Cara Mengobati Penyakit Jantung Secara Alami dan Praktis

Jantung merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Fungsi utama jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh nonstop 24 jam sehari, dari manusia dilahirkan hingga kematiannya. Apabila jantung tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik maka akan sangat berbahaya, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Jenis penyakit jantung sangat bervariasi. Jenis penyakit jantung yang perlu diwaspadai, antara lain : jantung koroner, gagal jantung, detak Jantung yang tidak normal, penyakit jantung yang mengakibatkan stroke, Aritmia atau irama jantung yang tidak normal, penyakit jantung yang disebabkan oleh hipertensi atau tekanan darah tinggi dan diabetes.

cara mengobati penyakit jantung

Namun, apapun jenis penyakit jantungnya, kesehatan jantung haruslah mendapat perhatian yang lebih. Mencegah timbulnya penyakit jantung dengan cara menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan penyakit jantung tentu jauh lebih baik daripada mengobati.

Apabila Anda sudah terlanjur menderita penyakit jantung tidak perlu berkecil hati, yang perlu Anda lakukan adalah upaya mengobatinya. Pengobatan penyakit jantung umumnya dilakukan dengan obat-obatan kimia maupun herbal.

Namun yang terpenting adalah melakukan gaya hidup sehat dan mengurangi atau menghilangkan pola hidup yang kurang sehat. Berikut kita sampaikan cara mengobati penyakit jantung secara alami.

Tips Cara Mengobati Penyakit Jantung Secara Alami

Mengobati penyakit jantung secara alami yang dimaksud adalah pengobatan tanpa menggunakan bahan-bahan kimia dan tanpa operasi. Pengobatan dilakukan dengan melakukan pola hidup sehat dan mengkonsumsi bahan-bahan alami (herbal) yang dipercaya berkhasiat untuk kesehatan jantung.

Cara Mengobati Penyakit Jantung Secara Alami Dengan Pola Hidup Sehat

1. Olahraga ringan

cara mengobati penyakit jantungPenderita penyakit jantung tidak disarankan melakukan olah raga berat, namun sebaiknya tetap melakukan olah raga ringan seperti jalan kaki 30 menit setiap hari atau 2-3 kali dalam seminggu.

Dengan olah raga secara teratur dapat menstabilkan tekanan darah dibatas normal yaitu 115/75, dan dapat mengurangi lemak di perut. Kurang olah raga dapat menyebabkan sirkulasi darah tidak teratur sehingga menyebabkan penumpukan zat-zat dalam saluran darah.

2. Tidur teratur

Usahakan tidur tidak terlalu malam, karena aktivitas hingga larut malam dapat menyebabkan gangguan jantung. Akan lebih baik lagi jika Anda bisa istirahat siang.

3. Hindari merokok

Apabila Anda seorang perokok maka tidak ada pilihan lain, jika ingin memiliki jantung yang sehat maka Anda harus berhenti merokok. Menurut penelitian mengurangi merokok saja tidak akan mengurangi resiko penyakit jantung, melainkan harus berhenti merokok.

Atau jika Anda tidak merokok namun sering berada di antara para perokok, maka mulai sekarang jauhilah lingkungan yang penuh dengan asap rokok. Bahkan beberapa literatur mengatakan perokok pasif memiliki resiko terkena berbagai macam penyakit lebih besar dibandingkan perokok aktif.

Baca juga:

Tips Ampuh dan Mudah Cara Berhenti Merokok Secara Total

4. Kurangi konsumsi garam

ads by google :

Menurut hasil penelitian, mengurangi konsumsi garam dapat mengurangi resiko penyakit jantung, karena garam dapat meningkatkan tekanan darah. Dari hasil penelitian, diet rendah garam dapat menurunkan resiko penyakit jantung hingga 25 % dan resiko terkena serangan jantung hingga 20 %.

5. Hindari mengkonsumsi karbohidrat berlebih

Kurangi mengkonsumsi karbohidrat terlalu berlebihan seperti roti, nasi dan gandum, makanan yang banyak mengandung lemak, dan gula. Karena semua makanan tersebut dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dan menyebabkan obesitas, yang pada akhirnya akan menyebabkan gangguan jantung. Apabila Anda kegemukan (obesitas), maka usahakan agar mengurangi berat badan agar kerja jantung tidak terlalu berat.

6. Hindari makanan atau minuman beralkohol.

7. Hindari atau minimalkan stress

Usahakan tinggallah di tempat yang nyaman dengan udara bersih, hindari tempat tinggal yang penuh polusi. Usahakan juga tidak terlalu banyak pikiran atau stress, jalanilah hidup ini dengan lebih santai dan tenang.

Cara Mengobati Penyakit Jantung Secara Alami Dengan Bahan-Bahan Alami (Herbal)

Selain melakukan pola hidup sehat, Anda juga bisa mengkonsumsi bahan-bahan alami yang dipercaya berkhasiat untuk kesehatan jantung, antara lain :

1. Mengkonsumsi bawang putih

Menurut beberapa penelitian, zat allicin yang terdapat di dalam bawang putih dapat membantu menjaga kesehatan jantung, yaitu dapat mengurangi ketegangan pembuluh darah hingga 72 %.

2. Mengkonsumsi madu

Mengkonsumsi madu dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Zat gula, garam dan mineral yang terkandung dalam madu berkhasiat memperkuat otot jantung. Hal ini akan membuat kerja jantung akan lebih optimal.

3. Mengkonsumsi vitamin C yang cukup

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American College of Cardiology mengkonsumsi suplemen Vitamin C dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

4. Mengkonsumsi makanan yang sehat

Mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat menjaga kesehatan jantung seperti ikan Salmon, Tomat, Minyak Zaitun, Almond, Apel, strowbery, sukun, kunyit, alpukat, dan ubi jalar

5. Menggunakan obat obatan alami

Ada beberapa obat-obatan herbal yang dipercaya dapat mengobati penyakit jantung antara lain : Kulit Manggis, Pache. Obat-obatan ini kini banyak tersedia dalam bentuk ekstrak dan siap minum, sehingga tidak perlu repot mengolah sendiri.

Cara Mudah Mengatasi Darah Rendah Secara Alami

Demikian ulasan mengenai cara mengobati penyakit jantung secara alami, semoga bermanfaat dan tetap semangat !

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet