7 Cara Mengobati Masuk Angin Secara Alami dan Cepat

Pernah merasakan masuk angin? Cara mengobati masuk angin yang masih sering dilakukan pasti kerokan. Masih sering melakukannya? Tahu tidak efek sampingnya?

Sahabat tentu tahu penyakit masuk angin. Hampir semua orang di dunia pernah mengalami masuk angin. Penyakit ini terkadang dianggap remeh, padahal menyimpan potensi bahaya yang besar bila tidak ditangani dengan segera dan tepat.

Masuk angin disebabkan banyak faktor seperti akibat pengaruh cuaca yang berubah, terlambat waktu makan, terlalu lelah bekerja, kurang istirahat, kondisi daya tahan tubuh melemah,kehujanan, serta serangan virus.

Gejala yang ditimbulkan masuk angin pun cukup membuat penderitanya menderita dan kesusahan seperti demam, perut kembung, cegukan, tenggorokan terasa nyeri, sering buang gas (kentut), meriang, panas dingin, lemas, kepala pusing, badan panas, pegal-pegal, merembet ke flu, batuk-batuk dan penyakit lainnya pokoknya badan terasa tidak enak dan tidak nyaman. Bagi penderita masuk angin, sulit untuk beraktivitas, kurang konsentrasi dan fokus.

Cara mengobati masuk angin

Faktor-Faktor Lain Penyebab Masuk Angin

Perlu diperhatikan beberapa faktor lain yang kerap menjadi penyebab masuk angin selain yang disebutkan di atas sebelumnya. Sahabat perlu memperhatikan faktor-faktor di bawah ini agar tidak terkena masuk angin.

1. Berpergian di malam hari

Angin malam sangat rentan menurunkan daya tahan tubuh karena mengandung zam asam arang (karbondioksida). Seringkali angin malam yang paling berbahaya antara jam 10.00 – 04.00. Banyak orang yang berpergian atau bekerja di malam hari (nelayan, penjaga malam) yang mengabaikan kesehatan dan keselamatan angin malam terkena berbagai penyakit berbahaya seperti paru-paru basah.

Oleh karena itu, tidak hanya masuk angin yang ditakuti, tetapi penyakit yang jauh lebih parah. Apabila Sahabat keluar malam, maka pastikan angin malam tidak masuk ke dalam tubuh dengan menggunakan jaket tebal, helm, sepatu, baju lengan panjang, serta celana berbahan kuat seperti jins atau katun. Bila perlu, kurangi bahkan tiadakan perjalanan malam kecuali waktu-waktu tertentu yang penting atau quality time seperti keluar bareng keluarga makan malam sekali-sekali di luar.

2. Hindari terlalu banyak minum es

Minum es terlalu banyak terutama di saat cuaca tidak stabil, dapat menyebabkan masuk angin. Awalnya kepala rasanya berat seperti sehabis menyelam. Oleh karena itu minum es secukupnya jangan berlebihan di saat panas terik.

Cara Mengobati Masuk Angin Berat

Banyak obat masuk angin yang memanfaatkan dari bahan-bahan alami dan tradisional. Sahabat perlu mengetahuinya siapa tahu suatu saat Sahabat terkena masuk angin dan bingung cara mengobatinya.

Berikut beberapa cara mengobati masuk angin secara tradisional dan alami yang diambil dari berbagai bahan alami yang banyak tumbuh di sekitar kita.

1. Buah jeruk dan cabe

Ternyata tidak hanya buah jeruk yang banyak mengandung vitamin C, tetapi cabai juga banyak mengandung vitamin C. Maka tidak heran, orang yang masuk angin, demam dan lesu ketika sehabis makan yang pedas-pedas seketika berkeringat dan kondisinya kembali sediakala.

ads by google :

2. Makan sup ayam

Cara mengobati masuk anginSup ayam ampuh sebagai obat masuk angin. Di saat masuk angin, mau makan apapun tidak selera, lidah terasa pahit. Sup ayam ditambah sayuran menjadi makanan alternatif yang sehat sekaligus menyembuhkan.

Sup ayam selain mempunyai kandungan protein yang sangat baik sebagai pemulih tenaga juga mempunyai sifat yang menghangatkan. Kuah sup yang hangat akan membantu menetralkan perasaan mual dan juga rasa dingin.

3. Cara kerokan

Cara ini sudah lama sejak zaman nenek moyang. Dengan menggunakan minyak kayu putih(bisa juga balsam) dan koin, menggosok punggung sampai kemerah-merahan agar angin keluar. Namun jangan terlal;u sering melakukan kerokan ini, karena efek sampingnya bisa sangat merugikan.

Kerokan yang sering sekali kita lakukan pas masuk angin dapat membuat pembuluh darah menjadi melebar. Jika terlalu sering melakukan kerokan, kita juga akan semakin sering terkena masuk angin ini.

4. Rebusan air jahe

Jahe secara modern sudah dalam bentuk kemasan. Tetapi bisa juga lho buat sendiri dengan merebus jahe kemudian airnya diminum langsung. Akan lebih nikmat dicampur gula merah atau madu.

5. Daun papaya

Daun papaya direbus lalu airnya diminum juga obat ampuh menyembuhkan masuk angin. Karena daun papaya mengandung antibiotik yang bermanfaat memperkuat daya tahan tubuh dari serangan virus maupun kuman penyebab penyakit.

6. Bawang putih

Caranya: mencampurkan bawang putih ke dalam makanan, atau langsung mengirisnya kecil-kecil, diberi sedikit garam dan langsung dimakan mentah-mentah. Bawang putih mengandung antibiotic Allicin yang dapat menghambat serangan bakteri maupun virus penyebab penyakit..

Mudah bukan cara mengobati masuk angin yang sudah kita share diatas.

Baca juga:

Cara Mudah Mengatasi Mual Secara Alami

Tips Ampuh Menghilangkan Sakit Kepala Tanpa Obat

Semoga tips diatas bermanfaat.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *