahkan bengkak kedua-duanya? Tentunya penyakit ini sangat tidak enak. Berbagai cara mengobati gondongan ini juga pasti sobat cari untuk setidaknya mengurangi rasa nyerinya.

Saat seseorang gondongan, kelenjar liurnya akan bengkak dan terasa begitu sakit. Terkadang ‘siksaan’ akan ditambah dengan sakit kepala alias pusing luar biasa setidaknya sehari atau 2 hari. Waduh, payah juga nih.

cara mengobati gondongan45

Cara Mengobati Gondongan Secara Cepat

Selain disertai dengan sakit kepala, gondongan pada anak laki-laki atau pria dewasa juga berpengaruh pada testis atau buah zakar. Terkadang laki-laki yang mengalami gondongan akan mengeluhkan sakit dan bengkak pada buah zakarnya.

Penyakit yang disebabkan karena infeksi virus atau bakteri ini tentu saja bisa menular. Gondongan biasanya ditularkan lewat air liur dan anak-anak umur 5-9 tahun jadi objek yang paling sering terserang gondongan. Orang dewasa pun juga bisa terkena gondongan, namun relatif jarang karena metabolisme tubuh orang dewasa jauh lebih kuat daripada anak-anak.

Obat Tradisional Gondongan

Sobat khawatir terkena gondongan? Penasaran apa saja gejala gondongan? Ini tanda-tanda orang mengalami penyakit gondongan:

1. Mulanya sang penderita akan terserang demam, sakit kepala, hilang nafsu makan, sakit kepala, merasakan sakit di rahang bagian belakang ketika mengunyah makanan, kadang ada pula yang rahangnya kaku seakan kesulitan untuk membuka mulut.

2. Kelenjar di bawah telinga akan mulai membengkak. Awalnya hanya di satu sisi saja, kemudian kedua sisi akan membengkak semua.

3. Pembengkakan yang terjadi biasanya cuma bertahan kurang lebih 3 hari, lalu lama-kelamaan kempes dengan sendirinya.

4. Pembengkakan kadang menyerang kelenjar di bawah rahang (submandibula) dan kelenjar bawah lidah (sublingual). Lelaki dewasa kadang juga akan mengalami bengkak pada buah zakar.

Gondongan ini sebenarnya merupakan penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya. Bagi sobat yang mengalami gondongan sebaiknya tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang asam agar tak merasakan terlalu sakit.

Namun, bila sobat membutuhkan cara yang alami untuk mengobati gondongan, sobat dapat mencoba tips berikut ini:

1. Daun tapak dara

Daun tapak dara terkenal sebagai obat paling manjur untuk menyembuhkan gondongan. Sobat tinggal menyiapkan segenggam daun tapak dara yang telah dicuci hingga bersih. Lalu tumbuklah daun tapak dara yang sudah dibersihkan tersebut sampai halus. Setelah halus, tempelkan ramuan tersebut pada gondong. Lakukan dengan rutin hingga gondongan kempes.

ads by google :

2. Bunga sepatu

Tanaman yang satu ini tentu mudah sobat temui di mana saja. Bunga cantik yang warnanya mencolok dan berbentuk seperti corong ini ternyata juga dapat digunakan sebagai obat gondongan yang alami.

  1. Sobat tinggal menyediakan sekitar 30 gram bunga sepatu. Jangan khawatir, bila bunganya sedang tidak mekar, sobat bisa memakai daunnya.
  2. Cucilah daun atau bunga sepatu tersebut sampai bersih. Lalu rebus daun atau bunga sepatu dengan air 400 ml.
  3. Biarkan sampai mendidih, lalu minum air rebusannya selagi hangat sebanyak 3 kali sehari dengan takaran yang sama.

Namun sobat perlu berhati-hati, ramuan tradisional satu ini tidak dianjurkan untuk diminum oleh ibu hamil dan hanya manjur untuk mengobati gondongan yang masih ringan.

3. Daun simbar menjangan

Siapkan 2 lembar daun simbar menjangan. Cuci daun simbar menjangan sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Saat proses digiling, campurkan sedikit air dan garam. Setelah halus dan tercampur rata, oleskan ramuan ini untuk mengobati gondongan. Lakukan 2 kali sehari dengan rutin sampai sembuh.

4. Belimbing wuluh

Sobat juga dapat menggunakan belimbing wuluh untuk mengempeskan gondongan. Caranya, siapkan 10 ranting daun belimbing wuluh dan 4 biji bawang putih. Lalu haluskan keduanya sampai menyerupai bubur. Setelah halus, lumurkan pada tubuh yang menderita gondongan.

5. Ramuan kunyit dan keancur

Bahan yang perlu dipersiapkan:

cara mengobati gondongan7899

  • Adas 5gr
  • Kunyit 20 gr
  • Kencur 10 gr
  • Temu ireng 10 gr
  • Temulawak 20 gr
  • Tapak dara 10 gr
  • Air 700 ml ( 3 gelas)
  • Madu murni atau gula bila perlu

Cara membuat:

  1. Cuci bersih semua bahan yang sudah dipersiapkan
  2. Rebus dalam air sekitar 700 cc atau 3 gelas sampai mendidih
  3. Sisakan air sekitar 350 cc atau setengah dari takaran awal
  4. Saring dan minum pada pagi dan malam hari
  5. Agar lebih nikmat, sobat dapat menambahkan madu murni

Bagaimana tips cara mengobati gondongan yang sudah kita bagi cukup mudah bukan untuk dilakukan? Semoga tips diatas bermanfaat dan dapat membantu mengatasi gondongan sobat.

Baca juga:

Cara Praktis dan Mudah Mengobati Kaki Pecah Pecah

Cara Ampuh dan Cepat Menghilangkan Sakit Tenggorokan

Semoga bermanfaat, jangan lupa dishare ya.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *