9 Cara Praktis Mengobati Kolesterol

Pernah cek  kadar kolesterol? Bagaimana kalau hasilnya tinggi. Hati hati karena kolesterol ni sumber dari segala penyakit. Tapi sahabat tidak usah khawatir karena ada beberapa cara alami yang bisa sahabat coba untuk menurunkan kadar kolesterol ini.

Kolesterol adalah lemak yang ada di sel tubuh dan juga darah. Bila sobat berpikiran bahwa kolesterol itu buruk bagi kesehatan, jawabnya salah. Kolesterol masih dibutuhkan untuk proses metabolisme tubuh. Selain itu kolesterol juga turut menyumbang peranannya dalam pembentukan sel-sel dalam tubuh, membentuk dinding sel, membantu pembentukan hormon steroid, dan berbagai hal penting lainnya.

Nah, sesungguhnya kolesterol masih bermanfaat untuk tubuh. Namun, kolesterol menjadi sangat berbahaya bila kadarnya dalam tubuh terlalu tinggi. Sebab, bila pembuluh darah sobat tersumbat dengan lemak, maka sobat pun akan lebih berisiko terserang bermacam penyakit kronis seperti serangan jantung, penyakit stroke, dan berbagai penyakit menyeramkan yang lain.

Tubuh kita ini memiliki kemampuan sangat mutakhir untuk memproduksi kolesterol dalam kadar yang pas. Tetapi sayang, kadar kolesterol dalam tubuh jadi kacau saat seseorang mulai makan makanan yang mengandung lemak tinggi dan jarang berolahraga.

Bila sobat ada yang kadar kolesterolnya tinggi, kami memiliki beberapa tips untuk mengobati kolesterol dengan cara yang alami. Berikut ini tipsnya.

1. Olahraga secara teratur

Olahraga sangat penting bagi tubuh. Bukan cuma untuk meningkatkan proses metabolisme tubuh, olahraga juga mampu membakar lemak dalam tubuh. Dengan olahraga kadar kolesterol baik (HDL) bisa meningkat hingga 10%. HDL (High Density Lipoprotein) dapat mengikat kolesterol bebas di pembuluh darah untuk disalurkan ke organ hati dan diproses secara lanjut. HDL bisa sobat dapatkan dengan berolahraga.

2. Konsumsi sayuran dan buah-buahan

Sayur dan buah yang banyak mengandung serat bisa membantu menurunkan kolesterol dengan membuangnya melalui sistem pencernaan. Sobat bisa mengonsumsi sayuran dan buah dengan berbagai cara. Jika ingin makan sayur, sobat bisa mengolahnya bersama dengan masakan atau diblender. Begitu dengan buah-buahan, sobat bisa merasakan banyak manfaat buah-buahan dengan memakan salad buah misalnya. Selain sehat, rasanya juga enak.

3. Hindari mengonsumsi lemak jenuh

Makanan yang banyak mengandung lemak jenuh biasanya memang enak dan sulit untuk diabaikan. Namun, demi menjaga kolesterol dalam taraf yang normal, sobat perlu mengurangi makan kuning telur, mentega, jeroan, minyak kelapa, gula, santan, fast food, dan lain-lain.

4. Berhenti merokok

Ketika sobat merokok, sobat sama seperti memasukkan racun ke dalam tubuh. Zat oksidan yang keluar akan mengakibatkan dinding pembuluh darah rusak dan kolesterol jahat (LDL) lebih gampang tertimbun di area yang rusak tersebut. Akibatnya, tentu saja sobat bakal mengalami penyumbatan di pembuluh darah. Hii, masih mau merokok?

5. Istirahat yang cukup

ads by google :

Tahukah sobat? Kolesterol yang tinggi dalam tubuh juga dapat dipicu karena kurangnya istirahat. Bila sobat ingin menurunkan kolesterol, maka cobalah untuk istirahat secara berkualitas dengan tidur paling tidak 8-10 jam tiap hari. Tubuh juga butuh beristirahat kan?

Selain tips di atas, sobat tentu penasaran dengan makanan yang dapat menurunkan atau mengobati kolesterol. Makanan tersebut antara lain:

1. Alpukat

cara mengobati kolesterolSobat tentu tahu buah yang satu ini kan? Buah alpukat yang lezat ini ternyata dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh karena alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh. Memakan alpukat pun bisa dengan banyak cara. Sobat bisa langsung memakannya begitu saja atau dijus untuk diminum. Tetapi bila diblender, usahakan jangan menambahkan gula ya!

2. Delima

Buah yang berwarna merah ini juga dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol dengan alami. Buah delima bisa mengurangi plak arteri dengan meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh.

3. Serat

Serat dapat sobat temukan pada gandum, oat, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran dan masih banyak lagi. Serat bisa berfungsi untuk membuang kolesterol berlebih dalam saluran usus dan membuangnya melalui BAB. Orang yang menderita kolesterol biasanya juga BAB tidak lancar.

4. Brokoli

Kandungan glucoraphanin pada brokoli mampu memantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Ingin tahu manfaat brokoli yang lain? Baca di 21 Rahasia Dahsyat Manfaat Sayur Brokoli Bagi Kesehatan

Demikian tips untuk menurunkan kolesterol. Sobat juga dapat mengonsultasikan diet sehat rendah lemak dengan dokter. Sehingga, makanan yang sobat konsumsi kandungan gizinya bisa seimbang.

Baca juga:

Cara Mengobati Penyakit Jantung Secara Alami dan Praktis

20 Manfaat Sayur Kol Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Semoga tios diatas bermanfaat, jangan lupa di share ya.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *