Cara Tepat Mengobati dan Mencegah Hernia

Cara mengobati hernia secara alami tanpa harus soperasi ataupun dengan operasi. Hernia merupakan penyakit yang umum terjadi pada pria ataupun wanita. Tapi penyakit ini lebih sering di jumpai pada pria.

Hernia itu sendiri merupakan suatu keadaan dimana terjadinya kemerosotan atau penurunan jaringan tubuh ( usus ) ke celah rongga perut sehingga terjadi benjolan. Masyarakan sering menyebut penyakit ini dengan istilah “tedun”.

cara mengobati hernia

Jenis dan Lokasi Hernia

Nama dari penyakit hernia ini dibagi menjadi beberapa jenis didasarkan pada tempat yang terdapat hernia tersebut. Misalnya hernia yang terjadi disekitar daerah pusar disebut hernia umbilikalis.

Saat gejala hernia atau tedun ini masih awal, benjolan yang muncul di daerah perut akan kembali menghilang jika sobat gunakan untuk tidur. Henia yang masih dapat kembali seperti ini disebut dengan hernia reversibel. Lama kelamaan, jika tidak segera ditangani benjolan yang  muncul akan semakin besar dan tidak dapat kembali lagi meskipun sudah digunakan untuk berbaring.

Biasanya orang orang baru akan datang ke dokter setelah hernia tidak dapat kembali menghilang kembali. Padahal, saat hernia sudah dalam tahap seperti ini jika tidak segera diobati, usus yang terjepit pada rongga perut tersebut lama kelamaan akan membusuk karena tidak adanya suplai aliran darah.

Faktor penyebab hernia ini dibagi menjadi beberapa macam, yaitu:

Kongenital atau sejak lahir

Hernia ini terjadi karena pada saat lahir, beberapa bayi tertentu lahir degan kecacatan yang langsung terjadi.

Tekanan dari perut yang tinggi, disebabkan karena:

  • Terlalu sering menangis keras
  • Batuk
  • Sering mengejan
  • Pekerja yang mengangkat berat

Penatalaksanaan Hernia

ads by google :

Untuk mengobati hernia ini, jalan satu satunya yang harus dilakukan adalah operasi. Ada 3 jenis operasi yang biasanya dilakukan untuk mengatasi atau memperbaiki hernia ini.

Herniotomi :
Membuka dan memotong kantong hernia ke cavum abdominalis

Hernoiraphy :
Mengikat leher hernia dan menggantungkannya pada tendon supaya tidak masuk lagi

Hernioplasty :
Memberi kekuatan pada dinding perut & menghilangkan (menutup pintu hernia) sehingga tidak residif dengan cara mengikatkan conjoin ke ligamentum inguinale. Hal ini tdk dilakukan pada pasien anak-anak

Cara Mencegah Terjadinya Hernia

Beberapa hal yang bisa sobat lakukan untuk mencegah terjadinya hernia antara lain:

  1. Mempertahankan berat badan sobat pada kisaran BB ideal
  2. Konsumsi cukup serat untuk mencegah terjadinya sembelit. Seperti kita ketahui, saat sembelit sobat akan mengejan secara berlebihan yang mana mengejan ini dapat menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya hernia.
  3. Hati hati saat mengangkat beban terlalu berat. Jika terpaksa, tekuk lutut dan angkat benda dari bawah seperti saat atlit mengnagkat besi.

Itu  tadi beberapa tips yang bisa kita share tentang tata cara mengatasi hernia.\

Baca juga:

Diet Sehat Makanan Untuk Penderita Asam Urat

Cara Jitu Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Selamat mencoba

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *