Cara Mengobati Kutu Air Praktis Cepat Sembuh

Selain rambut, kutu juga bisa menyerang kulit dan menyebabkan gatal yang berkepanjangan. Kutu air biasanya akan menyerang jari kaki maupun tangan. Hal ini bisa disebabkan karena sobat berada pada lingkungan dengan air yang kurang bersih atau karena terlalu sering memakai sepatu. Bila saat ini sobat sedang terserang kutu air, berikut kami sajikan beberapa cara alami yang ampuh untuk mengobati kutu air.

cara mengobati kutu air367

Obat Kutu Air Paling Ampuh

1. Daun talas

Daun talas merupakan salah satu bahan alami yang bisa sobat gunakan untuk mengobati kutu air pada kulit kaki maupun tangan. Sediakan kulit ari daun talas, lalu balutkan ke bagian kulit yang terserang kutu air. Biarkan selama beberapa menit. Daun talas cukup ampuh mengatasi kutu air dengan cepat.

2. Daun sirih

Sirih sudah sangat terkenal manfaatnya untuk kesehatan. Daun sirih pun bisa jadi alternatif untuk menghilangkan kutu air.

Caranya:

  1. Sediakan 10 lembar daun sirih.
  2. Haluskan dengan tangan atau diiris-iris menggunakan pisau.
  3. Rebus daun sirih tersebut hingga airnya mendidih, masukkan 1 sendok garam ke dalamnya.
  4. Bila bau sirih sudah tercium, angkat dan tuangkan air rebusan daun sirih ke dalam ember.
  5. Tambahkan air biasa hingga terasa hangat-hangat kuku. Kemudian rendam kaki sobat ke dalam ember berisi air daun sirih tersebut sekitar 10-15 menit.
  6. Lakukan rutin 3 hari berturut-turut hingga kutu air lenyap. Sobat lebih baik melakukan perawatan ini sebelum tidur agar lebih meresap dan membuat tidur jadi nyenyak.

3. Singkong

Singkong termasuk jenis umbi-umbian yang bisa sobat manfaatkan sebagai obat alami untuk menyembuhkan kutu air. Cucilah singkong sampai bersih, lalu parut singkong tersebut dan balurkan singkong yang telah diparut ke kulit yang terserang kutu air. Biarkan saja sampai singkong mengering. Obati secara rutin, paling tidak 2 hari berturut-turut hingga kulit sobat sembuh.

4. Bawang putih

Bawang putih tentu bisa sobat temukan di mana saja. Bawang putih memiliki banyak kandungan antibiotik yang bisa menghilangkan bakteri penyebab kutu air. Caranya pun sangat mudah. Sobat tinggal mengiris bawang putih dan menggosokkannya ke daerah kulit yang kena kutu air beberapa kali dalam sehari. Bawang putih tersebut juga bisa dihaluskan dan dioleskan ke kulit.

5. Garam

Cara alami lainnya yang paling mudah untuk menyembuhkan kutu air adalah dengan memakai garam. Sobat tentu punya garam dapur di rumah kan? Sobat cukup melarutkan garam dengan air hangat. Lalu rendam kaki yang kena kutu air di dalamnya sekitar 15-20 menit. Air garam hangat bisa memusnahkan kuman dan bakteri serta membantu menghilangkan kutu air bila sobat rajin melakukanya selama 3 hari berturut-turut. Selain menyembuhkan kutu air, perawatan ini bisa merilekskan kaki yang sering pegal loh!

ads by google :

6. Teh

Bahan selain garam yang mudah didapat adalah teh. Rebus 1,5 liter air hingga mendidih, masukkan 6 kantong teh celup ke dalam air tersebut. Diamkan hingga dingin. Lalu rendamlah kaki sobat yang terinfeksi sekitar 30 menit tiap harinya sampai kutu air benar-benar hilang. Teh berguna untuk menghilangkan jamur dan mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan oleh kutu air.

7. Cuka apel

Bila kaki sobat terserang kutu air, tentu pH kulit menjadi tak seimbang. Untuk mengembalikan keseimbangan pH kulit sekaligus menyembuhkan kutu air, sobat dapat memakai cuka apel. Larutkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:1. Rendamlah kaki sobat yang kena kutu air ke dalamnya sekitar 20-25 menit secara rutin sampai benar-benar sembuh.

Baca juga manfaat cuka apel yang lain:

Cara Alami Menghilangkan Burket Tanpa Ribet

8. Soda kue

Larutkan soda kue ke dalam sebaskom air hangat, kemudian rendam kaki selama 15-20 menit. Bilas kaki sobat menggunakan air bersih. Lakukan perawatan sampai kaki sobat sembuh total dari kutu air.

Semoga tips diatas bermanfaat dan dapat membantu mengatasi masalah kutu air sobat.

Info lain yang tidak kalah penting:

Cara Termudah Memutihkan Gigi Kuning Permanen

Cara Mudah Menghilangkan Jerawat dan Komedo

Selamat mencoba

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *