Cara Mengobati Tipes Secara Praktis Alami dan Cepat

Sobat saat ini sedang sakit tifus? Tentu rasanya sangat tidak nyaman bukan? Waktu kakak saya terserang penyakit tipes ini, memang kasihan sekali. Setiap kali makan rasanya seperti mau muntah. Setelah itu ibuku mengambil pengobatan alternatif dengan menggunakan cacing yaitu dengan meminumkan air rebusannya. Dan tidak disangka ternyata cacing ini dapat menyembuhkan tipes kakakku.

Tipes sebenarnya adalah penyakit yang ditandai dengan gejala demam tinggi karena usus sobat terinfeksi oleh bakteri Salmonella typhii yang masuk lewat makanan yang kurang higienis.

Ada beberapa pilihan cara mengobati tipes yang kita kenal. Dengan menggunakan metode ilmiah kedokteran ataukah dengan menggunakan cara cara alami.

cara mengobati tipes

Cara Mengobati Tipes Secara Tradisional

Ada beberapa hal yang bisa kita ketahui jika kita attau keluarga kita ada yang terkena tipes. Bebeapa gejala sakit tifus antara lain:

– Terserang demam tinggi antara 39-40 derajat celcius yang terus meningkat dari sore sampai malam hari.

– Penderita akan menggigil tubuhnya.

– Denyut jantung lemah (bradycardia).

– Badan menjadi lemah.

– Menderita sakit kepala yang teramat sangat di malam hari, terutama di area belakang kepala.

– Tidak nafsu makan

– Konstipasi atau sulit buang air besar.

– Sakit perut

Cara Mengobati Tipes Alami dan Cepat

Sakit tifus ini bisa menyebabkan akibat yang sangat fatal jika tidak segera ditangani. Bahkan penyakit ini sifatnya kambuhan. Anak-anak maupun orang dewasa bisa berpotensi terserang tifus lagi jika sebelumnya pernah sakit tifus. Sebab, bakteri yang menjadi sebab dari sakit tifus tidak mati, tetapi hanya melemah saja.

Untuk lebih amannya, sobat bisa langsung memeriksakan kondisi ini pada dokter. Atau sobat bisa juga melakukan pertolongan pertama dengan meminum obat-obatan alami berikut ini.

1. Timun

ads by google :

Sayur mentimun ternyata cukup ampuh untuk mengatasi tifus alias tipes. Untuk menjadikannya obat tipes alami, sobat tinggal menyediakan 2 buah timun yang diparut halus dan diperas sarinya. Kemudian minumlah air sari mentimun tadi dengan dosis 3 kali sehari secara rutin sampai demam turun.

2. Sawo muda

Obat alami lainnya untuk mengatasi tipes adalah dengan buah sawo muda. Siapkan 3 buah sawo muda yang diparut dan diperas sarinya. Minumlah sari buah sawo muda tadi dengan rutin. Dosis untuk anak-anak cukup 1 kali sehari, sedangkan bagi orang dewasa dianjurkan minum sari buah sawo muda 3 kali sehari.

3. Cacing tanah

cara mengobati tipesWalau terkesan menjijikkan, cacing tanah sangat manjur untuk mengobati tipes. Sobat perlu menyiapkan 10 cacing tanah yang telah dibersihkan isi perutnya. Rebus cacing tanah yang telah dibersihkan dengan 500cc air hingga mendidih. Setelah mendidih, minumlah air rebusan cacing tanah itu dalam keadaan hangat, sebab bila sudah dingin biasanya akan tercium bau amis. Tetapi jika sobat tidak ingin repot, sobat bisa membeli kapsul cacing tanah yang telah dijual di apotek-apotek terdekat.

4. Pisang

Buah pisang bisa menjadi alternatif lain untuk menyembuhkan tipes. Walau tidak terlalu ampuh, setidaknya buah pisang patut untuk sobat coba. Bila sobat sedang sakit tifus biasanya akan kehilangan nafsu makan. Oleh karena itu pisang menjadi solusi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bagi sobat yang sedang menderita tipes.

Buah pisang bahkan bisa melemaskan otot perut dan mudah untuk dicerna. Supaya lebih lezat, sobat bisa menyediakan buah pisang yang telah masak dan dicampur madu murni, lalu diblender dan diminum.

Manfaat pisang yang lain, baca juga: Cara Mengatasi Nyeri Haid Paling Efektif dengan Pisang

5. Kunyit

Kunyit adalah bahan dapur yang mudah ditemui dan bisa digunakan untuk mengobati tipes. Sediakan 2 ruas kunyit yang telah diiris tipis, kemudian tambahkan 20 daun pegagan, dan 11 daun sambiloto. Rebuslah semua bahan hingga mendidih. Minum air rebusan bahan-bahan tersebut sebanyak 3 kali sehari.

6. Temulawak

Bila tidak mempunyai kunyit di rumah, sobat bisa memanfaatkan temulawak sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan tipes. Caranya, sediakan 2 ruas temulawak yang telah diiris tipis. Rebuslah temulawak tersebut dengan 2 gelas air hingga mendidih dan cukup untuk 1 gelas air. Minum ramuan temulawak ini sebanyak 1 kali sehari hingga tifus yang sobat derita sembuh.

Semoga tips diatas bermanfaat untuk menambah pengetahuan sobat.

Baca juga:

Tips Ampuh Menghilangkan Sakit Kepala Tanpa Obat

Selamat mencoba

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet