Cara Mengobati Panas Dalam Secara Alami Pasti Sembuh

Panas dalam ternyata tidak dapat disepelekan. Panas dalam ini bisa menjadi awal dari timbulnya berbagai penyakit seperti flu, sariawan atau yang lain. Berikut ini akan beberapa tips cara mengobati panas dalam secara alami.

Panas dalam selama ini mungkin sobat kenal sebagai penyakit. Padahal sebenarnya panas dalam cuma gejala untuk sebuah penyakit, misalnya tubuh yang kelelahan, gangguan pencernaan, sakit tenggorokan, dan hormon yang tidak seimbang. Panas dalam ini akan ditandai dengan rasa panas di seluruh tubuh, bibir mengalami pecah-pecah, sariawan, atau radang pada tenggorokan.

Panas dalam bisa terjadi karena sobat kurang konsumsi serat, mengalami dehidrasi, kurang vitamin C, terlalu banyak makan gorengan, cuaca yang kurang baik, serta bisa juga disebabkan karena stres.

cara mengobati panas dalam13

Cara Mengobati Panas Dalam Secara Alami

Ada beberapa tips yang bisa sobat lakukan untuk mencegah serta mengobati panas dalam. Berikut ini tipsnya:

1. Air kelapa muda

Sobat bisa meminum air kelapa muda atau kelapa hijau saat mengalami panas dalam. Air kelapa muda mengandung banyak zat yang berguna sebagai isotonik untuk menggantikan cairan tubuh sobat saat sedang dehidrasi.

2. Rambut jagung muda

Hayo, selama ini sobat pasti terbiasa membuang bagian rambut jagung kan saat akan mengolah atau memakannya? Tunggu dulu, ternyata rambut jagung memiliki fungsi untuk menyembuhkan panas dalam karena mengandung flavanoid dan juga tanin. Sobat tinggal merebus rambut jagung muda, kemudian minum langsung air rebusannya atau agar terasa lebih nikmat sobat dapat menambahkan jahe ke dalamnya.

3. Cincau

Cara mengobati panas dalam berikutnya yaitu dengan menggunakan cincau. Cincau ini memang terkenal baik untuk kesehatan dan menimbulkan rasa dingin di tenggorokan. Sobat bisa mengonsumsi cincau yang dicampurkan dengan madu untuk menyembuhkan panas dalam.

4. Kacang hijau

Kacang hijau adalah bahan makanan yang bisa sobat temukan di pasar atau toko-toko terdekat. Kacang hijau mengandung banyak protein, asam amino, mineral, serta vitamin A dan B1. Kacang hijau dapat sobat gunakan untuk meredakan panas dalam. Caranya cukup mudah, sobat hanya perlu merebus kacang hijau secukupnya, lalu bisa ditambah dengan jahe dan gula supaya rasanya lebih segar.

5. Telur ayam kampung

cara mengobati panas dalamTelur ayam kampung memang lebih menyajikan banyak manfaat dibanding telur ayam biasa. Telur ayam kampung mengandung vitamin E, omega 3, asam amino lebih banyak. Telur ayam kampung pun dapat membantu menyembuhkan panas dalam. Sobat tinggal merebus sebentar saja sebutir telur ayam kampung. Lalu beri 1 sendok teh madu dan juga sedikit kunyit, kemudian minumlah ramuan tersebut.

6. Madu

ads by google :

Bila sobat mengalami panas dalam, madu pun dapat digunakan sebagai obat. Sobat tinggal meminumnya saja, maka panas dalam akan berangsur reda.

7. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang mengandung banyak serat dan juga antioksidan. Mengonsumsi oatmeal bisa menghilangkan panas dalam dan juga melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh.

8. Susu dan yoghurt

Baik susu dan yoghurt memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Mengonsumsi susu atau yoghurt bisa menjadi solusi untuk menyembuhkan panas dalam dan juga membuat pencernaan sobat menjadi lancar.

9. Jeruk

Kandungan vitamin C pada jeruk sangat berguna untuk mengatasi panas dalam.

10. Pisang sunrise

Buah lain yang juga bisa sobat konsumsi untuk meredakan panas dalam adalah pisang sunrise. Sobat bisa membelinya di pasar atau supermarket terdekat.

Masih banyak lagi cara untuk mengatasi panas dalam. Atau sobat juga dapat langsung membeli berbagai varian minuman penyegar yang tersedia di toko agar lebih praktis.

Namun segala obat-obatan itu tidak akan membawa hasil bila sobat tidak memperbanyak istirahat serta mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Bila sobat mulai merasakan panas dalam, sebaiknya segera perbanyak minum air putih. Memang nantinya sobat akan menjadi lebih sering kencing. Namun justru itu yang diperlukan, segala racun dalam tubuh bisa segera dikeluarkan melalui air seni.

Itu tadi beberapa tips tentang bagaimana cara mengobati panas dalam. Semoga tips diatas bermanfaat untuk bunda.

Baca juga:

Cara Mengobati Sariawan di Lidah Alami Tanpa Obat

Cara Ampuh dan Cepat Menghilangkan Sakit Tenggorokan

Semoga bermanfaat.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *