Cara Efektif Menghilangkan Panu di Wajah

Cara menghilangkan panu di wajah dengan cara yaaang alami dan aman. Kebersihan wajah memang salah satu hal yang sangat diperhatikan oleh setiap orang. Kalau sekadar jerawat yang tumbuh di wajah mungkin masih bisa diatasi. Namun apa jadinya bila yang tumbuh di wajah menawan sobat adalah panu? Waduh, bisa gawat kan!

Asal sobat tahu, panu ternyata tidak hanya tumbuh di kaki tapi bisa juga bersarang di wajah. Panu memang bukan sebuah penyakit yang berbahaya. Tetapi bila tidak segera ditangani, panu tersebut akan menyebar ke area wajah yang lain dan tentunya akan membuat tingkat kepercayaan diri sobat menurun drastis.

Cara Mengatasi Panu di Wajah

Bila sobat mengalami panu, biasanya akan timbul bercak putih, cokelat, atau merah di kulit akibat adanya jamur. Selain timbul bercak, biasanya juga akan disertai dengan gatal saat tubuh berkeringat.

cara menghilangkan panu di wajah

Cara mengatasinya sebenarnya mudah. Sobat bisa mencoba salep-salep untuk obat panu yang dijual di apotek, namun tentunya tidak semua jenis salep akan cocok di kulit sobat. Bila sobat terlalu ragu untuk mencoba salep, sobat bisa mendapatkan alternatif pengobatan lain dengan menggunakan cara alami seperti yang akan kami paparkan berikut ini.

Bawang putih

cara menghilangkan panu di wajahBumbu dapur yang satu ini sangat kaya akan kandungan anti bakteri yang bisa membunuh jamur penyebab panu. Sobat hanya perlu mengiris 1 siung bawang putih dan bagian yang basah dioleskan ke kulit yang terkena panu. Lakukan secara rutin sebanyak 2 atau 3 kali sehari sampai panu di wajah sobat kering dan terkelupas dengan sendirinya. Sangat mudah dan hemat kan dibanding harus membeli salep panu? Namun, bila kulit sobat termasuk tipe sensitif, sebaiknya menghindari penggunaan bawang putih di kulit agar tidak terkena iritasi.

Bawang putih ini juga bisa dimanfaatkan untuk sobat yang suka memanjangkan kuku namun sering bermasalah karena kuku jadi patah. Dengan bantuan bawang putih ini, kuku akan menjadi indah dan tidak mudah patah. Baca tips selengkapnya di Cara Merawat Kuku Secara Mudah dan Alami

Belimbing wuluh
Belimbing wuluh yang rasanya sangat asam ini banyak mengandung vitamin C yang juga mampu mengatasi panu di wajah. Caranya pun sangat mudah. Sobat tinggal mencari buah belimbing wuluh kemudian diiris dan bagian yang basah dioleskan ke kulit yang ada panunya. Selain itu, sobat juga bisa menumbuk belimbing wuluh dan mencampurkannya dengan kapur sirih, lalu oleskan ke area panu. Bila dilakukan secara rutin, panu di wajah sobat akan berangsur hilang.

ads by google :

Jeruk nipis
Sama seperti belimbing wuluh, jeruk nipis yang kaya akan kandungan vitamin C ini juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk menghilangkan panu di wajah. Caranya pun sederhana sekali. Sobat cuma perlu menyediakan 1 buah jeruk nipis yang telah dibelah-belah. Lalu irisannya dioleskan ke area kulit yang terkena panu. Selain itu, sobat juga bisa menggunakan air perasan jeruk nipis untuk mengobati panu dengan cara mengoleskannya ke kulit yang panuan. Lakukan dengan rutin hingga panu di kulit sobat lenyap.

Jeruk nipis selain bermanfaat sebagai salah satu cara menghilangkan panu di wajah, juga bermanfaat untuk mencerahkan wajah secara alami. Selain jeruk nipis banyak juga bahan lain yang bisa sobat manfaatkan untuk mencerahkan kulit wajah. Penasaran apa saja yang bisa digunakan untuk memutihkan wajah secara alami dan bagaimana caranya, simak tips selengkapnya di Pemutih Wajah Alami Efektif Tanpa Efek Samping

Menggunakan lengkuas
Bumbu dapur yang satu ini juga bisa dijadikan alternatif untuk mengatasi panu di wajah selain dengan bawang putih. Kandungan air di dalam lengkuas sangat ampuh untuk mengatasi jamur penyebab panu di kulit. Caranya mudah. Sobat tinggal memarut lengkuas dan ambil air sarinya, lalu oleskan air lengkuas ke kulit wajah yang kena panu. Diamkan saja selama 5 sampai 10 menit, selanjutnya bersihkan dengan air bersih. Sobat akan merasakan khasiatnya bila rajin melakukan perawatan ini dengan rutin.

Menggunakan belerang
Mineral yang terkandung dalam belerang sangat ampuh untuk mematikan kuman dan jamur penyebab panu loh sobat. Sobat bisa mencobanya dengan mandi dengan air panas yang mengandung belerang. Rasa yang ditimbulkan mungkin agak perih di kulit, namun bila sobat rutin melakukannya, panu di kulit pun akan lenyap seketika. Selain mandi air belerang, sobat bisa menumbuk belerang secukupnya sampai halus, lalu campur dengan air jeruk nipis dan minyak kelapa. Oleskan ramuan itu ke kulit yang panuan. Lakukan hal ini 1 atau 2 kali sehari sampai panu di kulit sobat hilang tanpa bekas.

Tidak terlalu rumit bukan tips tentang cara menghilangkan panu di wajah. Sobat dapat mencobanya sehingga panu yang membuat sobat menjadi minder dapat segera hilang.

Baca juga:

Cara Mengatasi Nyeri Haid Paling Efektif Tanpa Obat

Cara Mudah Merawat Gigi yang Benar Agar Sehat

Selamat mencoba.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *